Workshop Penggunaan Solar PV Rooftop Di Indonesia – ICare Foundation, organisasi non-profit yang digerakkan oleh anak muda Indonesia dengan semangat untuk mepromosikan dan mengedukasi energi bersih dan energi terbarukan, sukses menyelenggarakan acara Sharing Session dan Workshop Sehari Solar Rooftop di Favehotel, Kemang, pada 26 agustus 2017 lalu.

Tema yang diangkat adalah “Installing Clean and Affordable Solar Rooftop for Better Environment”, yang akan menjadi salah satu bagian dari rangkaian acara Renewable Energy Class yang berperan sebagai media edukasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat.

Tema pertama yang diangkat adalah mengenai pemahaman mengenai energi terbarukan dan Rooftop Solar PV oleh Bapak Nur Pamudji. Beliau, sebelumnya adalah Direktur Utama PLN 2011-2014, dan sekarang aktif dalam PPLSA (Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap) dan AESI (Asosiasi Energi Surya Indonesia).

Dalam Sesi ini dibahas mengenai potensi dan variasi pembangkit listrik tenaga surya yang dapat diaplikasikan di Indonesia, salah satunya sistem grid tie panel surya pada atap. Sistem ini, menurut pembicara, dapat memberikan beberapa manfaat bagi pengguna: mulai dari pengurangan biaya listrik bulanan hingga membantu menjaga ekosistem lingkungan.

Workshop Penggunaan Solar PV Rooftop Di Indonesia membahas aplikasi dan potensi panel surya atap di Indonesia.

Tema kedua yang dibahas adalah mengenai Regulasi net metering, wiring dan grid system dalam pemasangan solar rooftop. Tema ini awalanya akan disampaikan oleh Bapak Tohari Hadiat, namun karena satu hal dan lainnya, sehingga tema ini kemudian disampaikan oleh Bapak Didi Apriadi.

Dalam sesi ini, dijelaskan mengenai regulasi dan kebijakan mengenai pemasangan solar PV rooftop yang telah diterbitkan oleh PLN semenjak 2014 lalu. Namun lebijakan ini masih belum menjangkau ke seluruh masyarakat dan, bahkan, kantor cabang PLN di daerah itu sendiri.

Temukan kebijakan tersebut di halaman: Kebijakan dan Standar

Hal ini menyebabkan beberapa isu masalah yang menghambat perkembangan energi surya di Indonesia, beberapa diantaranya, seperti yang disampaikan oleh perusahaan penyedia dan klien, adalah sulitnya melakukan pengurusan ijin pemasangan dan belum adanya kejelasan proses dan cara pemasangan, dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan jika ada masalah.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Tema ketiga disampaikan oleh Bapak Y. Bambang Sumaryo, ketua umum PPLSA (Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap), mengenai potensi panel surya atap pada area perkotaan dan pedesaan. Secara umum, sistem panel surya membutuhkan komitmen yang besar untuk pembiayaan, karena harga yang masih cukup tinggi dibanding PLN dan kebijakan regulasi yang belum sepenuhnya berpihak pada pengguna.

Dalam sesi ini dijelaskan mengani bagaimana sistem ini dapat bekerja dan solusi apa saja yang dapat diberikan sistem panel surya atap bagi pengguna di beragam daerah dan kebutuhan. Pada sesi ini juga ditunjukkan beberapa sistem panel surya grid tie terpasang di beberapa wilayah di Indonesia.

Mendorong masyarakat untuk lebih memahami dan sadar mengenai dampak lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan energi baru dan terbarukan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Secara umum, acara ini terbilang sukses, seperti yang diucapkan oleh Aditya sebagai ketua panitia. Acara ini mendapatkan 50 peserta, melampaui target yang diberikan sebelumnya. Adapun pesaerta kebanyakan berasal dari penyedia barang dan jasa sistem energi surya, calon pengguna, akademisi hingga NGO.

Kedepannya, Aditya, mewakili ICare, berharap acara seperti ini dapat reguler diadakan, sehingga dapat mendorong masyarakat untuk lebih memahami dan sadar mengenai dampak lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan energi baru dan terbarukan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Workshop Penggunaan Solar PV Rooftop Di Indonesia
Tim ICare Indonesia
https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/08/Icare-janaloka-940x705.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/08/Icare-janaloka-300x225.jpgGalih RadityaEventRooftop PVAC Coupling,business,community,development,energi surya,Indonesia,net metering,Panel surya,pelatihan,PLTS,PLTS untuk rumah tangga,Solar,solar system,startup,Surya,workshopWorkshop Penggunaan Solar PV Rooftop Di Indonesia - ICare Foundation, organisasi non-profit yang digerakkan oleh anak muda Indonesia dengan semangat untuk mepromosikan dan mengedukasi energi bersih dan energi terbarukan, sukses menyelenggarakan acara Sharing Session dan Workshop Sehari Solar Rooftop di Favehotel, Kemang, pada 26 agustus 2017 lalu. Tema yang diangkat adalah “Installing Clean...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: