Goods

Volta Flyer Drone Edukatif Bertenaga Surya

Toy Labs, dari San Carlos, memperkenalkan Volta Flyer, yaitu sebuah proyek sains untuk siswa-siswi berupa mainan pesawat terbang DIY (drone) bertenaga matahari pertama di dunia.

Inovasi yang ditawarkan oleh Volta Flyer drone edukatif bertenaga surya sangat unik. Pesawat ini benar-benar cuma memanfaatkan sinar matahari melalui lapisan panel surya tanpa didukung baterai untuk dapat terbang, dan sanggup terbang selama berjam-jam.

Volta Flyer Drone Edukatif Bertenaga Surya

Volta Flyer Drone Edukatif Bertenaga Surya

Paket do-it-yourself (DIY) nya sendiri terdiri dari bagian-bagian yang mudah dirakit, tidak memerlukan alat potong dan lem, pengerjaannya diklaim hanya menghabiskan waktu kurang dari 20 menit. Volta Flyer drone edukatif bertenaga surya ini dirancang untuk mengajarkan dasar teknik mesin, ilmu penerbangan, elektronik dan pemanfaatan sumber daya energi terbarukan.

Volta Flyer memiliki lapisan film tipis yang fleksibel (0,025mm) berbahan silikon di sisi atas. Material tubuhnya super-ringan dan ramah lingkungan. Komponen elektronik ditanamkan sedemikian rupa tanpa memberi dampak pada kapabilitas terbang, dan tentu saja ia dilengkapi sepasang sayap serta vertical stabilizer.

Sistem pendorong sendiri menggunakan sebuah baling-baling di belakang. Rancangan ini memungkinkan Volta Flyer untuk memaksimalkan pasokan energi matahari dan memastikannya melayang dalam waktu yang lama.

Media edukasi anak semenjak dini

Cara mengoperasikannya sangat mudah. Pertama, sudah pasti Anda harus merakitnya terlebih dulu. Setelah itu, cukup arahkan solar panel ke matahari selama 90 detik. Untuk memberikan energi ekstra, tinggal bantu dorong baling-baling dengan jari. Kemudian, luncurkan Volta Flyer layaknya menerbangkan pesawat kertas. Flyer dapat dikonfigurasi supaya melesat di pola lingkaran berbeda.

Sebelum Volta Flyer dikembangkan dan dipresentasikan via platform crowdfunding Kickstarter, ToyLabs melakukan debut perdana mereka lewat Volta Racer – mainan mobil balap bertenaga matahari, sempat memenangkan penghargaan Good Design Award.

Sayang sekali, buat sekarang Volta Flyer baru bisa dipesan oleh konsumen di Amerika Serikat. Khusus para backer, satu paket Volta Flyer drone edukatif bertenaga surya dibanderol dengan harga US$ 40.

Aplikasi DIY yang ramah lingkungan dan edukatif ini, sangat baik untuk menjadi media belajar anak-anak. Selain memacu motorik dan kecerdasan, juga membantu mereka mengenali lingkungan alam semenjak dini. Mengetahui penggunaan bahan-bahan sumber energi yang ramah lingkungan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk dapat mengaplikasikan sumber “bersih” tersebut kedalam kehidupan mereka dengan baik.

Apa komentar anda?

eleven − six =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia