Goods Invention Solar

Koneksi Internet dengan UAV Berteknologi PV

Facebook mengumumkan untuk menghubungkan semua orang di dunia lewat akses internet. Akses internet ini akan menggunakan pesawat tanpa awak (UAV) yang menggunakan sinar matahari (PV) sebagai sumber energi utamanya.

Koneksi internet gratis dengan UAV berteknologi PV

Melalui lewat internet.org dan sebuah pesawat tanpa awak yang diberi nama Aquila, Facebook akan melanjutkan misinya tersebut untuk memberikan koneksi internet gratis secara lebih luas lagi. Sebagai bagian dari rencananya, Facebook dilaporkan telah memesan 11 ribu pesawat UAV berteknologi PV dari Titian Aerospace.

Aquila dirancang untuk mengirim koneksi internet dari ketinggian 60.000 sampai 90.000 kaki. jarak ketinggian yang aman, karena tidak dilewati oleh penerbangan sipil. Aquila, UAV berteknologi PV, memiliki ukuran panjang kurang lebih 140 kaki atau sekitar 42.6 meter. Pesawat ini memiliki bentang sayap lebih lebar dari Boeing 737, tapi lebih ringan daripada sebuah mobil dan mampu berada di udara selama berbulan-bulan dalam satu waktu.

Aquila- UAV berteknologi PV

Teknologi yang digunakan pada Aquila mirip dengan pesawat Solar Impulse 2. Kedua pesawat menggunakan solar panel, sebagai sumber energi dan bukan menggunakan bahan bakar cair seperti layaknya pesawat biasa. Bedanya pesawat Solar Impulse 2 (SI2) dikembangkan untuk dapat digunakan dengan awak. Pesawat SI2 ini telah sukses melakukan penerbangan pertamanya dan sedag dalam proses penerbangan kedua dengan diawaki 2 pilot dan akan menempuh jarak 35.000 kilometer.

Menurut laporan Ars Technica, pesawat UAV berteknologi PV ini mampu memberikan akses data hingga 10GB per detik. Facebook juga mengklaim menggunakan teknologi laser sebagai alat komunikasi antar drone. Nantinya, dengan teknologi ini, Facebook akan memberikan akses mobile internet gratis ke beberapa situs, yang mampu menjadi penghubung informasi bagi penduduk dunia.

Langkah maju untuk konektivitas

Rencananya, Facebook akan menerbangkan pesawat UAV berteknologi PV ini menggunakan balon udara dan akan terbang dengan pola berputar-putar di wilayah yang sudah ditentukan selama 90 hari. Bulan maret 2015, dikabarkan bahwa uji coba penerbangan perdana drone Facebook di Inggris berjalan sukses.

“Pesawat-pesawat seperti ini (UAV berteknologi PV) akan membantu menyambungkan seluruh (orang di) dunia karena mereka dapat melayani sepuluh persen populasi Bumi yang berada di lokasi-lokasi terpencil tanpa membutuhkan infrastruktur internet,” – Zuckerberg –

Drone Aquila adalah bagian dari prakarsa Internet.org, dimana Facebook berkolaborasi bersama Samsung, Ericsson, MediaTek, Microsoft, Opera Software, Reliance dan Qualcomm untuk menyediakan akses internet terjangkau dan efisien. Ia juga merupakan langkah lebih jauh dari proyek Facebook sebelumnya, yaitu Facebook Zero.

Apa komentar anda?

eighteen − sixteen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia