Tirai Juga Bisa Menghasilkan Listrik Tenaga Surya – Tirai cerdas ini bisa dibongkar pasang serta dapat melacak sudut cahaya matahari yang tepat sepanjang hari dan menghasilkan listrik yang bersih untuk rumah dan kantor.

Bagi kebanyakan orang yang tidak nyaman dengan panel surya atap karena faktor estetika dan kendala kemampuan bangunan atau atap, SolarGaps mampu memberikan solusi dengan menghadirkan tirai jendela berpanel surya.

SolarGaps adalah startup yang berbasis di Ukrania, menciptakan produk masa depan mereka yaitu tirai jendela bertenaga surya. Ide produk yang cemerlang, karena mampu meneduhkan ruangan atau rumah, memiliki sel surya, dan mekanisme motor pelacak otomatis cahaya matahari. Kombinasi fungsi yang kompleks untuk sebuah tirai jendela.

Tirai Juga Bisa Menghasilkan Listrik Tenaga Surya

Tirai cerdas besutan SolarGaps ini bisa dipasang pada sisi dalam atau luar jendela. Tirai ini memiliki komponen motor kecil untuk menggerakkan tirai naik atau turun secara manual atau pun otomatis, sementara mekanisme pelacak otomatis mengatur sudut tirai mengikuti posisi matahari sepanjang hari.

Tirai Juga Bisa Menghasilkan Listrik Tenaga Surya

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Tirai tersebut terbuat dari sel surya milik SunPower yang diprediksi bisa bertahan selama 25 tahun, dan menghasilkan listrik yang bisa langsung dimanfaatkan atau dialirkan ke baterai penyimpan untuk digunakan pada malam hari. Menurut informasi perusahaan, per meter persegi tirai dapat menghasilkan listrik 100 watt-jam perhari jika dipasang di luar jendela, atau 50 watt-jam per hari jika dipasang di dalam jendela. Cukup untuk menghidupkan 30 bola LED atau 3 pernagkat laptop.

Solusi tepat guna namun estetik

“Saat ini banyak warga perkotaan yang tidak memiliki kesempatan untuk memanfaatkan tenaga surya karena mereka tinggal di apartemen dan tidak memiliki atap untuk dipasangi panel surya. Namun, mereka masih memiliki jendela sebagai ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik tenaga surya sehingga menghemat energi.

SolarGaps mampu mewujudkan kesempatan tersebut. Tidak masalah anda tinggal di perumahan atau apartemen, SolarGaps membuka jendela anda menuju energi yang bersih.” – SolarGaps

Tirai ini utamanya terbuat dari aluminium yamg dapat berfungsi sebagai penutup jendela, dan apabila dipasang di luar jendela dapat melindungi jendela ketika badai, serta bekerja secara fungsional pada kisaran suhu -40 derajat Fahrenheit sampai 176 derajat Fahrenheit. Karena sekarang ini adalah era smart, SolarGaps bisa dikontrol melalui aplikasi mobile dan diatur dengan set penjadwalan otomats (atau diset manual), dan bisa diintegrasikan dengan perangkat smart home seperti Google Home, Amazon Echo, dan Nest thermostat.

Menurut SolarGaps, tirai ini didesain dengan jangkauan dimensi jendela yang luas dan tentu saja bisa ukurannya dicustom sesuai selera. Tirai bertipe horizontal ini memiliki dimensi panjang maksimum 2.5 m, minimum 60 cm, lebar maksimum 4m, dan tinggi 8 cm. bobotnya kurang lebih 20 pounds per 10 kaki persegi.

Sumber : treehugger[dot]com

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/tirai-tenaga-surya-940x628.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/tirai-tenaga-surya-300x200.jpgRamdhani Bangun SaputraInventionStartupaplikasi,Asitektural,baterai,business,cara kerja PLTS,community,design,development,energi surya,grid tie,ide bisnis,ide listrik surya,inovation,panel surya murah,PLTS,produk,startup,technology,teknologi,tirai tenaga suryaTirai Juga Bisa Menghasilkan Listrik Tenaga Surya - Tirai cerdas ini bisa dibongkar pasang serta dapat melacak sudut cahaya matahari yang tepat sepanjang hari dan menghasilkan listrik yang bersih untuk rumah dan kantor. Bagi kebanyakan orang yang tidak nyaman dengan panel surya atap karena faktor estetika dan kendala kemampuan bangunan atau...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: