Initiatives

Tiongkok dan India Melewati Amerika Serikat Sebagai Pasar Energi Terbarukan Potensial

Tiongkok dan India Melewati Amerika Serikat Sebagai Pasar Energi Terbarukan Potensial – Tiongkok telah muncul sebagai tujuan paling menarik bagi energi terbarukan. India menempel dengan ketat pada posisi nomor 2. Negara-negara besar di Asia tersebut telah melewati Amerika Serikat untuk pertama kalinya, yang berada di posisi ketiga, merujuk kepada Renewable Energy Country Attractiveness Index 2017, yang diterbitkan oleh firma riset dan audit dunia Ernst and Young (EY).

“Penurunan-yang pertama bagi AS sejak 2015-menjadi posisi ketiga dari peringkat 40 besar tersebut mengikut pergeseran kebijakan AS di bawah administrasi baru. Tiongkok dan India Melewati Amerika Serikat Sebagai Pasar Energi Terbarukan potensial” menurut laporan EY tersebut.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa keputusan pemerintah AS yang baru untuk menarik kebijakan-kebijakan perubahan iklim dari pemerintahan sebelumnya, termasuk pembangkitan kembali industri batu bara AS dan juga tinjauan terhadap Rencana Energi Bersih AS adalah faktor utama yang mendorong penurunan daya tarik investasi energi terbarukan.

Tiongkok mendorong revolusi energi terbarukan

Laporan tersebut lebih lanjut menjelaskan bahwa kebijakan yang ramah terhadap industri yang dikeluarkan oleh pemerintah Tiongkok dan India dan juga keadaan ekonomi yang menarik telah membantu mengubah pandangan terhadap sektor energi terbarukan. Penelitian tersebut menambahkan bahwa India telah naik satu peringkat pada Renewable Energy Country Attractiveness Index. Negara tersebut menempati peringkat ketiga dalam dua tahun terakhir.

Selagi Amerika Serikat telah menolak Perjanjian Paris 2015, Tiongkok sebagai superpower Asia terus berjalan menuju pengurangan emisi dan juga menerapkan komitmen energi terbarukan. Baru-baru ini, pembangkit listrik tenaga surya apung terbesar di dunia telah dioperasikan di kota Huainan, Tiongkok Timur.

Pembangkit berukuran 40 MW tersebut diletakkan di atas waduk dan berada dekat dengan kota tersebut. Berada di lepas pantai Huainan, pembangkit tersebut telah berhasil dihubungkan dengan jaringan listrik. Berada di lepas pantai, pembangkit tersebut tidak menghabiskan ruang dan menggunakan energi yang lebih sedikit karena air laut berfungsi sebagai pendingin.

Tiongkok, sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia sedang menghadapi polusi udara tingkat tinggi, yang diperkirakan akan membunuh sekitar 1,1 miliar orang tiap tahun di Negara tersebut. Penyebab utama polusi udara tersebut adalah emisi dari mobil, pembangkit listrik, dan pabrik. Tiongkok sedang bergerak menjadi superpower energi terbarukan. Energi surya secara cepat menjadi komponen utama strategi tersebut dan proyek-proyek yang serupa terus bermunculan di seluruh Cina.

India bergerak menuju target energi terbarukan

Inisiatif pemerintah India untuk membangun pembangkitan energi terbarukan sebesar 175 GW pada tahun 2022 dan janji negara tersebut untuk memasang 35% energi terbarukan dari kapasitas terpasang pada tahun 2040 adalah dua faktor yang membantu pergerakan India menuju posisi kedua, menurut laporan tersebut. Terlebih lagi, India telah menambahkan lebih dari 10 GW kapasitas energi surya dalam tiga tahun terakhir.

Tiongkok dan India Melewati Amerika Serikat Sebagai Pasar Energi Terbarukan
17 Dec 2013, India — Asia’s largest solar popwer station, the Gujarat Solar Park, in Gujarat, India — Image by © Ashley Cooper/Corbis

“Dalam jangka waktu dekat, sejalan dengan tingkat masuknya energi terbarukan yang meningkat, pemerintah harus mengalihkan perhatian kepada kemampuan jaringan listrik India untuk menampung energi terbarukan yang tidak stabil, khususnya pada jam puncak malam hari, ketika ketersediaan energi surya berkurang. Harga dan ketersediaan dari teknologi penyimpanan energi dapat menentukan seberapa dekat India dalam mencapai target-target energi terbarukannya,”menurut Somesh Kumar, partner and leader, power and utilities, EY India.

Apa komentar anda?

fourteen + 13 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...