Application

Tenaga Surya dan Bayu dapat Memenuhi 4/5 Kebutuhan Listrik Amerika Serikat

Amerika Serikat dapat memenuhi 80% kebutuhan listriknya dengan sumber energi surya dan bayu, menurut para ilmuwan di University of California. Namun, untuk memenuhi 100% kebutuhan listrik dengan hanya tenaga surya dan bayu akan membutuhkan solusi penyimpanan energi yang lebih tepat.

“Matahari pasti tenggelam, dan angin tidak selalu berhembus,” dikatakan oleh Steven Davis, profesor asosiasi UCI ilmu sistem bumi dan penulis studi energi terbarukan yang diterbitkan pada the journal Energy and Environmental Science. “Jika kita menginginkan sistem tenaga yang dapat diandalkan berdasarkan kedua sumber energi ini, bagaimana cara kita mengatasi perubahan harian dan musiman bumi?

Tenaga Surya dan Bayu

Tenaga Surya dan Bayu dapat Memenuhi 4/5 Kebutuhan Listrik Amerika Serikat

Tim tersebut menganalisa 36 tahun data cuaca Amerika Serikat per jam (dari 1980 – 2015) untuk memahami penghalang geofisik fundamental untuk memenuhi kebutuhan listrik hanya dengan tenaga surya dan bayu.

“Kami melihat variabel tenaga surya dan bayu dari segi ruang dan waktu lalu membandingkannya dengan kebutuhan listrik Amerika Serikat,” kata Davis. “Apa yang kami temukan adalah kami bisa menyediakan 80 persen kebutuhan listrik dari sumber energi surya dan bayu dengan membangun jaringan transmisi atau fasilitas berskala kontinental yang mampu menyimpan kebutuhan listrik nasional selama 12 jam.”

Para peneliti mengatakan bahwa untuk perluasan transmisi atau kemampuan penyimpanan akan menjadi investasi yang sangat substansial – bukan tidak terbayangkan. Mereka mengestimasikan biaya jalur transmisi baru yang dibutuhkan kira-kira bisa mencapai ratusan miliar dolar. Sebagai perbandingan, menyimpan sejumlah energi tersebut dengan baterai termurah yang kini ada bisa menghabiskan dana lebih dari 1 triliun dolar, meskipun harganya sedang turun.

Bentuk penyimpanan energi lainnya, seperti memompa air dari atas bukit turun ke bawah melewati generator pembangkit bertenaga air, sangat atraktif namun terbatas. Amerika Serikat memiliki banyak air di Timur, namun tidak banyak elevasi atau bukit, hal yang berkebalikan terjadi di wilayah Barat.

Kebutuhan listrik Amerika Serikat

Produksi listrik dengan bahan bakar fosil bertanggung jawab atas emisi karbon dioksida di Amerika Serikat sebanyak 38% – Polusi CO² menjadi penyebab utama perubahan iklim dunia. Davis mengatakan dia terkesan dengan progres yang sudah dicapai dan prospek untuk ke depannya.

“Faktanya kita bisa mendapatkan 80% sumber energi kita sendiri dari angin dan matahari adalah hal yang luar biasa,” kata dia. “Lima tahun yang lalu, banyak orang meragukan sumber energi matahari dan angin dapat memenuhi 20 atau 30 persen dari kebutuhan energi.”

Namun di luar 80 persen kapasitas itu, jumlah penyimpanan energi untuk mengatasi variabel musim dan cuaca akan dibutuhkan. “Pekerjaan kami mengindikasikan bahwa sumber energi rendah-emisi-karbon akan dibutuhkan untuk melengkapi hasil energi dari matahari dan angin hingga kemampuan penyimpanan dan transmisi memenuhi pekerjaan,” kata Ken Caldeira dari Carnegie Institution for Science. Opsi-opsinya bisa dengan nuklir dan generator listrik hidroelektrik, dapat menjadi alternatif.”

 

Sumber: Solar Daily

Apa komentar anda?

3 × five =