Tambang Cryptocurrency adalah sebuah aktifitas penambangan uang digital (seperti bitcoin) yang rumit dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Para penambang harus menggunakan peralatan yang memiliki kemampuan proses digital tinggi dan hal ini membutuhkan listrik bertegangan tinggi. Sehingga perlu perhitungan matang untuk menjalankan proses ini agar menguntungkan, salah satunya dengan menjalankan Tambang Bitcoin Bertenaga Surya.

Dengan menjalankan operasi tambang Ethereum, salah satu mata uang digital yang dipakai banyak orang saat ini, beban biaya listrik ditanggung bersama-sama oleh para penambang, seolah-olah seperti di sebuah negara kecil.

Mereka sangat berhati-hati agar uang yang mereka keluarkan lebih besar daripada yang mereka hasilkan. Oleh karena itu, para penambang mulai memikirkan cara untuk membuat peralatan mereka mendapatkan listrik bertenaga surya yang dipasang di gurun pasir untuk mengurangi biaya listrik dan menghasilkan profit yang besar.

Tambang Bitcoin Bertenaga Surya
Sumber: Ethereum Indonesia

Tambang Bitcoin Bertenaga Surya dengan Energi Murah

Para pemilik operasi tambang cryptocurrency yang sudah mengadopsi peralatan pendukung listrik bertenaga surya di gurun pasir, mulai merasakan dampak positif dari investasi ini. Hanya dibebani biaya pemasangan panel sistem surya di awal, dan biaya penambangan virtual pun gratis. Hal ini cukup membuat para penambang tidak dipusingkan dengan tagihan listrik yang bisa membuat bangkrut.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Merkle mendokumentasikan operasi penambangan Bitcoin yang sudah menggunakan listrik bertenaga surya. Operasi penambangan ini sudah berjalan sukses hampir satu tahun dan untuk saat ini menggunakan 25 peralatan komputer penambang yang dipasang secara terpisah. Proses penambangan memberikan profit yang besar, sehingga mereka berencana untuk menambahkan jumlah komputer menjadi 1000 unit pada musim gugur nanti.

Pada kasus penambang cryptocurrency gurun pasir di atas, biaya pembuatan peralatan komputer menghabiskan dana $8000, biaya tersebut sudah termasuk panel surya, kontrol daya, baterai, processor Antminer S9 ASIC. Saat beroperasi dengan penuh, setiap komputer penambang bisa menghasilkan uang digital senilai $18 per hari.

Neraca Biaya Operasional Tambang dan Harga Cryptocurrency

Operasi penambangan di gurun hanya salah satu cara untuk mengurangi biaya operasional. Untuk menghasilkan profit yang lebih rapat, nilai tukar cryptocurrency yang dihasilkan juga harus tinggi. Dalam kasus ini, Merkle menyarankan nilai tukar Bitcoin harus berada di atas $2000 agar operasi tambang yang dijalankan menguntungkan. Perlu dipertimbangkan juga nilai tukar cryptocurrency yang sangat ekstrim naik turunnya.

Tampaknya semakin banyak penambang yang akan berpindah area dimana sumber energi terbarukan mudah didapatkan. Saat ini Islandia menjadi lokasi yang paling populer karena kecepatan internet yang tanpa batas.

Karena, para penambang yang memilih untuk beroperasi di gurun, juga perlu memikirkan resiko peralatan komputer penambang yang akan mudah rusak, apabila terkena suhu gurun yang panas. Walaupun Tambang Bitcoin Bertenaga Surya di area gurun, memang mendapatkan sumber tanpa batas energi listrik.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/07/ethereum-pesaing-bitcoin.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/07/ethereum-pesaing-bitcoin-300x187.jpgRamdhani Bangun SaputraApplicationaplikasi,bitcoin,business,community,development,energi bersih,energi surya,Financing,inovation,janaloka.com,Panel surya,PLTS,produk,renewable energy,solar system,startup,Surya,technology,teknologiTambang Cryptocurrency adalah sebuah aktifitas penambangan uang digital (seperti bitcoin) yang rumit dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Para penambang harus menggunakan peralatan yang memiliki kemampuan proses digital tinggi dan hal ini membutuhkan listrik bertegangan tinggi. Sehingga perlu perhitungan matang untuk menjalankan proses ini agar menguntungkan, salah satunya dengan...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: