Application Energy

Solusi PLTS untuk Kawasan Pabrik

Aplikasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sangat luas, solusi yang ditawarkan juga beragam. Dibawah ini beberapa solusi PLTS untuk kawasan pabrik:

PLTS Grid Tie Roof Top

PLTS grid tie adalah jenis PLTS yang terhubung dengan jaringan listrik PLN dan berfungsi sebagai “daya” kedua pada saat matahari bersinar dalam kondisi ideal. Dengan sistem ini, produksi listrik pada panel surya akan di ekspor ke jaringan listrik PLN, sementara konsumsi listrik dari pelanggan akan melakukan impor dari jaringan listrik PLN.

Secara teknis aplikasi ini menggunakan kWh meter yang dapat mendeteksi produksi dan konsumsi dalam waktu yang bersamaan, dan mengatur besaran daya yang akan dikonsumsi tanpa mempengaruhi kinerja peralatan elektronik yang digunakan oleh pelanggan atau pengguna.

Jika produksi lebih tinggi dari konsumsi, maka selisih surplus ini akan “dibayarkan” oleh PLN ke pelanggan. Sistem pembayaran dapat berupa sistem barter (net metering) dan sistem bayar (Feed in Tarif).

Pada sistem barter, selisih surplus akan di masukkan pada tagihan pelanggan selanjutnya. Sehingga saat pembayaran berikutnya, jika terjadi minus, nilai minus akan di tutupi oleh nilai surplus. Namun jika terjadi (juga) surplus, maka nilai surplus sebelumnya ditambahkan ke nilai surplus sekarang. Dan begitu selanjutnya. Sistem ini sudah mulai berjalan dalam tahap percobaan di Indonesia.

Solusi PLTS untuk Kawasan Pabrik
Sistem panel di Pabrik Hyundai (sumber: autogreenmag.com)

Pada sistem bayar, selisih surplus akan dikonversi dalam nilai mata uang (rupiah). Misalkan, nilai surplus sebesar x kWh akan dikonversi menjadi nilai Rp. y,-, untuk dapat dibayarkan oleh penyedia listrik (PLN, misalnya) kepada pelanggan. Secara investasi, jika nilai Rp. y,- semakin besar, maka pengembalian investasi akan semakin cepat. Namun, sayangnya sistem bayar ini belum berlaku di Indonesia.

Karena jenis daya yang diproduksi PLTS sama dengan PLN, maka pelanggan dapat menggunakan tambahan daya ini untuk menghidupi aplikasi elektronik apapun. Mulai dari penerangan pabrik dan kantor, pendingin ruangan, mesin pompa, hingga mesin pabrik yang membutuhkan listrik lainnya.

Instalasi komponen produk PLTS ini pun tidak terlalu sulit. Panel surya dapat diletakkan di atas atap (roof top) pabrik, sehingga tidak mengganggu penggunaan lahan di sekitar pabrik dan memanfaatkan ruang atap secara maksimal. Inverter dan Kontrol panel dapat memanfaatkan ruang yang memiliki luas tidak lebih dari 10 m², dengan sirkulasi udara yang cukup.

Perawatan dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi android/IOS atau website melalui perangkat telepon genggam, tablet, laptop atau PC. Pelanggan tinggal melihat sistem bekerja dan jika terjadi permasalahan maka aplikasi akan memberikan alaram peringatan.

Walau nilai investasi yang diperlukan, terhitung cukup besar. Namun dengan penggunaan selama 25 – 30 tahun, maka sistem PLTS ini akan lebih murah jika dibandingkan dengan pemakaian listrik PLN yang cenderung terus naik. Jika masih dirasa investasi cukup berat, maka solusi kredit dan investasi khusus untuk pembangkit listrik tenaga surya dapat menjadi alternatif.

Baca juga : Alternatif pembiayaan PLTS

PLTS Hybrid for Support

PLTS Hybrid adalah salah satu solusi PLTS untuk kawasan pabrik yang menggunakan sistem off grid namun memiliki pilihan koneksi dengan jaringan listrik PLN. Kelebihan sistem hybrid adalah sistem ini dapat berjalan mandiri tanpa harus terkoneksi dengan PLN, sehingga sistem ini sangat cocok jika digunakan sebagai sistem utama pada daerah yang koneksi listriknya terbatas.

Pemasangan aplikasi ini cukup mudah, panel surya dapat dipasang di atap atau di lahan tanah yang sudah dilakukan perkerasan. Setiap kapasitas 5 kWp, membutuhkan rumah pembangkit seluas minimal 6 m², untuk meletakkan baterai, inverter, dan panel kontrol.

Perawatan yang dilakukan, dimudahkan dengan penggunaan aplikasi software, baik untuk android/IOS atau via website-on-demand. Pelanggan bisa mendapatkan informasi secara langsung (real time), dan setiap hari sepanjang tahun.

Solusi PLTS untuk Kawasan Pabrik
Sistem PLTS di atas kolam penampungan air – Jepang

Perawatan fisik yang diperlukan adalah mengecek apakah ada bayangan yang menutupi panel dan tegangan keluaran dari panel. Untuk baterai, jika menggunakan tipe lead acid, baik VRLA atau OPzV, perlu dilakukan perawatan atau pergantian setiap 3 – 5 tahun sekali.

Untuk lama penggunaan baterai dapat dimaksimalkan menjadi 10 -15 tahun, dengan menggunakan lithium. Untuk penggunaan dalam aplikasi besar, > 1 Mw, dapat menggunakan Baterai flow – Vanadium Redox.

Untuk investasi, PLTS tipe hybrid ini memang cukup mahal dibandingkan grid tie dan tidak menarik jika dibandingkan dengan penggunaan listrik PLN. Namun, ketika dibandingkan dengan genset. PLTS hybrid jauh lebih unggul dan murah.

Baca juga : menghitung investasi PLTS off grid dengan kalkulator surya

PLTS hybrid ini merupakan solusi PLTS untuk kawasan pabrik yang terletak di luar pulau jawa, dan memiliki skala penggunaan listrik yang cukup tinggi. PLTS ini sangat cocok digunakan pada lokasi yang sudah terjangkau PLN, namun daya yang disalurkan PLN masih kurang dan menggunakan genset sebagai sumber listrik alternatif.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) adalah salah satu mini aplikasi dari solusi PLTS untuk kawasan pabrik. Dengan memanfaatkan listrik mandiri PLTS pada setiap tiang PJU, aplikasi ini mampu berfungsi secara otomatis. Hidup dan matinya PJU dapat diatur secara otomatis sesuai kondisi cuaca, siang – malam atau cerah – hujan, dan dapat dipantau langsung via aplikasi.

Aplikasi PJUTS di Indonesia masih kurang baik, karena masalah baterai. Iklim tropis dan suhu yang tinggi, membuat baterai tipe lead-acid VRLA dan gel yang banyak digunakan, tidak mampu berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan dengan baterai lithium.

Solusi PLTS untuk Kawasan Pabrik ini cocok digunakan sebagai penerangan jalan lingkungan dan kawasan sekitar pabrik ketika malam hari. Sehingga selain mempercatik, juga dapat menambah keamanan kawasan.

Apa komentar anda?

nine − four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia