Solusi Listrik Surya Untuk Penanggulangan Bencana
Energy

Solusi Listrik Surya Untuk Penanggulangan Bencana

Solusi Listrik Surya Untuk Penanggulangan Bencana – Indonesia merupakan negara yang rentan bencana, karena memiliki karakter geografis yang cukup unik. Berdasarkan World Risk Index tahun 2016, Indonesia memiliki risiko bencana alam ekstrem sebesar 10,24 persen.

Untuk menanggapi hal ini, pemerintah telah membentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebagai lembaga yang dapat memberikan respon pertama ketika terjadi bencana.

Untuk mendukung fungsi dan kerja BNPB dalam menjangkau lokasi dan mempersiapkan infrastuktur yang dibutuhkan untuk penanggulangan bencana lebih lanjut, terutama mempersiapkan pusat informasi di lokasi bencana. Maka, salah satu konsep ide solusi listrik surya untuk penanggulangan bencana berikut dapat digunakan, yaitu dengan unit mobile solar generator.

Apa itu mobile solar generator?

Mobile solar generator adalah sebuah konsep ide yang dikembangkan lebih lanjut oleh janaloka.com untuk solusi pemanfaatan teknologi listrik surya sebagai sumber listrik pada lokasi bencana dalam bentuk unit mandiri.

Unit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan beban peralatan yang akan digunakan sebagai bantuan bencana. Solusi unit ini dikemas dalam sebuah wadah trailer, sehingga mudah dibawa dan dipindahkan kemanapun, saat diperlukan.

Solusi Listrik Surya Untuk Penanggulangan Bencana

Untuk dapat mendukung kebutuhan di lapangan, unit ini harus memiliki beberapa kemampuan unggulan:

  1. Memiliki dimensi ukuran dan berat yang dapat diangkut dengan mudah, baik oleh pesawat kargo, helikopter ataupun kendaraan darat tipe utilitas sport (Sport Utility Vehicle/SUV).
  2. Mudah dipindahkan, dalam kondisi medan berat dan rusak sekalipun.
  3. Mudah dan cepat untuk dibongkar-pasang dan dirakit kembali kedalam wadah semula.
  4. Multifungsi dan ramah untuk digunakan, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.
  5. Peralatan yang digunakan memiliki kehandalan untuk digunakan dalam medan dan kondisi tidak biasa (ekstrem).
  6. Menghindari penggunaan peralatan yang mudah rusak dan beresiko, seperti kaca.
  7. Memiliki fungsi pengamanan yang handal, seperti tahan air, dan sistem otomatisasi, seperti pemutus aliran otomatis saat gempa.

Bagaimana cara kerja mobile solar generator?

Dalam pemanfaatan di lapangan, ada beberapa beban penggunaan yang bisa disuplai oleh unit solusi listrik surya untuk penanggulangan bencana ini, yaitu:

  1. Sebagai pusat informasi dan koordinasi, melalui pemanfaatan vsat. Dengan memasang stasiun tranmisi yang dapat mengirim data, suara dan video ini, komunikasi dan memperbarui informasi dari atau ke lapangan akan lebih mudah.
  2. Sebagai pusat pembangkit listrik cadangan. Sebelum listrik PLN beroperasi penuh, unit ini dapat membantu memberikan sumber listrik untuk kebutuhan di lokasi, seperti penerangan. Hal ini juga dapat mempermudah kegiatan operasi penanggulangan bencana saat malam hari.
  3. Sebagai pendukung bantuan kesehatan, seperti penyediaan listrik penerangan untuk pemeriksaan, penyediaan listrik untuk pendingin dan penyimpanan obat-obatan, dan pengoperasian beberapa peralatan medis lainnya.
  4. Sebagai pusat pengolahan air bersih dengan sistem reverse osmosis (RO). Sehingga air layak minum dan air bersih dapat terus tersedia, walaupun air bahan baku kotor atau hanya tersedia air laut.

Karena sifat sistem listrik surya yang dapat menyesuaikan kebutuhan, maka sistem yang dipakai pada unit mobile solar generator ini dapat disesuikan dengan beban, seperti dibawah ini:

Keterangan Daya   Jumlah Unit Waktu Pakai  Total Daya /hari 
VSat 25 watt 1 unit 24 jam                600 wh
Layar Televisi 100 watt 1 unit 24 jam            2.400 wh
Laptop 80 watt 1 unit 24 jam            1.920 wh
Catu Daya alat lainnya 40 watt 4 unit 24 jam            3.840 wh
lampu LED flood light 20 watt 16 unit 12 jam            3.840 wh
lemari pendingin 100 watt 1 unit 24 jam            2.400 wh
RO 1500 watt 1 unit 3 jam            4.500 wh
Total Kapasitas          19.500 Wh
Daya puncak            2.285 Wh

Dengan asumsi kebutuhan pada tabel diatas, maka didapat bahwa besar kebutuhan harian daya adalah 19.500 Wh, dengan daya puncak 2.285 Wh. Besaran daya ini hanya sebagai asumsi, dapat diubah sesuai permintaan dan jenis peruntukan beban yang akan digunakan.

Sistem listrik surya yang dapat digunakan untuk kebutuhan beban diatas adalah sistem dengan besaran daya panel surya 5 kWp dan kapasitas baterai 20 kWh. Adapun inverter yang dibutuhkan minimal memiliki daya sebesar 2.500 watt.

Lihat juga: Kalkulator surya untuk menghitung kebutuhan listrik surya

Konsep ide solusi listrik surya untuk penanggulangan bencana oleh janaloka.com adalah unit mobile solar generator dengan kapasitas panel surya 5 kWp dan bank daya sebesar 20 kWh.

Adapun pilihan produk yang dapat digunakan oleh unit ini, adalah:

  1. Panel surya fleksibel, berkapasitas total 5 kWp. Pemilihan jenis panel surya ini, dikarenakan:
    1. Indonesia telah memiliki pabrik yang dapat memproduksi panel ini, sehingga memudahkan dan mempercepat pengadaan alat.
    2. Panel surya fleksibel dapat ditekuk hingga derajat tertentu, sehingga memudahkan saat pengemasan di trailer dan pemasangan di lokasi.
    3. Mudah dipasang dengan jenis atap/awning kain tenda, sehingga dapat menambah fungsi peralatan.
    4. Panel surya fleksibel memiliki ketebalan kurang dari 1 cm, sehingga tidak memakan tempat saat dibawa.
    5. Panel surya fleksibel tidak memanfaatkan kaca secara penuh, sehingga tidak khawatir pecah ataupun menimbulkan resiko saat dipasang di lokasi, seperti jatuh menimpa personel.
  2. Baterai Lithium, berkapasitas minimal 20 kWh. Pemilihan jenis baterai ini, dikarenakan:
    1. Indonesia telah memiliki pabrik baterai lishium sendiri, sehingga dapat mempermudah pengadaan produk.
    2. Baterai lithium memiliki kebutuhan ruang, baik dimensi dan berat, yang sangat minimal. Sehingga mampu mengefisienkan ruang wadah trailer yang ada untuk peralatan lainnya.
    3. Baterai lithium “tahan banting”, karena mampu bertahan di suhu tinggi dan tahan terhadap guncangan.
    4. Baterai lithium memiliki kemampuan yang lebih cepat saat dicatu daya ataupun saat pelepasan daya, ketika digunakan.
  3. Komponen lainnya, seperti charger controller, Inverter, kabel, proteksi dan kelengkapan lain-lain, disesuaikan dengan kondisi lapangan terburuk. Sehingga kehandalan dan resiko gagal fungsi dapat diminimalisir sekecil mungkin.
  4. Trailer harus dirakit dengan spesifikasi yang mampu bertahan terhadap kondisi berat di lokasi bencana. Beberapa spesifikasi yang perlu ditambahkan adalah:
    1. Dimensi trailer bagian dalam kurang lebih 2m x  1,8m x 1,2m (panjang x lebar x tinggi). Oleh karena itu kurang lebih ruang tersebut harus dapat menampung panel surya sekaligus atap di bagian atas. Baterai pada bagian bawah. Komponen kontrol pada sisi samping. Termasuk penyediaan ruang untuk perlengkapan visual dan komunikasi, antena parabola, alat-alat medis dan obat-obatan, alat penyaring air minum dan air bersih, alat kerja, dan kelengkapan lain, seperti genset, alat makan, tidur dan lain sebagainya.
    2. Komponen trailer memiliki multifungsi dan dapat dibongkar-pasang secara mudah. Sehingga dapat segera digunakan di lokasi, namun cepat dapat dipindahkan jika dibutuhkan.


Untuk membangun sebuah unit mobile solar generator fungsional, dibutuhkan biaya mulai dari 500 juta. Pembiayaan ini berdasarkan harga pasaran komponen produk di Indonesia.

Contoh Pemanfaatan mobile solar generator lainnya

Mobile solar generator juga sudah banyak digunakan oleh negara lain, dengan beberapa fungsi yang berbeda. Beberapa diantarangan adalah:

Ecos PowerCube®

Ecos PowerCube® adalah mobile generator yang dikembangkan oleh Ecosphere Technologies Inc, Amerika serikat. Pembangkit dalam kontainer ini dapat difungsikan untuk bantuan bencana, kemanusiaan ataupun dukungan militer.

Solar Eclipse

Solar eclipse dikembangkan oleh DC Solar, Amerika serikat. Fungsi mobile generator ini juga sama, dapat digunakan untuk bencana, konstruksi, tambang, pertanian, acara (events), dan telekomunikasi.

Container Roll Out Solar System (CROSS)

Container Roll Out Solar System (CROSS) dikembangkan oleh perusahaan ECLIPS, Australia. Solusi ini dapat digunakan mulai dari bantuan bencana hingga militer.

Mobile Maxclear™ – MMC™

Mobile Maxclear™ – MMC™ adalah generator pembangkit listrik surya yang dikhususkan untuk pemurnian air. Solusi ini dikembangkan oleh WORLDWATER & SOLAR TECHNOLOGIES, INC.

Artikel lainnya:

Apa komentar anda?

three × 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...