Solusi Jaringan Microgrid Untuk Daerah Terpencil
Energy

Solusi Jaringan Microgrid Untuk Daerah Terpencil

Solusi jaringan microgrid dapat membantu menyediakan pasokan listrik yang handal untuk masyarakat daerah terpencil, yang tidak tersambung ke jaringan utama (off-grid). Secara kapasitas, microgrid mungkin berukuran lebih kecil dari sistem listrik jaringan utama yang biasa Kita gunakan. Namun microgrid dapat menawarkan solusi akses listrik yang tepat dan hemat biaya.

Bagaimana cara kerja solusi jaringan microgrid?

Jaringan Microgrid dapat terdiri dari beberapa jenis pembangkit dan beban yang terpisah, namun dapat dioperasikan secara terkoordinasi dan termonitor. Solusi jaringan microgrid dapat beroperasi dengan terhubung ke jaringan listrik utama atau dioperasikan secara mandiri (islanded mode).

Sehingga penggunaan beberapa pembangkit energi terbarukan, seperti surya atau angin, dapat dilakukan dengan mudah, tanpa kahawatir terganggu oleh kondisi intermittent.

Intermittent adalah kondisi dimana sumber energi tidak dapat memberikan daya 24 jam/sehari atau secara terus menerus, karena sumbernya yang tidak stabil.

Kelebihan solusi jaringan microgrid adalah sifatnya yang fleksibel dan inovatif, yaitu kemampuannya untuk memisahkan diri dari jaringan listrik utama secara mudah ketika diperlukan. Contohnya ketika ada pemadaman listrik di jaringan karena bencana alam, maka sistem akan secara otomatis saling melepaskan akses. Setelah pemadaman berakhir, microgrid dapat segera tersambung kembali dengan jaringan utama, secara mudah.

Manfaat solusi jaringan microgrid untuk daerah terpencil

Jaringan microgrids dapat memberikan banyak manfaat seperti:

A. Menyediakan pasokan listrik di daerah terpencil.

Ada banyak daerah di Indonesia yang belum tersambung listrik dari jaringan utama PLN. Misalnya, desa di kepulauan atau di daerah terpencil yang tidak memiliki akses ke jaringan listrik utama. Sehingga sulit dan tidak mungkin menggunakan listrik PLN.

Dengan jaringan microgrid, lokasi-lokasi ini dapat memanfaatkan sumber yang ada untuk memproduksi listrik. Jika kemudian di masa depan, akses PLN menjangkau lokasi ini, maka jaringan dapat dengan mudah disambungkan dan digunakan secara penuh

B. Mengurangi biaya dari kenaikan harga bahan bakar.

Daerah terpencil kerap kali identik dengan sulitnya akses transportasi. Hal ini berbanding lurus dengan tingginya biaya pengiriman, dan akan meningkatkan biaya pembangkitan secara umum. Dengan adanya sumber energi alternatif, seperti energi terbarukan, maka biaya bahan bakar dapat ditekan seminimal mungkin. Hal ini akan mengurangi biaya operasional pembangkit listrik secara signifikan.

C. Keandalan sistem jaringan

Ketika jaringan utama kehilangan daya, microgrid dapat beralih ke pengaturan mandiri (island mode). Selama ada sumber energi yang memadai di tingkat lokal (generator diesel, turbin angin, bahan bakar bio, tenaga surya fotovoltaik, ataupun lainnya), listrik dapat terus mengalir di jaringan internal microgrid. Sehingga lokasi dengan jaringan microgrid akan tetap dapat mendapatkan listrik, sedangkan daerah lain yang tidak teraliri akan tetap gelap.

D. Memenuhi target energi terbarukan

Dengan target 35.000 MW yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, terutama dengan target bauran energi 25% menggunakan sumber energi terbarukan. Maka microgrid dapat membantu memenuhi hal tersebut, terutama untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan industri.

Microgrid juga sangat cocok untuk proyek pembangunan bertahap, yang memungkinkan penambahan unit pembangkit listrik terbarukan ketika dibutuhkan.

E. Meningkatkan keamanan

Microgrid dapat menjaga stabilitas akses jaringan dari bencana alam serta sabotase fisik. Gangguan berkepanjangan pada listrik, merupakan ancaman bagi keamanan dan stabilitas ekonomi. Dengan sistem kelistrikan yang dapat berfungsi mandiri, maka ketersediaan energi listrik dapat diproyeksikan untuk tetap terjaga dan aman.

F. Stabilitas jaringan

Kemajuan teknologi untuk stabilisasi jaringan dan penyimpanan energi telah mengatasi resiko ketidakstabilan jaringan, akibat penetrasi yang tinggi dari energi terbarukan yang pasokannya tidak selalu lancar. Dengan cepatnya penyerapan lonjakan energi dari sumber energi terbarukan melalui penggunaan inovasi teknologi, maka kestabilan tegangan dan frekuensi dapat dijaga, baik di microgrid dan jaringan utama.

Apa komentar anda?

1 × five =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...