Sistem panel surya atap: solar pv hybrid di Indonesia merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya di rumah. Dengan memasang sistem ini, pemilik rumah dapat memanfaatkan listrik surya bersamaan dengan PLN dan atau sumber pembangkit lainnya, seperti angin atau mikro hydro.

Solar PV Hybrid di Indonesia pada Atap

Sistem panel surya pada atap dengan tipe solar PV hybrid ini, memiliki kemampuan untuk melakukan manajemen listrik secara baik. Maksudnya pengguna yang memiliki berbagai macam sumber listrik, baik PLN, genset angin, hydro atau bio, dapat terkoneksi secara bersamaan dengan listrik surya untuk memenuhi kebutuhan listrik hariannya.

Semua hasil produksi yang didapat dari beberapa pembangkitan tersebut akan disimpan dalam baterai, agar dapat digunakan sepanjang hari. Sistem ini juga memiliki beberapa mode kerja untuk memaksimalkan listrik yang diproduksi, seperti:

  1. Sumber listrik utama dapat diatur apakah menggunakan PLN atau sumber pembangkit lainnya. Sehingga selama listrik PLN menyala, sumber listrik lainnya akan bertugas untuk mencatu daya baterai. Jika PLN padam, maka baterai yang akan bertugas menyalakan listrik rumah.
  2. Jika sumber listrik utama berasal dari surya, maka baterai akan diisi penuh oleh surya terlebih dahulu dan jika baterai telah penuh namun masih ada kelebihan daya, maka listrik surya akan digunakan langsung oleh pengguna. Namun jika baterai habis pada malam hari, maka sumber pembangkit lainya dapat digunakan untuk catu daya dan penggunaan langsung.

Cara kerja sistem solar PV hybrid adalah:

  1. Pemilik rumah dapat memasangkan Sistem panel surya, berikut controler, inverter, bank baterai dan BOS (Balance of System: berupa panel kontrol, kabel, konektor, pengaman dan lain sebagainya) pada rumah mereka.
  2. Beberapa sumber pembangkit lain, seperti genset, tenaga angin ataupun mikrohydro dapat dipasang oleh pemilik rumah untuk kemudian dikoneksikan dengan inverter sistem panel surya.
  3. Pemilik rumah dapat meminta PLN untuk memasang kWh meter khusus yang disebut kWh ekspor-impor, yang berfungsi untuk mencatat berapa besar kapasitas daya yang dijual pemilik rumah kepada PLN dan berapa besar kapasitas daya yang dikonsumsi oleh pemilik rumah dari PLN.
  4. Selisih daya jual dan daya konsumsi akan dicatat dan dihitung PLN. Jika daya jual melebihi daya konsumsi, maka pemilik rumah memiliki “tabungan” yang dapat digunakan kembali sewaktu-waktu. Jika daya jual kurang dari daya konsumsi, maka pemilik rumah wajib membayar sisa selisih tersebut kepada PLN.
  5. Penggunaan listrik akan diatur oleh inverter, sehingga pemilik rumah tinggal menikmati listrik 24 jam (tergantung dukungan kapasitas baterai).

Rata-rata dengan pemasangan sistem panel surya atap: solar pv hybrid ini, penghuni rumah dapat sedikit berhemat sekaligus memiliki cadangan daya listrik untuk kebutuhan harian mereka.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

solar pv hybrid di Indonesia

Bagaimana cara memasang solar PV Hybrid?

Cara pemasangan sistem ini tidak begitu rumit, namun pengguna harus tetap diawasi oleh tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda tertarik untuk melakukan pemasangan, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  1. Kenali karakter atap rumah anda! Dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut:
    • Menghadap kemana arah atap anda?
    • Berapa besar anda harus membayar biaya kWh meter anda setiap bulan?
    • Apakah listrik PLN selalu menyala dalam 24 jam? Ataukah ada sumber pembangkit listrik lainnya yang anda gunakan? Berapa besar kapasitasnya?
    • Berapa lama listrik PLN anda padam? Dan berapa kali dalam seminggu?
  2. Hitung kebutuhan sistem panel surya anda dengan memperhitungkan kapasitas kWh meter terpasang, besaran sumber pembangkit listrik lainnya dan lama waktu yang anda butuhkan untuk cadangan listrik.
  3. Gunakan produk yang berkualitas! salah satu cara mengetahuinya adalah temukan penyedia barang yang menjamin garansi produk dan memiliki pengalaman pemasangan sistem panel surya atap yang telah terbukti berfungsi minimal 1 tahun.
  4. Jangan ragu untuk bertanya! manfaatkan aplikasi konsultasi janaloka atau forum-forum pemasangan panel surya atap untuk memahami lebih jauh sistem yang akan anda gunakan.

 Mengapa sistem solar PV Hybrid menarik untuk dicoba?

Sistem panel surya ini ideal digunakan di kota-kota dan pedesaan yang memiliki akses listrik minimal dari PLN ataupun sumber pembangkit lainnya dan membutuhkan cadangan daya ketika listrik padam. Sistem ini menarik untuk dicoba karena:

  1. Memanfaatkan ruang atap yang awalnya hanya sebagai penghalang sinar dan panas matahari, menjadi pembangkit listrik mandiri.
  2. Manjadi sumber cadangan daya jika listrik padam.
  3. Memanfaatkan energi matahari yang disediakan gratis!

Mau untuk mencoba solar PV hybrid di Indonesia? Kunjungi halaman konsultasi untuk diskusi lebih jauh atau hubungi [email protected].

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/04/Desain-Sistem-Panel-Surya.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/04/Desain-Sistem-Panel-Surya-300x200.jpgGalih RadityaApplicationAC Coupling,aplikasi,baterai,business,community,DC coupling,development,Financing,Indonesia,inovation,Inverter,janaloka.com,Listrik desa,renewable energy,Solar,solar system,technologySistem panel surya atap: solar pv hybrid di Indonesia merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya di rumah. Dengan memasang sistem ini, pemilik rumah dapat memanfaatkan listrik surya bersamaan dengan PLN dan atau sumber pembangkit lainnya, seperti angin atau mikro hydro. Solar PV Hybrid di Indonesia pada Atap Sistem panel surya pada...The #1 Solar Energy Crowd