Solar PV Rooftop atau yang biasa dikenal di Indonesia sebagai sistem panel surya di atap, merupakan salah satu jenis aplikasi panel surya dalam skala rumah tangga. Panel surya dipasang di atas atap untuk mensuplai kebutuhan harian listrik rumah tangga.

Penggunaan sistem ini masih cukup jarang ditemukan, namun populasi penggunanya semakin besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah skema biaya solar PV rooftop yang masih tebilang cukup tinggi untuk Indonesia.

Tulisan ini akan lebih membahas mengenai panel surya atap dengan tipe Grid Tie, tanpa baterai dan termasuk biaya instalasi.

Baca lebih lanjut: Jenis aplikasi panel surya atap

Skema Biaya Solar PV Rooftop

Secara umum pembiayaan panel surya di atap Grid tie berkisar antara Rp. 25.000.000,- Hingga Rp. 30.000.000,- per 1 kWp (1000 watt peak). Termasuk didalamnya seluruh komponen, jasa pengiriman dan jasa instalasi atau pemasangan.

Harga tersebut bukan harga pasti dan sangat mungkin untuk berubah sesuai dengan kondisi yang ada di pasar saat ini.

Harga tersebut dibagi atas beberapa komponen, lihat tabel dibawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Komponen% dari total biaya
Panel Surya52 %
Sistem Inverter23 %
Balance of System (BOS)17 %
Instalasi8 %

Persentase ini berlaku untuk sistem panel surya di atap yang dipasang oleh perusahaan, bukan oleh individu, dan bukan pembelian parsial yang tidak menggunakan jasa desain dan instalasi profesional.

Khusus untuk panel surya merupakan panel tipe crystalline dengan masa penggunaan selama 25 tahun dan garansi produk selama 5 tahun maksimal. Panel surya memiliki degradasi output maksimal 1% per tahunnya.

Sistem inverter yang digunakan merupakan inverter dengan minimal terverifikasi CE dan memiliki umur pakai hingga 5 tahun, dengan garansi maksimal 3 tahun dengan jaminan purna jual berupa pergantian langsung jika unit bermasalah.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Daftar Penting panel surya atap:

  • Panel Surya
  • Inverter
  • BOS
  • Instalasi
    • Perencanaan desain sistem
    • Pengiriman
    • Perizinan
    • Perawatan
    • Pembiayaan
Balance of system (BOS) merupakan komponen pendukung sistem yang terdiri dari kabel, konektor, panel kontrol, protektor dan berbagai komponen lainnya. Komponen pendukung ini berupa rangkaian komponen yang didesain oleh penyedia, sesuai standar instalasi sistem panel surya.

Instalasi dilakukan oleh penyedia jasa, berupa pemasangan panel surya dan komponen penunjangnya pada atap rumah. Instalasi inverter dan BOS hingga sistem panel surya atap dapat menyala dan berfungsi maksimal.

Beberapa penyedia menambahkan layanan perencanaan desain sistem, pengiriman, pengurusan izin, perawatan dan skema pembiayaan kredit pemasangan sistem panel surya atap, sebagai bagian strategi marketing mereka. Maka penting bagi anda untuk mengetahui seluruh penawaran secara baik.

Skema Biaya Solar PV Rooftop

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/120924043918-home-solar-panels-1024x576-940x529.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/12/120924043918-home-solar-panels-1024x576-300x169.jpgJanalokaDesignAC Coupling,business,community,DC coupling,design,development,Financing,janaloka.com,Listrik desa,net metering,produk,renewable energy,sel surya,technologySolar PV Rooftop atau yang biasa dikenal di Indonesia sebagai sistem panel surya di atap, merupakan salah satu jenis aplikasi panel surya dalam skala rumah tangga. Panel surya dipasang di atas atap untuk mensuplai kebutuhan harian listrik rumah tangga.Penggunaan sistem ini masih cukup jarang ditemukan, namun populasi penggunanya semakin besar...The #1 Solar Energy Crowd