Initiatives

Sistem Tenaga Surya Off-Grid dan On-Grid Akan Banyak Dipasang di Kamerun

Sistem Tenaga Surya Off-Grid dan On-Grid
Foto: Phil Hilfiker

Bank Cina telah setuju untuk meminjamkan 123 juta USD untuk program pemasangan listrik pedesaan di Kamerun dan lembaga penyedia listrik Kamerun berencana untuk membangun tiga pembangkit listrik Sistem Tenaga Surya Off-Grid dan On-Grid dengan kapasitas total 35 MW.

Presiden Republik Kamerun, Paul Biya, telah menandatangani perjanjian No 2017/287 yang memungkinkan Menteri Ekonomi, Pembangunan, dan Pembangunan Daerah Kamerun untuk menyelesaikan perjanjian pinjaman dengan Bank Cina seharga 73,95 milyar CFA (123,2 juta USD).

Dana tersebut akan digunakan untuk mendanai Fase II dari program pemasangan listrik desa yang diluncurkan oleh pemerintah dan perusahaan Huawei dari Cina pada November 2016. Dalam Fase II, sekitar 350 desa yang terletak pada daerah yang tidak mempunyai akses listrik akan diberikan masing-masing pembangkit listrik tenaga surya yang terpasang dengan kapasitas 32 kW. Secara keseluruhan, program ini membuat target untuk mencapai 1.000 desa dan menyediakan listrik untuk 150.000 orang.

Perjanjian pertama untuk proyek pembangunan tiga pembangkit listrik Sistem Tenaga Surya Off-Grid dan On-Grid ditandatangani pada September 2012.

Sementara itu, portal bisnis lokal di Kamerun melaporkan bahwa penyedia listrik Kamerun (Eneo), yang dimiliki oleh penyedia investasi dari Inggris (Actis), merencanakan pembangunan untuk tiga pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas total 35 MW.

Perusahaan tersebut sedang berencana untuk mencari peminat untuk proyek 10 MW di Ngaoundere, di bagian utara Kamerun. Fasilitas tenaga surya tersebut diharapkan akan berfungsi pada 2019. Dua pembangkit lain dengan kapasitas 15 MW dan 10 MW, akan dibangun di Maroua dan Guider yang berada di bagian utara Kamerun.

Tenaga surya dan energi terbarukan saat ini menyediakan hanya 1% dari total kebutuhan energi listrik Kamerun. Hampir seluruh kebutuhan listrik Kamerun disediakan oleh tenaga Hidro (74%) dan tenaga panas (25%). Hanya 48% dari populasi Kamerun yang saat ini mempunyai akses terhadap tenaga listrik.

Potensi Sistem Tenaga Surya Off-Grid dan On-Grid

Lebih dari 80 persen dari 22 juta penduduk Kamerun hidup dengan penghasilan kurang dari 1 USD per hari dan mereka tidak mempunyai akses ke tenaga listrik yang andal dan terjangkau. Namun, negara ini memiliki sinar matahari dan angin yang melimpah di bagian utara dan barat sehingga potensi untuk pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga angin sangat besar.

Oleh karena itu, pemerintah Kamerun mengumumkan pada Mei 2015 bahwa Kamerun akan meningkatkan kebutuhan terhadap energi terbarukan untuk mewujudkan “kebangkitan ekonomi” pada tahun 2035.

Sumber: https://www.pv-magazine.com/

Apa komentar anda?

19 + four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia