Application

Siapa Saja Yang Bisa Merawat Sistem Listrik Surya?

Sebenarnya, siapa saja yang bisa merawat sistem listrik surya? Apakah semua orang “diperbolehkan” melakukan perawatan? Atau ada keahlian khusus yang diperlukan ketika melakukan perawatan?

Kebutuhan Merawat Sistem Listrik Surya

Jika Anda ingin menjaga performa sistem listrik surya Anda dapat beroperasi dengan efektivitas dan efisiensi maksimal, maka Anda harus melakukan pemeliharaan sistem berkala.

Sistem listrik surya pada dasarnya tidak membutuhkan banyak perawatan rutin. Karena tidak ada komponen yang bergerak dan aus. Namun, Anda harus tetap memastikan panel surya Anda bebas dari masalah, terutama bayangan.

Karena, kebanyakan jenis panel surya yang digunakan di Indonesia adalah tipe crystalline, yang berarti sebuah panel surya dirangkai secara seri-pararel dari sel surya. Jika salah satu rangkaian tersebut tidak menghasilkan energi listrik, karena tertutup bayangan, maka hal ini akan mempengaruhi sistem Anda secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan visual secara berkala. lakukan penyiraman dan pembersihan jika dirasa perlu.

Hal lainnya yang juga perlu diingat adalah cek tampilan inverter ataupun aplikasi pengawasan sistem Anda. Jika ada hal yang menurut Anda tidak pada tempatnya, segera lakukan inspeksi. Inspeksi ini dapat Anda lakukan secara pribadi, dengan melihat pada standar penggunaan yang diberikan pabrikan, atau memanggil ahli yang tepat.


Siapa saja yang bisa merawat sistem listrik surya?

Dalam melakukan perawatan, siapa saja bisa yang bisa merawat panel surya?

1. Anda sendiri: Sebagai pengguna dan pemilik.

Walaupun awam ataupun tidak memahami sistem listrik surya secara baik. Anda, sebagai pengguna dan pemilik, juga memiliki peran besar dalam melakukan perawatan. Hal ini dikarenakan Anda adalah pelaku utama yang bersinggungan langsung dengan sistem listrik surya. Sehingga Anda yang akan mengetahui pertama kali, jika muncul permasalahan.

Yang perlu Anda lakukan ketika melakukan perawatan cukup mudah, yaitu: (1) Selalu cek secara visual kondisi panel surya dan inverter Anda. Pastikan tidak ada kotoran dan bayangan di panel surya! Pastikan inverter Anda tidak memberikan “peringatan kesalahan (error warning)”.

(2) Jika ada masalah kotoran pada panel surya, lakukan pembersihan. Jika lokasi pemasangan tidak memungkinkan Anda untuk melakukan pembersihan sendiri, gunakan jasa tukang. Adapun pembersihan yang dilakukan adalah dengan menyiram air hingga kotoran bersih, atau pindahkan objek yang memberikan bayangan.

(3) Jika inverter memberikan peringatan, lakukan troubleshooting sesuai dengan buku manual yang diberikan penjual. Penjual yang baik dan profesional, akan selalu memberikan panduan dasar jika ada masalah terhadap sistem. Jika tidak ada buku manual, segera hubungi kembali penjual sistem Anda.

2. Penjual sistem listrik surya yang Anda pakai.

Penjual sistem, baik perusahaan ataupun perorangan, akan bertanggungjawab terhadap sistem yang mereka jual. Namun, Anda sebagai pembeli juga harus bijaksana, karena tidak semua penjual memiliki penawaran layanan purna jual yang sama.

Anda harus teliti, sebelum melakukan pembelian. Pastikan penjual Anda memberikan jaminan garansi sistem, minimal 1 tahun (idealnya garansi sistem adalah 3-5 tahun), dan layanan purna jual yang baik, dengan pusat perbaikan ada di Indonesia.

Karena semakin lama Anda diberikan masa garansi, semakin aman Anda menggunakan sistem yang diberikan. Dan dengan adanya pusat perbaikan di Indonesia, Anda tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan sistem listrik surya Anda berfungsi normal kembali.

Yang perlu Anda lakukan jika penjual memberikan layanan perawatan adalah: (1) Pastikan mereka memiliki jadwal dan rencana kerja perawatan berkala selama waktu garansi maksimal yang bisa Anda peroleh (5 tahun adalah waktu yang tepat). Jika tidak ada, segera minta!

(2) Pastikan Anda mengetahui hak dan kewajiban Anda sebagai pelanggan. Kapan Mereka akan datang berkunjung? peralatan apa saja yang perlu disiapkan? Garansi perbaikan atau pergantian apa yang Anda terima?

(3) Evaluasi dan awasi pekerjaan yang Mereka lakukan. Jika perlu, minta laporan berkala terkait perawatan ini.

3. Perusahaan atau perorangan yang memiliki keahlian dalam perawatan.

Jika garansi Anda telah habis, dan Anda membutuhkan bantuan dalam melakukan perawatan. Anda bisa menghubungi tenaga ahli yang yang tepat.

Di Indonesia, Ada beberapa perusahaan ataupun perorangan yang menyediakan jasa ini.

Yang perlu Anda lakukan adalah: (1) Hubungi perusahaan atau perorangan penyedia jasa. Dapat juga menghubungi janaloka.com untuk mencari tahu.

(2) Dapatkan penawaran, dan pastikan Anda memahami hak dan kewajiban Anda. Pastikan tenaga ahli tersebut memahami sistem yang telah Anda gunakan. Cara yang paling mudah untuk mengetahui tingkat keahlian Mereka, adalah dengan mengetahui pengalaman pekerjaan yang Mereka lakukan selama ini.

(3) Evaluasi dan awasi pekerjaan yang Mereka lakukan. Jika perlu, minta laporan berkala terkait perawatan ini.

Maksimalkan manfaat sistem listrik surya secara maksimal. Karena dengan umur pakai yang panjang dan investasi yang tidak kecil, Anda harus mendapatkan dampak positifnya secara penuh.

Baca juga: Pola perawatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan sistem panel surya

Apa komentar anda?

5 + 11 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...