Goods

Xkuty: Sepeda Listrik Tenaga Surya

Xkuty, sepeda listrik tenaga surya buatan Electric Mobility Company (EMC) dari Spanyol. Sepeda ini menggunakan listrik dari baterai untuk dapat berfungsi, dan tidak memiliki pedal seperti sepeda umumnya. Baterai sepeda listrik ini dapat diisi dengan tenaga surya ataupun dengan listrik konvensional PLN.

Xkuty: Sepeda Listrik Tenaga Surya

Xkuty: Sepeda Listrik Tenaga Surya

Xkuty memiliki fast charger di bawah kursinya yang dapat mengisi tenaga skuter dalam waktu 3 jam untuk kebutuhan tempuh 100km. Sepeda Listrik Tenaga Surya ini juga menggunakan iPhone sebagai instrument pengendali.

Sebuah aplikasi khusus pada iphone dipakai untuk menghidupkan dan mematikan skuter ini, memberikan informasi pengisian baterai dan navigasi, dan juga mengatur batas kecepatan skuter. Aplikasi ini menggunakan sensor untuk merasakan sudut gerak pengendara sekaligus mendeteksi dini tabrakan atau kecelakaan.

Untuk memudahkan pengguna membuat panggilan telpon secara hands free atau mendengarkan music melalui iPhone di skuter, EMC juga berencana menambah pelengkap, berupa helm carbonfiber yang terintegrasi dengan Bluetooth.

Skuter surya ini dibuat dari komposit dan aluminium dengan berat hanya 46kg. mampu menempuh jarak 40km (25mil) yang dihargai US2550, untuk jarak 100km (60 mil) seharga US3400 dan model non baterai solar dari US6700.

Spark – unit parkir untuk pengisian ulang baterai Xkuty

Sekarang, Electric Mobility Company (EMC) juga telah meluncurkan sebuah stasiun pengisian bertenaga surya untuk sepeda listrik tenaga mereka. Stasiun pengisian ini disebut Spark, dan berfungsi sebagai unit parkir dan tempat catu daya, yang dapat diintegrasikan ke dalam rumah, bangunan dan ruang-ruang lainnya secara mudah.

Unit parkir Spark menggunakan matahari sebagai sumber utama, sehingga memungkinkan pengguna Xkuty untuk mengisi ulang sepeda motor mereka tanpa harus melepas baterai. EMC mengatakan bahwa akan ada dua model unit parkir Spark yang tersedia: satu tanpa fasilitas penyimpanan energi, yang sangat ideal untuk pengisian pada siang hari, dan lain dilengkapi dengan baterai lithium untuk penyimpanan energi yang terbaik untuk pengisian semalam.

“Proyek ini selalu berdasarkan nilai-nilai seperti teknologi, desain, efisiensi, keberlanjutan, energi bersih dan penghargaan terhadap lingkungan hidup. Spark memperkuat masing-masing dari prinsip ini dan merupakan tahap logis berikutnya dalam pengembangan konsep Xkuty, “kata Carlos Felipe, CEO Xkuty.

EMC belum mengumumkan rencana untuk menjual Xkuty – sepeda listrik tenaga surya dan Spark – unit parkir  untuk pengisian di luar Eropa, namun kita bisa berharap teknologi ini juga bisa tersedia cepat di Indonesia. Anda tertarik?

Apa komentar anda?

18 + 6 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia