Invention

Sel Surya Baru dapat Menghasilkan Listrik dari Air Hujan

Sel Surya Baru dapat Menghasilkan Listrik dari Air Hujan – Sebuah panel surya yang dapat menghasilkan listrik dari tetesan air hujan telah ditemukan, memungkinkan listrik tetap diproduksi meski langit mendung atau matahari sudah tenggelam.

Instalasi listrik bertenaga surya meningkat secara global, disebabkan oleh biaya pemasangan dekade lalu masih lebih murah 90% dibanding sekarang. Hal tersebut membuat listrik tersebut yang paling murah di beberapa belahan dunia. Namun, listrik yang dihasilkan bisa hilang dalam sekejap ketika awan mendung menutupi langit. Para peneliti sedang bekerja dengan keras agar tetap dapat menghasilkan listrik meski langit mendung bahkan hujan.

Sel Surya Baru dapat Menghasilkan Listrik dari Air Hujan.

Sebuah perangkat baru, didemonstrasikan di laboratorium Universitas Soochow, China, dimana dua lapisan polimer bening diletakkan diatas sel surya. Ketika air hujan turun mengalir pada lapisan bening tersebut hingga turun ke bawah, gesekan antara air dan lapisan polimer menghasilkan listrik statis.

“Alat kami selalu bisa menghasilkan listrik dalam berbagai cuaca,” kata Baoquan Sun di Universitas Soochow. “Bahkan, alat ini bisa menghasilkan listrik pada malam hari jika sedang hujan.”

Penelitian-penelitian lainnya akhir-akhir ini juga melahirkan perangkat panel surya baru yang hampir mirip, yang diberi nama Tengs (triboelectric nanogenerators), namun desainnya jauh lebih sederhana dan efisien.

“Karena desain alat kami yang unik, beratnya pun menjadi sangat ringan,” kata Sun yang pekerjaan timnya dipublikasikan di jurnal ACS Nano. “Di masa depan, kami akan terus mengembangkan ide ini lalu mengintegrasikannya ke perangkat mobile dan fleksibel seperti pakaian elektronik.  Namun, efisiensi luaran daya kedepannya perlu dikembangkan lagi sebelum memulai penarapan praktis.”

Sel Surya Baru dapat Menghasilkan Listrik dari Air Hujan

Inovasi yang patut ditunggu

Sun mengatakan bidang ini sangat berkembang dengan cepat dan diharapkan dapat menciptakan sebuah prototipe sebuah produk dalam jangka 3-5 tahun mendatang. Para ilmuwan lainnya di China juga telah menggunakan Tengs pada sel surya untuk menghasilkan listrik dari angin. Lapisan atas Tengs juga dikembangkan membantu cahaya agar lebih fokus ke sel surya.

“Ide ini sangat menarik- perangkat hibrid yang bisa menghasilkan energi kinetik dari air tanpa merusak energi yang dihasilkan sel surya ketika cuaca sedang cerah,” kata Varun Sivaram yang merupakan seorang penulis buku baru energi tenaga surya, di Kantor Hubungan Luar Negeri, Amerik Serikat.

“Banyak hal-hal teknis yang luar biasa, seperti penggunaan satu hingga dua lapisan sebagai komponen Tengs yang bekerja seperti perangkap cahaya untuk sel surya.”

Namun, Varun mengatakan listrik yang dihasilkan dari perangkat yang menangkap air hujan harus ditempatkan lebih tinggi agar diperoleh hasil yang berbeda terhadap luaran panel surya. “Masih belum jelas apakah hal tersebut berpengaruh atau tidak – saya rasa tidak.”

Professor Keith Barnham, dari Imperial College London, mengatakan perangkat hibrid tersebut memberikan hasil yang penting untuk efisiensi. Namun, beliau mengatakan “Tenaga angin sudah jelas sumber energi pengganti yang paling efektif untuk PV –  dan itu menghasilkan keluaran yang hampir sama ketika hujan!”

Sumber: The Guardian

Apa komentar anda?

3 × five =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...