Satuan Ukuran Panel Surya

Jika saja anda ingin memasang panel surya di rumah anda, mungkin anda ingin mengetahui beberapa satuan ukuran panel surya yang anda gunakan di sistem solar panel. Berikut ini adalah beberapa satuan yang sering dipakai dan cara penulisannya:

Watt peak/ Wp

Watt peak / Wp adalah satuan yang menyatakan daya produksi tertinggi yang dapat dihasilkan oleh panel surya per satuan waktu. Satuan Ukuran Panel Surya ini didapat dari jumlah produksi daya yang didapat ketika matahari bersinar dengan tingkat radiasi tertinggi.

Penyinaran matahari tidak selalu stabil dalam satu hari, matahari mengalami puncak hanya 3-5 jam/hari tergantung lokasi. Waktu 3-5 jam inilah waktu ideal panel surya menghasilkan daya terbaik (Pmax), yang ditunjukkan dalam Wp.

kilowatt-peak (kWp)and Megawatt-peak (MWp)

1 kWp adalah 1.000 Wp dan 1 MWp adalah 1.000.000 Wp.

watt/ W

Watt / W adalah satuan yang menyatakan daya energi per satuan waktu. Secara rumus watt (daya) didapat dari perkalian antara volt (tegangan) dengan ampere (arus). Pada panel surya, watt digunakan untuk merujuk daya total yang mampu dihasilkan panel selama satu hari pada lokasi tertentu. Misalkan pada daerah Jakarta yang memiliki tingkat penyinaran 3,5 jam, maka 100 Wp panel dapat menghasilkan 350 W daya per hari.

Volt / V

volt / V adalah satuan yang menyatakan tegangan pada panel surya. Tegangan adalah beda potensial listrik. Penulisan satuan volt adalah volt dengan huruf kecil, atau singkatan V dengan huruf besar.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Open Circuit Voltage (Voc)

Open Circuit Voltage (Voc) atau Sirkuit Tegangan Terbuka adalah tegangan produksi tertinggi panel surya saat terkena sinar matahari penuh dan sedang tidak digunakan. Voc tidak terlalu penting, namun perlu dipertimbangkan, karena:

Pertama, Pastikan peralatan yang dihubungkan dapat menampung beban total produksi daya saat dibentuk dalam seri dan pararel.

Kedua, produksi daya yang tidak dimuat dapat merusak komponen yang terhubung. Pastikan peralatan yang anda gunakan memiliki proteksi yang cukup.

Short Circuit Current (Isc)

Short Circuit Current (Isc) adalah arus daya produksi maksimum dari panel sel surya yang dapat dikeluarkan pada saat tidak ada tegangan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah panel berfungsi dengan baik, caranya bisa diukur dengan membuat koneksi langsung terminal positif dan negatif dari panel surya.

Maximum power voltage (Vmp) dan amperage (Imp)

Maximum power voltage (Vmp) dan amperage (Imp) adalah satuan yang paling penting dalam panel surya. Vmp dan Imp digunakan untuk mengetahui Wp dari sebuah panel surya. Untuk memastikan kualitas sebuan panel, perkalian Vmp dan Imp dapat menjadi acuan. Jika hasil perkalian kurang dari Wp yang tertera di brosur, maka kualitas panel tersebut kurang baik.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/10/pv_panel_graph.gifhttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/10/pv_panel_graph-300x176.gifJanalokaDesigndesign,development,Indonesia,inovation,PLTS,produk,renewable energy,startup,SuryaJika saja anda ingin memasang panel surya di rumah anda, mungkin anda ingin mengetahui beberapa satuan ukuran panel surya yang anda gunakan di sistem solar panel. Berikut ini adalah beberapa satuan yang sering dipakai dan cara penulisannya: Watt peak/ Wp Watt peak / Wp adalah satuan yang menyatakan daya produksi tertinggi yang dapat...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: