Energy

Resort Unik Dengan Sistem Tenaga Surya

Singita Resort, sebuah resort unik dengan sistem tenaga surya. Tempat wisata tersebut berada di area Taman Nasional seluas 33.000 hektar yang berlokasi di dekat perbatasan Mozambik.

Taman Nasional Kruger telah ada sejak tahun 1898 dan menjadi rumah bagi berbagai macam flora dan fauna endemik. Singita Resort yang baru-baru ini memanfaatkan tenaga sinar matahari untuk kebutuhan listriknya berada dalam wilayah taman nasional tersebut.

Resort Unik Dengan Sistem Tenaga Surya

Singita Resort terbagi menjadi dua tempat yang berbeda, yakni Singita Sweni dan Lebombo. Resort ini menyediakan pondok untuk turis menginap sekaligus wisata alam liar yang mengagumkan. Mulai dari trekking hingga tidur berbaring sambil menatap bintang-bintang di langit Afrika. Keberhasilan mereka mengganti tenaga mesin diesel dengan tenaga sinar matahari semakin menggenapkan konsep ekoturisme di Singita Resort.

Resort Unik Dengan Sistem Tenaga Surya
Sumber : singita[.]com
Pada dasarnya Singita Resort didirikan untuk melindungi daerah setempat, sebagaimana dikutip dari Greeners. Wilayah yang masih asli keberadaanya dijaga dan dihormati. Agar tak tergerus modernisme, wilayah ini disulap menjadi tempat wisata untuk membantu perekonomian warga lokal tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokalnya.

Singita Resort membangun area khusus yang dinamakan Taman Surya. Taman khusus inilah yang akan menghasilkan listrik. Taman Surya tersebut adalah hasil rancangan New Southern Energy. Berkat taman surya ini, mereka berhasil mengurangi konsumsi solar sebanyak 80.000 galon. Mereka menempatkan Taman Surya di sekitar pepohonan yang dilindungi dan dilingkari pagar bermuatan listrik.

Memanfaatkan energi alam secara maksimal

Tenaga matahari merupakan sumber energi yang sangat besar melimpah di bumi, terutama untuk daerah seperti Afrika dan Indonesia. Sumber energi ini tersedia secara gratis dan akan selalu ada hingga akhir dunia.

Pemanfaatan energi surya sudah menjadi keharusan bagi penduduk bumi, terutama dengan kenyataan bahwa energi matahari mampu memenuhi semua kebutuhan listrik di bumi secara terus menerus. Yang dibutuhkan untuk aplikasi ini bukan hanya teknologi, namun juga kemauan.

Biaya investasi yang semakin murah dan efisiensi konversi sinar matahari menjadi listrik yang semakin tinggi, dapat menjadi variabel penting untuk penggunaan energi matahari di rumah tangga atau komersil.

Lalu maukah kamu ikut #goingsolar?

Apa komentar anda?

seven + 3 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia