Pemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), bukan tanpa resiko. Sabtu lalu (31/10/15), PLTS 70 kWp di Desa Sei Upih kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan mengalami kebakaran di rumah pembangkitnya. Belum ada laporan resmi dari pihak berwajib, mengenai sebab kebakaran. Namun, patut menjadi perhatian mengenai resiko bahaya sistem panel surya.

Sebuah studi di Jerman, menemukan bahwa hanya terjadi 75 kali kejadian kebakaran yang disebabkan sistem panel surya, dari 1,3 Juta pemasangan sistem roof top pada 2013. Sementara di Amerika, hanya ada 7 kali kejadian, dari seluruh pemasangan yang dilakukan di seluruh negara bagian.

Resiko Bahaya Sistem Panel Surya
Kondisi panel terbakar, sangat jarang ditemui. Penyebabnya pun bermacam.

 

Berarti, kemungkinan terjadinya resiko bahaya sistem panel surya sangat jarang dan langka. Namun, bukan berarti kita mengabaikan kemungkinan resiko bahaya ini. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna (user), konsultan perencana, kontraktor pemasangan, dan penyedia barang (pabrik dan wholesale distributor) mengenai resiko bahaya sistem panel surya, yaitu:

Risk #1: Faulty Manufacturing

Kegagalan produk akibat kesalahan dalam proses produksi sangat jarang terjadi. Dikarenakan setiap produsen akan melakukan cek terhadap kualitas (QC – Quality Check), sebelum produk tersebut dilempar ke pasaran. Namun kesalahan tetap bisa terjadi.

Saran Untuk Menghindari Resiko Bahaya Sistem Panel Surya:

Selalu periksa kembali produk yang anda beli, apakah sesuai antara yang tertera di brosur dengan barang yang anda akan beli. Perhatikan intruksi manual yang diberikan. Jangan sungkan untuk menanyakan tes keamanan apa saja yang sudah dilakukan dengan produk tersebut. Dan yang terpenting adalah gunakan produk yang jelas garansi dan layanan purna jualnya, baik dari produsen atau distributor, sehingga jika terjadi gangguan anda tidak akan kesulitan melakukan klaim.

Risk #2: System design and installation error

Desain sistem dan instalasi sistem panel surya, terbilang cukup mudah (hingga level tertentu). Namun sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan konsultan dan kontraktor yang memang sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini. Proses desain ini, memang terlihat mudah. Namun jika terjadi kesalahan, walaupun kecil, akibat yang ditimbulkan sangat besar, rumah terbakar hingga kehilangan jiwa dapat terjadi.

Saran Untuk Menghindari Resiko Bahaya Sistem Panel Surya:

Desain dan pasang sistem panel surya anda sesuai dengan petunjuk pemasangan dari pabrikan. Jika anda tidak yakin, konsultasikan sistem yang ingin anda pasang kepada konsultan dan kontraktor sistem panel surya.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Risk #3: Aging and degraded connectors

Menggunakan produk dengan biaya murah, tentu dapat menghemat banyak biaya. Namun yang perlu anda ingat, sistem panel surya tidak terpasang hanya untuk 1 atau 2 tahun saja. Umur sistem dapat mencapai 25 tahun, hingga lebih. Sehingga, pastikan komponen produk pendukung yang terpasang, juga memiliki kualitas yang baik untuk dapat bertahan sesuai dengan umur panel surya.

Secara pembiayaan, mungkin akan sedikit lebih tinggi. Namun, anda akan yakin bahwa sistem yang terpasang mampu bekerja dengan ideal. Tentu kita tidak mau karena selisih rupiah yang tidak seberapa, kita harus mengorbankan keselamatan ke depannya bukan?

Saran Untuk Menghindari Resiko Bahaya Sistem Panel Surya:

Memilih produk, tentu tidak harus mahal. Namun sesuaikan kebutuhan dengan kualitas. Selalu pastikan produk yang anda beli terjamin kualitasnya. Jangan sungkan untuk bertanya dengan penyedia barang, mengenai garansi dan jaminan kualitasnya. Jika masih tidak cukup yakin, konsultasikan dengan konsultan ahli yang sudah tersertifikasi.

Risk #4: Electrical hazards

Pengaman sangat penting dalam sistem panel surya. Karena pengaman ini, akan memberikan jaminan untuk mengurangi resiko setrum, korsleting dan sebagai alat pencegahan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi, jika anda ingin memahami dan memasang sistem panel surya secara aman.

Saran Untuk Menghindari Resiko Bahaya Sistem Panel Surya:

Jika anda memasang sistem panel surya, pastikan anda memberikan proteksi keamanan yang cukup. Setiap array, harus memiliki pengaman. Sebelum atau setelah masuk panel utama, pastikan ada proteksi keamanan. Pastikan inverter memiliki proteksi Anti-Islanding. Dan jauhkan panel surya dari jangkauan anak-anak, terutama saat siang hari.

Risk #5: Nature cause

Resiko bahaya terakhir adalah dari alam. Sepenuhnya kita tidak mampu mengkontrol resiko ini, namun kita dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Perhatikan kondisi alam apa yang sering terjadi di sekitar kawasan permukiman anda, dan informasikan hal tersebut langsung kepada konsultan atau kontraktor pemasangan. Bahaya akibat alam, sangat jarang terjadi, namun bersiap lebih baik.

Saran Untuk Menghindari Resiko Bahaya Sistem Panel Surya:

Jika area kawasan permukiman anda rawan dengan banjir, pastikan panel surya tidak dipasang di tempat yang rendah dan mungkin terjangkau orang ketika terjadi banjir. Lalu pastikan panel kontrol anda berada di tempat yang aman, jauh dari air.

Jika area kawasan permukiman anda rawan dengan angin kencang, pastikan anda memasang dudukan panel surya secara tepat dan kuat. Pasang rangka yang mampu menahan kecepatan angin maksimal di area anda. Juga, perhatikan bahwa tidak ada objek yang dapat sewaktu-waktu roboh dan menimpa sistem panel surya anda.

Jika area kawasan permukiman anda rawan dengan hujan besar, pastikan anda menggunakan peralatan yang memiliki IP 65 atau IP 67. Sehingga alat-alat yang digunakan aman dan mampu menerima limpahan air yang deras dalam sekali waktu.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/11/2ArcFault.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/11/2ArcFault-300x200.jpgJanalokaDesignaplikasi,BCR,community,design,IDN,Indonesia,janaloka.com,kota,MPPT,net metering,PLTS,produk,renewable energy,schneider,SolarCity,Surya,technologyPemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), bukan tanpa resiko. Sabtu lalu (31/10/15), PLTS 70 kWp di Desa Sei Upih kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan mengalami kebakaran di rumah pembangkitnya. Belum ada laporan resmi dari pihak berwajib, mengenai sebab kebakaran. Namun, patut menjadi perhatian mengenai resiko bahaya sistem panel surya. Sebuah studi...The #1 Solar Energy Crowd