M. Arifin asked 4 bulan ago

saya memakai PLN 1300watt dirumah, kalau memasang panel surya yang cocok yang bagaimana? dan klu mengunakan panel surya 100wp kira2 berapa buah dan grid tie inverter yang type apa? 

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
1 Answers
Janaloka Staff answered 3 bulan ago

Hai Pak Arifin,
Terima kasih telah bertanya, untuk panel surya yang cocok digunakan adalah panel crystalline dengan kapasitas lebih besar dari 200 wp akan lebih baik. Hal ini dikarenakan akan memudahkan anda dalam menghitung kebutuhan inverter grid tie anda.
Jika anda ingin menggunakan panel 100 Wp, juga bisa. Namun perlu anda perhatikan rangkaian seri dan pararelnya untuk menyesuaikan dengan inverter grid tie. Untuk 1300 Wh, kami menyarankan anda untuk memasang di 1000 Wp atau tidak boleh melebihi kapasitas Kwh PLN terpasang. Namun harus anda perhatikan kebutuhan puncak pemakaian listrik anda, jika sehari-hari beban puncak anda dibawah 1000 Wp, maka kami sarankan anda untuk memasang panel tidak lebih dari beban puncak anda. 
Hal tersebut dikarenakan jika ada beban produksi lebih dai panel surya yang tidak dapat anda konsumsi lagi, maka beban lebih ini akan masuk ke listrik PLN dan dianggap “kelebihan” pemakaian dan akan diminta pembayaran seperti layaknya anda mengkonsumsi listrik. Solusinya adalah mengganti tipe Kwh meter anda atau memasang instalasi panel surya dibawah beban puncak.
Jangan ragu untuk menghubungi kami kembali jika ada pertanyaan.
 
Salam,
Janaloka

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
M. ArifinTanya Panel Surya dan Konsultasi di Janaloka › Katagori: Solar Panel › panel surya 0 Tilai Positif Tilai Negatif M. Arifin asked 4 bulan ago .wpmchimpa-reset,.wpmchimpa-reset div,.wpmchimpa-reset span,.wpmchimpa-reset h1,.wpmchimpa-reset h2,.wpmchimpa-reset h3,.wpmchimpa-reset h4,.wpmchimpa-reset h5,.wpmchimpa-reset h6,.wpmchimpa-reset p,.wpmchimpa-reset a,.wpmchimpa-reset img,.wpmchimpa-reset fieldset,.wpmchimpa-reset form,.wpmchimpa-reset label,.wpmchimpa-reset legend,.wpmchimpa-reset table,.wpmchimpa-reset caption,.wpmchimpa-reset tbody,.wpmchimpa-reset tfoot,.wpmchimpa-reset thead,.wpmchimpa-reset tr,.wpmchimpa-reset th,.wpmchimpa-reset td,.wpmchimpa-reset button,.wpmchimpa-reset button:hover,.wpmchimpa-reset button:active,.wpmchimpa-reset button:focus...The #1 Solar Energy Crowd