Energy

Proyeksi Harga Panel Surya di Indonesia Pada 2017

Bagaimana proyeksi harga panel surya di 2017? Apakah akan terjadi penurunan signifikan secara global? Atau harga akan cenderung tetap? Bagaimana Indonesia bersiap untuk ini semua?

Harga Panel Surya di 2016

Pada 2016, harga retail tertinggi panel surya menempati harga Rp 13.000,- hingga Rp. 15.000,- per watt peak untuk panel surya impor yang tidak memiliki syarat sertifikasi Indonesia, seperti TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) lebih besar dari 40%, dengan efisiensi panel surya berada pada kisaran 12% – 14%.

Sedangkan panel surya pabrikan dalam negeri menjual pada kisaran harga Rp. 22.000,- per watt peak untuk harga retail tertinggi.

Harga ini turun dari tahun sebelumnya, 2015, yang berada pada kisaran Rp. 18.000,- untuk panel surya impor dan Rp. 28.000,- untuk panel surya produksi dalam negeri.

Jika dilihat lebih jauh, terutama menjelang akhir tahun 2016, harga panel surya telah mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Hal ini dipengaruhi oleh penurunan harga panel surya pada pasar global. Di Cina, panel surya bahkan menyentuh harga Rp. 6.300,- hingga Rp, 7.000,- per watt peak.

proyeksi harga panel surya di 2017

Proyeksi Harga Panel Surya di 2017

Pada 2017, harga retail tertinggi panel surya diproyeksikan akan mengalami penurunan, walaupun nilainya belum dapat dipastikan. Berkaca pada 2016 dan 2015, juga semakin bertambahnya kebutuhan listrik surya di Indonesia di 2017, maka sangat mungkin harga panel surya akan menembus harga dibawah Rp. 12.000,- untuk panel surya impor dan dibawah Rp. 20.000,- untuk panel surya produksi dalam negeri.

Hambatan untuk pengembangan bisnis panel surya di dalam negeri adalah masih belum cukup luasnya aplikasi sistem panel surya dan belum adanya kebijakan yang jelas mengenai pengaturan penggunaan pembangkit, baik skala kecil atau besar, dari listrik surya.

Sehingga kebutuhan pasar belum dapat berkembang sempurna dan terhambat oleh permintaan pasar dan regulasi itu sendiri. Oleh karena itu untuk mendorong penurunan harga yang signifikan, pemerintah harus dapat menemukan dan menjalankan strategi yang tepat secara cepat dalam aplikasi listrik surya.

Salah satu cara yang mudah adalah dengan mendorong aplikasi listrik surya pada atap (kapasitas pembangkit skala kecil) bersamaan dengan instalasi pembangkit IPP (kapasitas skala besar), untuk mencapai target pembangunan 5 GW produksi listrik tenaga surya pada 2020.

2 Comments

  1. Harga panel surya per Watt tsb apakah harga panel surya sj atau sdh termsk kelengkapannya (controller, junction box, inverter, structure atau dudukan panel). Kalimat atau infonya hrp yg jls shg tdk rancu buat masyarakat cln pembeli atau clb pemakai listrik solar panel.

    Terimakasi.

    Balas
    1. Janaloka Author

      Hai Widiarsa,

      Artikel ini mengulas mengenai harga panel surya per watt peak, seperti yang tertulis di paragraf pertama, bukan sistem panel surya. Sehingga harga yang ditampilkan hanya berbicara panel surya saja, tanpa sistem pendukungnya (seperti controller, mounting, panel kontrol dan lain sebagainya).

      Kerancuan mungkin terjadi karena penggunaan istilah yang belum standar di Indonesia, antara wp dan watt misalnya.

      Terima kasih telah mengunjungi kami, dan jangan lupa untuk berikan komentar pada artikel kami yang lain.

      Regards,
      Ninda

      Balas

Apa komentar anda?

one × two =

Get Amazing Stories

Get great contents delivered straight to your inbox everyday, just a click away, Sign Up Now
Alamat Email
Secure and Spam free...