Proinso & SEI Menerima Penghargaan dari Solar Power Portal
Highlight

Proinso & SEI Menerima Penghargaan dari Solar Power Portal

Proinso dan PT Surya Energi Indotama (SEI), salah satu anak perusahaan PT Len Industri, mendapatkan penghargaan Solar Power Portal Award 2018 untuk kategori Community Solar Installation of The Year 2018 di Hilton Metropole NEC, Birmingham, United Kingdom (17/10/18).

Penghargaan ini terkait proyek pengembangan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 492 kWp di Sumba Timur.

Sebelumnya, SEI telah menyelesaikan proyek ini pada Maret 2018 (dimulai pada September 2017).

PLTS dalam lintasan jaringan

Seperti dilansir media berita LEN, PLTS tersebut akan melistriki 909 rumah di area-area terpencil di lintasan sepanjang 48 Km menggunakan tiang-tiang yang dapat membangkitkan listrik menggunakan panel surya yang dipasang di atasnya. Sehingga tidak lagi diperlukan lahan yang luas seperti halnya pada PLTS konvensional.

Terdapat 11 sistem yang dibangun di lima desa, yaitu Tawui, Lailunggi, Praimadita, Tandula Jangga, dan Praiwitu.

Proyek ini merupakan bagian dari program The Renewable Energy Grant for Community yang bertujuan memfasilitasi warga lokal di daerah terpencil yang tidak memiliki akses listrik. Nantinya, fasilitas ini akan dimiliki, dikelola, dan dipelihara oleh warga desa melalui BUMDes.

Warga desa, melalui BUMDes, menjadi pemilik saham mayoritas (51%) dari fasilitas tersebut.

Program ini merupakan bantuan yang didanai oleh Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia). MCA-Indonesia merupakan institusi pengelola hibah yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia sesuai dengan perjanjian Compact Hibah.

Anekatek Consortium selaku penerima hibah dan yang berkewajiban merealisasikan pembangunan PLTS di Sumba Timur terdiri dari: PT Anekatek Consultants menangani desain dan pengawasan, PT Castlerock Consulting menangani bidang non-konstruksi dan PT Surya Energi Indotama menangani pengadaan dan pelaksanaan.

Penghargaan dari Solar Power Portal

Penghargaan solar power portal sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh media informasi energi surya Solar Power Portal yang berbasis di Inggris.

Penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi terhadap pelaku energi surya yang dapat berkontribusi di bidang energi terbarukan.

Kurang lebih total 72 pelaku energi surya, baik perusahaan, merek, ataupun proyek, yang masuk dalam daftar calon penerima penghargaan. Ada 16 kategori yang diberikan penghargaan pada ajang 2018 ini.

Apa komentar anda?

two + twenty =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia