Application

Program Surya Pemerintah : PLTS SHS

PLTS SHS adalah salah satu program surya pemerintah Indonesia yang banyak diterapkan di masyarakat. Program ini merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Home System, sebuah program mini pembangkit yang menggunakan energi surya.

Sejarah singkat PLTS SHS

Jika ditelusuri, PLTS SHS sudah diterapkan di Indonesia semenjak tahun 1980an sebagai pilot project dan terus berkembang penggunaannya hingga sekarang. Aplikasi ini mulai dikenal luas pada awal tahun 2000, sejalan dengan mulai banyaknya tender pemerintah yang menggunakan program paket kecil ini sebagai paket pekerjaan.

Belum ada data resmi terkait jumlah populasi program surya pemerintah ini. Namun, jika diasumsikan terdapat lebih dari ratusan ribu unit yang terpasang di banyak lokasi di Indonesia. Asumsi ini didapat dari penyelenggaraan tender PLTS oleh pemerintah daerah dan pusat setiap tahunnya, yang pasti mengikutsertakan paket PLTS SHS.

Program Surya Pemerintah PLTS SHS

Program Surya Pemerintah yang menjadi idola

PLTS SHS adalah mini pembangkit yang dapat terpasang di masing-masing rumah secara mandiri. Program ini merupakan salah satu aplikasi dari sistem Off Grid, dimana ciri utama adalah tanpa koneksi dengan jaringan listrik PLN dan penggunaan baterai sebagai sumber daya mandiri.

PLTS SHS memiliki sistem kerja yang sangat sederhana. Panel surya diletakkan di posisi yang dapat menangkap cahaya matahari langsung, kemudian dihubungkan dengan kabel ke sistem kontrol, yang berfungsi mengatur charge dan discharge energi listrik, dan terhubung dengan baterai. Beban akan menggunakan listrik dari baterai dalam jangka waktu tertentu, sesuai kapasitas.

Beban yang digunakan dapat bervariasi, namun sebagian besar penggunaan aplikasi PLTS SHS ini adalah untuk lampu penerangan. Lampu yang dipilih adalah lampu LED dengan daya 3 – 5 watt. Kapasitas lampu ini dipilih karena kecil dengan daya terang yang cukup, sehingga jangka waktu pemakaian per hari dapat lebih panjang.

Untuk penggunaan aplikasi khusus, seperti untuk catu daya telepon genggam, laptop, televisi atau radio, PLTS SHS dapat menggunakan inverter untuk merubah daya DC ke AC. Aplikasi khusus ini akan membutuhkan kapasitas sistem pembangkit yang lebih besar.

Konsultasikan kebutuhan anda kepada kami: disini!

PLTS SHS menjadi idola, karena program surya pemerintah ini memiliki dimensi dan berat yang cukup kecil, mudah dalam pendistribusian ke pelosok, minim perawatan dan pembiayaan yang relatif murah dengan hasil penggunaan maksimal.

Kedepannya, dengan luasan dan banyaknya pulau di Indonesia, program ini tetap akan banyak digunakan pemerintah untuk mendorong rasio elektrifikasi di daerah-daerah yang sulit akses listrik. Terlebih dengan pengembangan teknologi sistem panel surya yang semakin maju dan biaya investasi mini pembangkit ini yang semakin murah.

Apa komentar anda?

2 × 2 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia