Invention

Prof. Andrés Cuevas Penerima Becquerel Prize 2015

Prof. Andrés Cuevas merupakan Penerima Becquerel Prize 2015. Awalnya, ia mendapatkan gelar PhD dari Universidad Politecnica de Madrid pada tahun 1980, di mana ia kemudian menjadi Associate Professor. Lalu ia bergabung dengan Stanford University sebagai Fulbright Fellow, sebuah program beasiswa untuk riset dan kuliah, pada 1988-1989. Setelah selesai, sejak tahun 1993 ia bergabung dengan The Australian National University (ANU), sebagai Profesor Teknik.

Selama periode 2007 – 2010, ia adalah Kepala Sekolah Teknik ANU dan kemudian pada 2013 – 2014, ia menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi ANU. Penelitian yang yang menarik minatnya saat ini meliputi pemodelan teoritis sel surya, karakterisasi sifat-sifat dasar silikon, peningkatan permukaan silikon menggunakan lapisan film tipis, dan pengembangan sel surya canggih dan teknologi fabrikasi baru.

Penerima Becquerel Prize 2015
Sumber: https://www.engineersaustralia[.]org.au

Penerima Becquerel Prize 2015

Prof. Andrés Cuevas, sebagaimana dikutip dari laman Becquerel Prize, menerima penghargaan untuk menghormati prestasi ilmiahnya dalam pengembangan dan karakterisasi sel surya silikon. Keputusan Komite Becquerel didasarkan pada karya yang luar biasa dari Prof. Cuevas untuk desain dan pengolahan sel surya, karakterisasi material dasar sel surya, dan pemodelan konversi energi fotovoltaik.

Prof. Cuevas adalah salah satu pelopor dalam pengembangan sel surya silikon bifacial, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan efisiensi tinggi sel surya silikon. Dia membuat kontribusi yang sangat besar untuk menentukan dan memodelkan sifat yang paling penting dari sel surya silikon, termasuk Auger rekombinasi, karakterisasi cacat massal, sifat emitor, dan karakterisasi rinci berbagai jenis pasivasi permukaan.

Pemahamannya untuk ilmu fisika dari sel surya telah membuat dia menjadi salah satu ilmuwan kunci pada bidang ini. Dengan keterlibatan dan presentasi yang luar biasa tersebut, Prof. Cuevas telah mengilhami generasi mahasiswa dan ilmuwan muda untuk terus berkarya dan berinovasi.

Karya lain Prof. Andrés Cuevas

Karya lain dari Prof. Andrés Cuevas meliputi dari kejaran batas mendasar untuk massal dan permukaan rekombinasi dalam silikon kristal untuk pengembangan struktur perangkat canggih dan masih banyak lagi. Ia telah menerbitkan lebih dari 350 makalah pada topik tersebut.

Penelitiannya saat ini memfokuskan pada carrier-selektif, kontak diri pasivator untuk generasi baru kinerja tinggi sel surya silikon. Pada tahun 2014 ia diangkat menjadi anggota dari IEEE untuk kontribusi untuk ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi sel surya silikon.

Tentang Alexandre Edmond Becquerel Prize

The Alexandre Edmond Becquerel Prize didirikan pada tahun 1989 oleh Komisi Eropa pada ulang tahun ke 150 dari eksperimen klasik Becquerel, di mana ia menemukan efek fotovoltaik. Tujuan penghargaan ini adalah untuk menghormati penemu ilmiah, teknisi atau pemberi manfaat lainnya dalam pengembangan energi surya fotovoltaik.

Pemberian penghargaan ini, walau dilakukan oleh komunitas Eropa, tetapi tidak terbatas secara eksklusif untuk warga Eropa. Hadiah diberikan secara berkala untuk satu individu di seluruh dunia yang telah memberikan kontribusi besar untuk pengembangan fotovoltaik. Hadiah tidak dapat dibagi atau diberikan kepada lembaga atau tim.

Hingga saat ini, sudah terdapat 23 Individu luar biasa yang menerima penghargaan ini. salah satu diantaranya adalah Prof. Masafumi Yamaguchi, ilmuwan fotovoltaik non-Eropa pertama yang menerima penghargaan ini. Dia mendapatkan penghargaan ini untuk penelitian “superior radiation-resistance of InP-related materials and solar cells and his group contributed to development of high-efficiency III-V compound multi-junction, concentrator and space solar cells“.

Apa komentar anda?

sixteen − thirteen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia