Invention

Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer

Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer bisa merevolusi penggunaan Panel Surya! Saat ini biaya pembuatan panel surya masih cukup tinggi dan diperlukan juga lahan yang luas untuk mendapatkan listrik yang cukup besar. Karena itulah, penggunaan panel surya sebagai sumber listrik belum diterima luas. Padahal, energi dari sinar surya ada setiap hari dengan bebas dan gratis.

Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer

Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer

Cetak 3D adalah proses dimana printer dengan menggunakan file digital membuat sebuah objek nyata dengan menggunakan lapisan bahan seperti silikon, resin atau plastik. Cara kerjanya sama dengan printer pada umumnya, namun printer 3D menghasilkan objek yang memiliki dimensi.

Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer dapat menghemat cukup banyak biaya, terutama untuk biaya materaial dan pengiriman. Panel surya yang diproduksi dengan printer 3D ini juga diklaim mampu menangkap hingga 20 persen lebih banyak sinar matahari dari panel surya tradisional.

Penggunaan sel surya pada printer 3D menjadi lebih efisien karena material tembaga, indium, dan gallium selenide diproduksi secara bersamaan, sehingga lebih efisien dari jumlah. Hal ini juga mempengaruhi berat panel secara signifikan.

Inovasi solusi untuk panel surya lebih efisien

Biaya produksi, diklaim, bisa turun sebanyak 50% dengan menggunakan printer 3D. Hal ini akan menjadi keuntungan besar kepada konsumen dan laba atas investasi akan terus menjadi lebih baik. Pada akhirnya inovasi Produksi Panel Surya Dengan 3D Printer dapat mendorong semakin banyak orang untuk menggunakan energi matahari dan beralih dari bahan bakar fosil.

Selanjutnya, panel surya dapat dnegan mudah diintegrasikan dengan objek lainnya, seperti atap, kaca jendela dan bahkan untuk pakaian atau casing telepon genggam.

Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menemukan cara untuk mencetak sel-sel surya di atas kertas dan kain. Para peneliti Australia dari CSIRO, bekerja sama dengan kampus di Melbourne dan Monash menemukan teknologi supaya panel surya bisa dicetak dengan printer. Mereka sudah mengembangkan sel surya yang bisa dicetak di plastik sejak 2007.

Sementara itu, Joshua Pearce, Seorang profesor di Michigan Technological University, juga telah mengembangkan printer 3D untuk produksi panel surya dan membagikan teknologi ini secara gratis untuk dapat dikembangkan lebih jauh. Printer ini sudah diaplikasi kan di Haiti.

Apa komentar anda?

three × two =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia