Goods Startup

Pohon Surya-Solusi Bersih Pemanfaatan Energi

Aplikasi sistem solar panel berkembang dengan pesat dan menjangkau pada ide-ide yang sangat inovatif. Salah satunya adalah Pohon Surya, mungkin lebih tepatnya Pohon “bertenaga” surya. Sesuai dengan namanya, pohon surya dikembangkan untuk menjadi ide solusi pemanfaatan energi terbarukan pada ruang-ruang publik, disamping bentuknya yang artisitik dan fungsional.

Solusi pemanfaatan energi terbarukan di ruang publik

Taman, sebagai jantung kota, jelas harus memiliki tanaman sebagai daya tarik utama. Karena dengan tanaman, taman dapat menjadi pusat aktivitas dan tempat menyegarkan tubuh setelah seharian melakukan rutinitas. Ini tidak terlepas dari fungsi tanaman yang membantu mengurai polusi udara dan suara di tengah padatnya aktivitas kota.

Lalu, apa yang terjadi jika situasi taman dapat dimaksimalkan dengan penggunaan aplikasi sistem tenaga surya yang memanfaatkan desain artistik pohon artifisial untuk menyediakan layanan publik?

pohon surya
Aplikasi pohon surya eTree di Paris, Perancis

 

Sekarang ini, banyak ide penggunaan “pohon surya”, yang mampu menjadi sumber listrik untuk pengeras suara, layar informasi, pengolah air minum, WiFi, isi ulang telepon genggam, hingga penerangan malam hari di taman. Seperti yang dilakukan eTree, sebuah produk yang dibuat oleh startup asal Israel, Sologic, Energy Tree Bristol, dan iPrune.

Pohon Surya – eTree

Pohon surya ini didesain oleh Sologic sebagai cara untuk meningkatkan edukasi dan pengalaman penggunaan produk yang ramah lingkungan pada kegiatan sehari-hari. Produk ini sangat mudah diakses, karena berada pada ruang publik, dan aman bagi anak-anak.

eTree dilengkapi dengan tempat pengisian telepon genggam, air minum, WiFi dan lampu penerangan. eTree juga dilengkapi dengan GPS dan kemampuan untuk berkomunikasi antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Untuk perawatan, pohon surya ini tidak memerlukan perawatan yang rutin. hanya cukup membersihkan panel surya setiap satu tahun sekali dan melakukan pengecekan pada baterai yang digunakan, karena masih menggunakan tipe baterai Lead Acid – maintenance free.

Inovasi pohon surya Bristol

Demand Energy Equality, Perusahaan insiator Project Energy Tree (2015), mengungkapkan pohon yang terbuat dari besi dengan 36 lempengan panel surya sebagai daunnya akan dibuat di Lapangan Millennium, Bristol. Fungsi yang terdapat pada pohon surya ini adalah tempat untuk mengisi baterai ponsel dan wi-fi gratis.

Pohon surya ini selesai dikerjakan dan diluncurkan pada 21 April 2015. Tujuan pembuatannya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu energi. Pohon bertenaga surya ini ditanam di antara semak-semak taman sebagai bagian dari proyek Kota Hijau Bristol 2015.

iPrune – pohon surya berbentuk bonsai

Sedikit berbeda dengan tipe pohon surya diatas dalam ukuran, namun iPrune memiliki kemampuan yang sama. Didesain oleh Vivien Muller, aplikasi pohon surya ini dapat difungsikan sebagai tempat pengisian daya baterai telepon genggam. dengan mengusung konsep bonsai, pohon-pohon yang ditanam dalam pot miniatur, aplikasi ini menggunakan daun “solar panel” sebagai sumber daya utama.

Aplikasi pohon Surya di Indonesia

Aplikasi pohon surya, sudah dilakukan pada 2010 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya, Jawa Timur, dengan daya 4,8 kWp. Kita patut berbangga bahwa untuk inovasi penggunaan sistem solar panel, Indonesia ternyata sudah cukup maju.

Namun, kedepannya inovasi aplikasi pohon surya patut dikembangkan secara lebih luas, terutama untuk taman-taman kota, seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya. Inovasi ini dapat dilakukan dengan kerjasama antara pemerintah, penyedia sistem solar panel, perusahaan telekomunikasi dan perusahaan penyedia jasa. Karena, jika saja pohon surya bisa “ditanam” di banyak lokasi, selain membantu pemerintah dalam menyambungkan internet ke semua daerah di Indonesia, juga menjadi salah satu cara mengenalkan energi terbarukan secara lebih luas ke masyarakat.

 

Apa komentar anda?

2 × 1 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia