Sebuah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 40 megawatt, di provinsi Anhui Selatan Cina, akhirnya mulai beroperasi dan menghasilkan energi listrik bersih. Uniknya PLTS ini merupakan PLTS terapung terbesar di Dunia. PLTS ini lebih besar dari PLTS terapung yang ada di Australia dan India.

Kota Huainan dikenal dengan tanahnya yang kaya akan batu bara, sehingga banyak tambang yang beroperasi disana. Namun beberapa diantaranya sudah tidak beroperasi, dan meninggalkan cekungan besar di atas tanah.

PLTS Terapung untuk memafaatkan ruang tak terpakai

Cekungan ini, lama kelamaan terisi dengan air hujan, dan pada masa-masa tertentu air dapat mencapai ketinggian hingga sepuluh meter. Air yang tertampung ini, juga kurang dapat dimanfaatkan karena kandungan mineral yang ada dalam air cukup tinggi.

Menindaklanjuti hal ini, maka pemerintah Cina akhirnya memutuskan memanfaatkan lahan tidak terpakai ini menjadi areal PLTS 40 MWp.

“PLTS ini tidak hanya memanfaatkan sepenuhnya kawasan ini, karena mengurangi permintaan (penggunaan) lahan (untuk areal PLTS), tapi juga meningkatkan regenerasi tanah karena efek pendinginan permukaan,” jelas juru bicara pemerintah daerah.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Cina mungkin salah satu negara yang paling berpolusi di planet ini, namun pemerintah Cina sendiri telah banyak berinvestasi dalam inisiatif energi hijau untuk mengimbangi reputasi tersebut. Sekarang Huainan adalah rumah bagi PLTS terapung terbesar di dunia, kemungkinan akan menjadi pemimpin dalam produksi energi terbarukan.

Dukungan aplikasi sistem energi surya oleh Sungrow

PLTS ini dibangun menggunakan solusi sistem dari Sungrow. Sistem sentral inverter Sungrow SG2500-MV yang digunakan di PLTS ini mengintegrasikan inverter, transformator dan switchgear.

Sementara untuk kontrol, Sungrow telah menyediakan desain sedemikian rupa, sehingga pusat kontrol tersebut dapat juga terapung mengikuti pembangkit listrik tenaga surya. Sekaligus bekerja dalam lingkungan dengan tingkat kelembaban dan kadar garam yang tinggi.

Sungrow adalah salah satu pemasok sistem inverter PV terbesar di dunia dengan lebih dari 31 gigawatt terpasang di seluruh dunia pada Desember 2016. Didirikan pada tahun 1997 oleh Profesor Profesor Renxian Cao, Sungrow adalah pemimpin global dalam penelitian dan pengembangan inverter surya.

Sungrow telah mendirikan 16 anak perusahaan di seluruh dunia yang berada di seluruh Amerika, APAC, Timur Tengah, Eropa dan Afrika, mempertahankan pangsa pasar lebih dari 20% di Jerman dan 10% di dunia.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/05/PLTS-terapung.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/05/PLTS-terapung-300x225.jpgJanalokaDesignbaterai,business,community,development,Financing,janaloka.com,kota,Listrik desa,net metering,OFF GRID,Panel surya,solar system,startup,technology,urban planningSebuah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 40 megawatt, di provinsi Anhui Selatan Cina, akhirnya mulai beroperasi dan menghasilkan energi listrik bersih. Uniknya PLTS ini merupakan PLTS terapung terbesar di Dunia. PLTS ini lebih besar dari PLTS terapung yang ada di Australia dan India. Kota Huainan dikenal dengan tanahnya yang...The #1 Solar Energy Crowd