Kategori
Application

PLTS di Bangli dan Karangasem Tidak Berfungsi Optimal

PLN, sebagaimana dikutip dari Bisnis, menyatakan tidak dapat menampung listrik yang dihasilkan oleh dua pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kabupaten Bangli dan Karangasem, karena PLTS tersebut hanya mampu memproduksi listrik sebesar 80 Kwh ( 0,08%) dari target masing-masing 1 MWp.

PLTS Percontohan Terbesar Pertama di Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Karangasem 1 MWp On-Grid dan PLTS Bangli 1 MWpOn-Grid diresmikan oleh Jero Wacik pada Februari 2013 silam. Lokasi PLTS berada Desa Kayubihi, Bangli, dan di Desa Kubu, Kabupaten Karangasem.

Iklan

PLTS ini merupakan salah satu program kementerian ESDM saat itu, dan dipasang oleh salah satu anak perusahaan plat merah produsen PLTS pada 2012. Proyek pembangunan PLTS ini merupakan yang pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar hingga 2015, dan juga merupakan proyek percontohan bagi seluruh provinsi yang ada di Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan energi listrik di daerahnya dengan menggunakan bahan bakar non-BBM.

PLTS di Bangli dan Karangasem Tidak Berfungsi Optimal
PLTS Kayuhibi Bangli – Panoramio[.]com

PLTS di Bangli dan Karangasem Tidak Berfungsi Optimal

Direktur Bisnis Regional Jawa Bali PT PLN Amin Subekti menyatakan hasil dari kunjungan ke dua lokasi pembangkit, ternyata banyak komponen PLTS yang rusak dan tidak terawat. PLTS di Bangli dan Karangasem Tidak Berfungsi Optimal dikarenakan kurang baiknya manajemen pengelolaan PLTS setelah terpasang dan berfungsi.

Harapannya PLTS ini akan dibeli dayanya oleh PLN, sebagai salah satu sumber daya energi listrik alternatif untuk memasok kebutuhan listrik bagi daerah Bali dan sekitarnya. Namun belum adanya skema yang jelas mengenai operasional, perawatan dan penjualan daya, setelah PLTS terpasang menjadikan program ini tidak optimal.

Idealnya, program yang dilakukan pusat akan diserahterimakan dengan pengelola di lokal, dalam hal ini pemerintah daerah yang bersangkutan, sehingga dapat dibentuk kelembagaan yang bertanggung jawab terhadap fungsi dan operasional sistem.

Iklan

Pelajaran Bersama Untuk Kemajuan Bangsa

Tidak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki sumber daya matahari yang luasr biasa. Banyak alasan untuk menggunakan panel surya menjadi salah satu sumber utama energi listrik. Solusi penyediaan PLTS di Kabupaten Bangli dan Karangasem, patut diapresiasi.

Selain karena dapat mendukung aktivitas lokal, juga karena sebagai salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam mengaplikasikan energi terbarukan. Walau memang banyak rintangan, namun dengan koordinasi yang baik antar PLN, Kementerian ESDM, Konsultan perencana, Kontraktor pelaksana, Pengawas, dan bahkan pemerintah daerah dan kelembagaan lokal, maka fungsi utama PLTS – sebagai pemasok kebutuhan listrik – dapat terpenuhi dengan baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − fifteen =