Kategori
Invention

Perovskite, Si Kecil Cabe Rawit Jadi Kekuatan Baru Panel Surya

Peneliti menemukan kombinasi unsur perovskite dengan silikon dapat meningkatkan efektivitas panel surya hingga 27% bahkan 40%, tertarik?

Janaloka.com – Tahukah kamu bahan apa yang ada dalam panel surya kamu? Panel surya tersusun dari lapisan silikon, metal, lapisan anti reflektif, dan strip konduktor metal. Lapisan-lapisan inilah yang berjasa menghasilkan listrik agar bisa kamu nikmati di rumah. Namun peneliti menemukan sebuah unsur baru yang unik dan bisa meningkatkan efektivitas panel surya hingga 27% bahkan 40% lho! Bahan tersebut bernama perovskite.

Perovskite, kekuatan baru panel surya

Perovskite atau kalsium titanium oksida adalah mineral superkonduktor. Ini berarti perovskite memiliki sifat penyerapan listrik yang sangat baik.

Iklan

Awalnya, banyak yang skeptis dengan penggunaan perovskite yang hanya meningkatkan efektivitas penyerapan hingga 3% saja. Namun dalam waktu kurang lebih 10 tahun, penelitian menunjukkan adanya peningkatan hingga lebih dari 24%, lho! Menarik bukan?

Panel surya perovskite terdiri dari kombinasi unsur iodin dan bromin. Baru-baru ini peneliti juga menambahkan 3 unsur halida untuk menambah stabilitasnya.

Sayangnya, perovskite masih memiliki beberapa kelemahan sebelum bisa diaplikasikan secara luas

Perovskite memiliki kelemahan terutama dibanding dengan silikon. Yang pertama adalah perovskite tidak tahan dengan kelembaban. Tentu ini menjadi masalah di negara dengan tingkat kelembaban tinggi seperti Indonesia, contohnya. Selain itu perovskite tidak bisa menerima cahaya dengan jangka waktu lama dan tidak tahan suhu tinggi.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa perovskite memang superkonduktor tapi bahan itu sendiri kurang bisa bertahan untuk menjadi panel surya.

Iklan

Lalu bagaimana ya?

Dengan mengkombinasikan perovskite dan silikon, efektivitas bisa meningkat jauh!

Peneliti tidak berhenti di situ. Dengan mengkombinasikan perovskite dan silikon, maka bisa didapat daya tahan silikon yang bagus dengan efisiensi super dari perovskite.

Umumnya, silikon hanya memiliki efisiensi penyerapan sebesar 21% dengan maksimum potensi penyerapan sebesar 29,1%. Bagaimana saat digabungkan dengan perovskite?

Panel surya kombinasi perovskite dengan silikon terbukti mencapai efisiensi penyerapan hingga 27%! Bahkan dengan susunan tertentu bisa mencapai maksimum potensi penyerapan sebesar 40%.

Kombinasi perovskite dan silikon juga bisa menekan biaya, lho!

Dengan biaya yang sama saat menginstal panel surya silikon, kamu mendapat listrik yang jauh lebih besar. Siapa yang tidak mau, ya kan? Bahkan tidak memungkinkan untuk menjadi alternatif panel surya yang lebih murah dibanding saat  ini. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan, ya! (Is/)

Iklan
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =