Data terbaru, dari hasil pemantauan industri tenaga surya yang dikeluarkan oleh GTM Research, menghembuskan angin segar untuk para pelaku industri tenaga surya tingkat global. Data tersebut tersebut melaporkan bahwa tender pengadaan PV surya saat ini sudah mencapai total kapasitas 17.4 GW, diprediksi akan mencapai 9.6 GW pada quarter ketiga, dan diharapkan Permintaan Tenaga Surya Global 2017 Mencapai 80 GW untuk pertama kalinya – meski pada tahun ini masih mencatatkan pertumbuhan yang lebih kecil dari yang sebelumnya.

GTM Research mempublikasikan Global Solar Demand Monitor selasa pekan lalu, yang merincikan tren pasar global untuk quarter kedua dan memprediksikan tren pasar untuk masa yang akan datang. Sangat sulit utuk mengkerucutkan hasil laporan penelitian tersebut ke dalam satu bahasan yang spesifik, mengingat banyak ditemukan tren yang berbeda dan mengejutkan dalam industri tenaga surya.

Permintaan Tenaga Surya Global 2017 Mencapai 80 GW

GTM menekankan fakta terbaru bahwa kini Eropa menempati peringkat pertama sebagai wilayah dengan jumlah tender pengadaan PV surya terbanyak, dengan total 8.1 gigawatt (GW). GTM juga mencatatkan total kapasias tender lelang pengadaan PV surya lintas global yang sudah dikonfirmasi mencapai 17.4 GW dan 9.6 GW diantaranya akan diselenggarakan pada quarter ketiga.

Dengan laporan ini dapat disimpulkan bahwa Permintaan Tenaga Surya Global 2017 Mencapai 80 GW untuk pertama kalinya, meskipun faktanya angka pertumbuhan tahun ini cenderung turun (hanya 4%) dibandingkan dengan tahun 2016 yang mencapai 55%.

Permintaan Tenaga Surya Global 2017 Mencapai 80 GW, cenderung  turun (hanya 4%) dibandingkan dengan tahun 2016 yang mencapai 55%.

Dalam laporan yang lebih spesifik lagi untuk tender PV surya yang sudah terkonfirmasi, GTM Research mencatatkan proyek 17.4 GW akan dimulai pada quarter kedua 2017 hingga akhir 2019. Eropa memimpin dengan jumlah kapasitas tertinggi sebanyak 8.1 GW, lalu diikuti Asia Selatan (India) dengan kapasitas 3 GW, dan MENAT (Timur Tengah, Afrika Utara, Turki) sebanyak 2.6 GW. Perlu dicatat pula bahwa tender terkonfirmasi sebanyak 5.3 GW yang dipantau GTM Research ditujukan untuk lelang teknologi netral dimana tenaga surya akan bersaing dengan sumber energi terbarukan lainnya.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

Eropa memimpin dengan jumlah kapasitas tertinggi sebanyak 8.1 GW, lalu diikuti Asia Selatan (India) dengan kapasitas 3 GW, dan MENAT (Timur Tengah, Afrika Utara, Turki) sebanyak 2.6 GW. Perlu dicatat pula bahwa tender terkonfirmasi sebanyak 5.3 GW yang dipantau GTM Research ditujukan untuk lelang teknologi netral dimana tenaga surya akan bersaing dengan sumber energi terbarukan lainnya.

Timing and Award Volume of Confirmed Solar PV Tenders

Lebih lanjut lagi, GTM Research memprediksikan bahwa kesinmabungan tender PV surya hanya akan tumbuh seiring berjalannya waktu, dengan negara-negara seperti Algeria, Jepang, dan Italia yang saat ini dalam proses persiapan tender untuk proyek lelang berkapasitas skala utilitas, sementara proyek PV surya di India biasanya membeikan konfirmasi singkat sebelum penawaran dikumpulkan. Artinya untuk jangka panjang belum tentu angka tersebut stabil, karena dapat berubah sesuai dengan pemerolehan momentum.

Permintaan global akan melihat China memimpin dengan kapasitasnya yang meningkat menjadi 30 GW. Tim penyusun laporan GTM Research menyebutnya mendemonstrasikan “ketergantungan perindustrian terhadap permintaan kebijakan China yang buram.”


Amerika Serikat, meskipun mengalami pertumbuhan 97% pada 2016, akan menerima kontrak permintaan lebih dari 16% sebelum memperbarui pipa skala utilitas, sementara di India, tender 30 GW dengan pengurangan biaya akan memacu peningkatan permintaan PV surya sebanyak 90% tahun ini.

Melihat data dan laporan tersebut, GTM memprediksikan permintaan PV surya skala global akan mencapai 112.5 GW pada tahun 2022, dengan perkiraan kumulatif 570 GW sepanjang 2017 hingga 2022 dengan tingkat pertumbuhan gabungan pertahun 6.7%, menjadikan pemasangan PV surya global naik hingga 871 GW. Secara spesifik, GTM memprediksikan hingga akhir 2017 akan diinstal 81.1 GW PV surya, naik dari angka tahun lalu yang mencapai 77.8 GW.

Permintaan baru di Asia timur

Permintaan yang masih lambat di Asia Timur akan bergerak cepat dengan angka pertumbuhan yang kuat di pasar yang baru tumbuh. China masih akan menjadi pasar global terbesar dengan margin yang signifikan, namun market share-nya akan berkurang seiring dengan pasar yang didorong tender meningkatkan pertumbuhan di luar wilayah tradisional.

Secara spesifik, wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, Amerika Latin, dan Asia Tenggara diharapkan membuat pergerakan untuk tahun-tahun ke depan. Terutamanya, GTM menggarisbawahi lelang yang kompetitif di masa mendatang akan terjadi di Arab Saudi, Malaysia, dan Zambia, sebagai dampak mulai diperhitungkannya potensi tenaga surya untuk jangka panjang di pasar yang sedang tumbuh ini.

Sementara itu, kembali lagi ke wilayah-wilayah besar, Perancis, Belanda, dan Irlandia diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan di Eropa, peningkatan juga akan disokong oleh pasar Eropa yang baru terbangun seperti Jerman, Inggris, dan Italia.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/07/laporan-industri-energi-surya-janaloka.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/07/laporan-industri-energi-surya-janaloka-300x200.jpgRamdhani Bangun SaputraReportSolaraplikasi,business,community,design,development,energi surya,Financing,global demand,Panel surya,panel surya murah,PLTS,produk,renewable energy,sel surya,solar panel,solar system,startup,technology,teknologiData terbaru, dari hasil pemantauan industri tenaga surya yang dikeluarkan oleh GTM Research, menghembuskan angin segar untuk para pelaku industri tenaga surya tingkat global. Data tersebut tersebut melaporkan bahwa tender pengadaan PV surya saat ini sudah mencapai total kapasitas 17.4 GW, diprediksi akan mencapai 9.6 GW pada quarter ketiga,...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: