Perhatikan 5 Hal Berikut, Sebelum Memasang Pembangkit Surya
Solar

Perhatikan 5 Hal Berikut, Sebelum Memasang Pembangkit Surya

Untuk dapat memasang pembangkit surya, sebagai energi bersih (Clean Energy), secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas pembangkit listrik tenaga surya. Maka kita harus dapat mengetahui produk dan jasa komponen pembangkit listrik tenaga surya secara lengkap.

Ada banyak solusi yang dapat membantu pengguna untuk merencanakan, memasang atau memonitor sistem pembangkit mereka.

Walaupun di Indonesia, belum banyak penyedia produk dan jasa untuk swasta, namun tidak ada salahnya kita baca lima poin utama yang harus diperhatikan dalam memasang pembangkit surya di rumah.

Hilangkan Daya kotor

Seringkali, penyedia ataupun pengguna tidak menyadari bahwa penggunaan tenaga surya, tidak “sebersih” yang diharapkan. Energi surya sebagai energi terbarukan adalah tidak dapat dipungkiri, namun terkadang dalam proses produksi energi, sistem tenaga surya dapat menghasilkan polusi melalui inverter yang digunakan.

Listrik rumah tangga secara umum memnggunakan arus bolak-balik (AC) listrik, namun listrik sistem pembangkit surya menggunakan arus searah (DC). Untuk dapat digunakan pengguna dalam arus AC, sistem pembangkit tenaga surya menggunakan inverter yang berfungsi merubah arus DC menjadi AC. Sehingga listrik yang dihasilkan sistem pembangkit surya dapat digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga, seperti TV, komputer, dan Vacuums.

Pada inverter DC sistem pembangkit surya, dalam proses konversi arus DC ke AC, beberapa energi hilang sebagai panas. Semakin panas sebuah inverter saat digunakan, maka rendah efisiensinya. Proses ini sering menciptakan lonjakan-nano yang dapat merusak peralatan elektronik yang sensitif, terutama jika lebih tinggi dari standar tingkat distorsi harmonik (THD) yang disyaratkan. Listrik dengan tingkat THD yang tinggi adalah listrik dengan daya yang kotor.

Oleh karena itu pengguna harus benar jeli dalam memilih inverter yang digunakan dalam memasang pembangkit surya. Pastikan produk yang digunakan memiliki THD < 5%. Jika perlu minta penyedia produk membuktikan THD nya dan minta jaminan THD kurang dari 5%

Penghemat Energi Tambahan

Pengguna dapat mengetahui keberhasilan sistem pembangkit surya melalui penghematan energi dan tagihan listrik yang lebih rendah. Oleh karena itu pengguna akan mencari solusi tambahan lainnya untuk melakukan efisiensi tersebut, salah satunya dengan menggunakan alat penghemat listrik.

Alat ini dapat membantu sistem bekerja secara lebih optimal. Alat ini dapat meningkatkan kualitas daya dan kualitas phasa, dengan mengurangi Ampp yang dibutuhkan untuk menjalankan peralatan listrik rumah. Dipasang di MCB, alat ini dapat mengurangi EMFs hingga 99% dan THD hingga 98% tergantung pada sistem. Mengurangi EMFs dan THD secara signifikan dapat meningkatkan konversi arus DC ke AC dan mengurangi energi yang hilang sebagai panas.

Umur Peralatan yang Panjang

Dengan memberikan jaminan kualitas saat memasang pembangkit surya, pengguna akan mendapatkan jaminan masa umur pakai peralatan yang lebih tinggi. Jika selama ini dengan penggunaan daya dari Grid utama sering turun-naik dan mati. Maka dengan adanya sistem pambangkit surya, pengguna mendapatkan sumber alternatif baru yang dapat menjamin pasokan listrik.

Hal ini, salah satunya, dapat disediakan dengan penggunaan baterai, sebagai cadangan daya dan penjamin stabilitas koneksi daya listrik. Penggunaan baterai memang akan menambah nilai investasi, namun jika dibandingkan dengan biaya keseluruhan yang dapat diefisienkan. Penggunaan baterai menjadi sesuatu yang “murah”.

ROI Tinggi Dalam Memasang Pembangkit Surya

Return of investment yang lebih cepat, dapat menjadi salah satu penarik perhatian pengguna. Di Indonesia, memang belum banyak kita ketahui penggunaan energi surya sebagai sumber listrik utama kedua di rumah. Namun di negara-negara barat, seperti Amerika dan Eropa, hal ini sudah menjadi hal biasa.

Terlebih di negara-negara barat, memasang pembangkit surya tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki “uang lebih”. Sistem pembangkit ini dapat dipasang dengan sistem kredit dari penyedia-penyedia jasa sistem pembangkit surya. Biasanya rencana kredit ini, sudah termasuk dalam paket pelayanan yang disediakan.

Masa kredit bervariasi, mulai dari 5 hingga 25 tahun, tergantung biaya kredit yang ingin dibayarkan. Rata-rata sistem pembangkit surya akan kembali modal pada 10-15 tahun. Sehingga produk pembiayaan akan dilakukan selama 15-20 tahun.

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda, namun sebagian besar memiliki kebijakan pembelian listrik dari pembangkit surya yang disubsidi dari negara. Dengan kata lain, pembelian listrik konvensional akan lebih murah dibandingkan penjualan listrik pembangkit surya. Sehingga pengguna, sebenarnya malah diuntungkan dengan memasang sistem pembangkit di rumah mereka.

Mereka dapat menjual listrik pembangkit surya secara lebih besar dengan konsumsi harian mereka. Selisih penjualan ini, yang kemudian akan digunakan sebagai pembayaran kredit kepada penyedia jasa sistem.

Maksimalkan Apa yang “Ada”

Tidak dapat dipunkiri, tidak semua pengguna memiliki lokasi yang ideal untuk memasang pembangkit surya. Namun dengan berkembangnya teknologi, hal-hal teknis dapat diberikan solusinya secara lebih baik.

Permasalahan yang sering muncul adalah lokasi bangunan yang tidak sesuai persyaratan ideal. Atap bangunan menghadap utara atau selatan, padahal kondisi terbaik adalah atap bangunan menghadap barat atau timur.

Kondisi ini dapat di atasi dengan penggunaan panel tipe thin film. Dengan tipe ini, penyerapan sinar matahari pada kondisi diatas dapat lebih maksimal dibandingkan dengan panel crystaline. Selain itu rekayasa mounting dapat menjadi alternatif kedua.

Maksimalkan Pengalaman Pengguna

memasang pembangkit surya
Solar Log

Sekarang ini, aplikasi sistem pembangkit surya sudah tidak terlalu sulit. Banyak perusahaan yang mampu memberikan informasi mengenai pemasangan dan perawatan. Namun, memaksimalkan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan sistem pembangkit yang mereka pasang di properti mereka, dapat memberikan nilai lebih.

Aplikasi pengawasan, baik yang tertanam pada paket sistem atau menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga, adalah sesuatu hal yang patut diperhatikan. Dengan kemampuan pengguna dalam mengawasi pola produksi dan penggunaan sistem pembangkit mereka. Pengguna akan lebih menyadari berapa biaya yang dapat mereka hemat setiap harinya secara langsung. Atau mereka mengetahui peralatan rumah tangga mana yang paling boros dan mencari tahu bagaimana cara mengefesienkannya.

Terutama dengan semakin baiknya infrastruktur jaringan internet dan semakin canggihnya perangkat telepon pintar. Sehingga akses informasi mengenai sistem pembangkit surya dapat mereka dapatkan secara instan.

Apa komentar anda?

2 × 1 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia