Energy

Perawatan Sistem Panel Surya Yang Perlu Dipahami

Perawatan sistem panel surya perlu dilakukan, untuk memastikan sistem berfungsi sesuai dengan target yang diinginkan pengguna.

Sebagai catatan: Perawatan untuk tahun pertama, biasanya masuk dalam kontrak pemasangan yang disediakan penyedia. Jadi pastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan gratis tersebut.

Dalam perawatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Perawatan sistem panel surya harian

Secara umum, sistem panel surya tidak memerlukan perawatan rutin harian, karena tidak ada bagian yang bergerak.

Setelah instalasi sesuai standar pekerjaan, juga seharusnya dilakukan commissioning oleh penyedia dan penerbitan SLO (sertifikat Laik Operasi) oleh institusi yang berwenang. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem bekerja sesuai rencana.

Namun, tidak ada salahnya melakukan pengecekan berikut:

  • Cek permukaan solar panel, apakah ada masalah, seperti: kotoran atau bayangan. Segera bersihkan jika ada masalah.
  • Cek apakah sistem bekerja normal. Untuk pengecekan ini dapat memanfaatkan sistem pemantauan yang ada pada sistem, baik on site (seperti LCD atau layar LED) ataupun off site (seperti melalui bluetooth atau internet).
  1. Perawatan sistem panel surya mingguan

Seperti pada perawatan harian, perawatan mingguan juga tidak sepenuhnya dibutuhkan. Namun, Anda dapat melakukan perawatan sistem sebagai berikut:

  • Cek permukaan solar panel, apakah ada masalah, seperti: kotoran atau bayangan. Segera bersihkan jika ada masalah.
  • Cek apakah sistem bekerja normal. Untuk pengecekan ini dapat memanfaatkan sistem pemantauan yang ada pada sistem. Segera lapor ke penyedia atau tenaga ahli, jika menemukan kendala.
  • Periksa koneksi input ataupun output pada kotak kontrol. Apakah ada yang lepas ataupun terkelupas. Segera lakukan perbaikan jika ada masalah atau lapor ke tenaga ahli.
  1. Perawatan sistem panel surya bulanan

Perawatan bulanan cukup perlu menjadi perhatian, namun masih dapat ditunda jika tidak ada kendala yang mendesak. Adapun hal yang perlu dicek adalah:

  • Cek permukaan solar panel, apakah ada masalah, seperti: kotoran atau bayangan. Segera bersihkan jika ada masalah. Disarankan untuk menyiram panel surya dengan air deras untuk membersihkan debu dan kotoran, terutama ketika lama tidak turun hujan.
  • Jika ada bayangan yang menutupi panel surya, segera pindahkan atau buang penghalang tersebut.
  • Cek apakah sistem bekerja normal. Untuk pengecekan ini dapat memanfaatkan sistem pemantauan yang ada pada sistem. Segera lapor ke penyedia atau tenaga ahli, jika menemukan kendala.
  • Pastikan output daya panel sesuai dengan rencana. Hal ini dapat dicek secara otomatis dengan sistem pantau atau cek secara manual dengan alat ukur listrik (seperti voltmeter/amperemeter). Segera lapor ke penyedia atau tenaga ahli, jika menemukan kendala.
  • Pastikan output daya pada inverter sesui dengan rencana. Gunakan sistem pantau atau cek secara manual dengan alat ukur listrik, untuk mengetahui kondisi inverter. Segera lapor ke penyedia atau tenaga ahli, jika menemukan kendala.
  • Pastikan kapasitas baterai sesui dengan rencana. Gunakan sistem pantau atau cek secara manual dengan alat ukur listrik, untuk mengetahui kondisi baterai. Segera lapor ke penyedia atau tenaga ahli, jika menemukan kendala.
  • Periksa semua koneksi dan kabel yang ada, pastikan tidak ada masalah. Segera lakukan perbaikan jika ada masalah atau lapor ke tenaga ahli.
  1. Perawatan sistem panel surya tahunan

Perawatan tahunan cukup penting dilakukan. Jika sistem panel surya yang Anda gunakan, masih dalam waktu garansi, segera minta tenaga ahli untuk melakukan pengecekan dan perawatan.

Namun, jika sistem Anda sudah lewat masa garansi, lakukan pengecekan mandiri atau gunakan jasa tenaga perawatan untuk melakukan hal berikut:

  • Cek permukaan solar panel. Pastikan tidak ada masalah sekunder (seperti kotoran, debu ataupun bayangan) dan masalah primer (seperti kaca panel pecah, sel surya rusak atau terjadi hubung singkat arus listrik pada panel surya). Segera klaim garansi jika terjadi kerusakan, terutama untuk tahun pertama. Namun jika sistem Anda sudah tidak dalam masa garansi, segera ganti dengan produk yang setara.
  • Periksa satu per satu panel surya dan rangkaian yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran tergangan kerja (Vmp), arus kerja (Imp) open circuit (Voc), dan arus short circuit (Isc). Pastikan spesifikasi tersebut, sesuai dengan penawaran awal produk (± 1%). Umur kerja panel surya adalah maksimal 30 tahun, dengan degradasi keluaran daya maksimal 1% setiap tahunnya.
  • Periksa semua kondisi display, pastikan semua berfungsi secara normal. Segera lakukan perbaikan, jika menemukan kendala.
  • Periksa Inverter dan SCC, pastikan berfungsi normal. Segera lakukan perbaikan, jika menemukan kendala. Umur kerja inverter dan SCC, maksimal hingga 7-10 tahun sesuai merek. Dengan garansi hingga 3-5 tahun.
  • Periksa baterai, jika menggunakan. Pastikan air aki tidak kurang, jika menggunakan aki basah. Atau perhatikan umur pakai baterai jika menggunakan tipe aki kering.
  • Periksa semua LED indikator, konektor, kabel dan kinerja peralatan pendukung lainnya. Pastikan semua berfungsi normal. Segera lakukan perbaikan, jika menemukan kendala.

Lakukan perawatan rutin diatas, untuk memastikan sistem panel surya Anda berfungsi sesuai dengan target rencana. Jangan sungkan untuk menghubungi tenaga ahli, jika menemukan masalah.

Atau Anda bisa bertanya di: Konsultasi Gratis Janaloka, terkait masalah panel surya Anda!

Apa komentar anda?

four × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia