Energy

Peran Dioda Pada Instalasi Panel Surya

Peran dioda pada instalasi panel surya dapat dikatakan cukup penting, namun sering dilupakan pada saat pemasangan. Hal ini dikarenakan banyak faktor, mulai dari perencanaan desain yang kurang matang hingga kesalahan manusia (Human error).

Lalu, apa itu dioda? dan mengapa fungsinya cukup signifikan pada saat instalasi panel surya. Berikut uraiannya:

Apa itu dioda? dan bagaimana cara kerjanya?

Peran Dioda Pada Instalasi Panel SuryaDioda (Diode) adalah Komponen Elektronika Aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor dan mempunyai fungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah tetapi menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Saat ini diode yang paling umum dibuat dari bahan semikonduktor seperti silikon atau germanium.

Dioda pada umumnya mempunyai 2 Elektroda (terminal) yaitu Anoda (+) dan Katoda (-) dan memiliki prinsip kerja yang berdasarkan teknologi pertemuan p-n semikonduktor yaitu dapat mengalirkan arus dari sisi tipe-p (Anoda) menuju ke sisi tipe-n (Katoda) tetapi tidak dapat mengalirkan arus ke arah sebaliknya.

Pada panel surya, dioda memiliki peran sebagai dioda penyearah atau pemutus (blocking dioda) dan dioda pelaju (bypass dioda). Hal ini penting untuk melindungi sistem panel surya.

Peran Dioda Pada Instalasi Panel Surya sebagai Blocking Dioda

Pada instalasi panel surya dengan dioda penyearah, tegangan yang dihasilkan saat matahari bersinar akan lebih besar dari tegangan baterai, sehingga tegangan dari panel surya akan mengisi baterai.

Sebaliknya saat tidak ada matahari, tegangan baterai akan lebih besar dibandingkan tegangan panel surya. Tegangan pada baterai ini memungkinkan akan mengirimkan tegangannya kembali ke panel surya. Disinilah fungsi blocking dioda untuk melindungi tegangan baterai habis.

Blocking dioda berfungsi lebih baik untuk sistem panel surya yang menggunakan baterai. Biasanya blocking dioda ini sudah dipasang pada sistem panel surya, namun anda dapat menanyakannya kepada suplier anda untuk info lebih jauh.

Peran Dioda Pada Instalasi Panel Surya sebagai Bypass Dioda

Sedangkan untuk bypass dioda, akan membantu saat salah satu panel surya pada rangkaian sistem panel surya terkena bayangan atau tidak berfungsi optimal. Ketika salah satu panel terkena bayangan, maka akan mengurangi produksi daya sistem secara keseluruhan dan lebih jauh dapat menghasilkan resistensi yang cukup besar.

Ketika menggunakan bypass dioda, arus yang dihasilkan oleh panel surya yang tidak terkena bayangan akan mengalir melalui dioda untuk menghidari resistensi dari panel surya yang tidak berfungsi optimal. Sehingga akan memaksimalkan daya keluaran.

Bypass dioda tidak dapat bekerja, kecuali pada koneksi seri yang menghasilkan tegangan (Voltase) cukup tinggi. Sistem ini dapat maksimal bekerja pada Solar charger controller tipe MPPT atau string inverter  yang menggunakan rangkaian seri panel surya.

Sistem ini dapat digunakan dalam grup-grup rangkaian, sehingga akan membantu produksi daya yang lebih stabil. Terutama untuk mengatasi bayangan, yang disebabkan oleh bangunan, tanaman dan lain sebagainya.

Apa komentar anda?

11 + 16 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia