Application Energy

Peningkatan Pasar Produk Solar Off Grid

Laporan dari the World Bank Group and the Global Off-Grid Lighting Association (GOGLA) bersama Bloomberg New Energy Finance menunjukkan bahwa pasar Produk Solar Off Grid pada 2015 memiliki nilai uang sebesar US$ 300 juta, dengan lebih dari 13 juta produk solar off grid telah terjual ke pengguna.

Peningkatan pasar produk solar off grid

Di Afrika, penjualan Produk Solar Off Grid mengalami peningkatan tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Pasar sub-Sahara dikatakan sebagai pasar dengan nilai penjualan terkuat, sekitar 1,37 juta produk telah terjual. Asia Selatan mengikuti sebagai pasar terbesar, dengan jumlah produk terjual kurang lebih 1,28 juta unit.

Jenis Produk Solar Off Grid yang disurvey oleh GOGLA dan World Bank Lighting Global adalah sekitar 50% merupakan lampu penerangan solar (Solar lanterns) yang mampu digunakan hanya sebagai penerangan. Dan 45% lainnya adalah lampu dengan tempat pengisian telepon genggam (Mobile charging). Sedangkan sisanya adalah produk solar mandiri (Solar home system) lainnya. Tiga juta unit dijual di enam bulan pertama tahun 2015.

Produk Solar Off Grid
Produk d.light

Hingga saat ini, pemimpin pasar untuk lampu penerangan solar adalah D.light dan Greenlight Planet, sementara Mkopa diakui sebagai pemimpin dalam produk solar mandiri.

Produk solar Off Grid sebagai solusi akses listrik

Lebih dari satu miliar orang hidup tanpa akses listrik, sementara itu, ada juga orang-orang yang harus mengandalkan generator diesel atau lampu minyak tanah untuk mendapatkan akses listrik. Dengan meningkatnya pasar Produk Solar Off Grid, diharapkan hal ini dapat memberikan solusi baru untuk akses listrik.

Selama ini, satu dari setiap lima orang di planet ini menerangi rumah mereka dengan lentera minyak tanah, menggunakan baterai yang mahal harganya untuk menghidupkan radio, berjalan lebih dari satu jam hanya untuk mengisi daya baterai telepon genggam, menghabiskan uang untuk membeli bahan bakar minya generator diesel mereka untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Oleh karena itu, teknologi Produk Solar Off Grid telah menawarkan solusi yang lebih murah, lebih aman, lebih mudah. Sebagai informasi,  lampu penerangan solar dapat dijual dengan harga di bawah US$ 10 untuk memberikan penerangan di rumah, pengisian telepon genggam, menghidupkan radio, televisi dan layanan dasar lainnya.

Hal ini terutama dengan munculnya pilihan pembayaran pay-as-you-go (produk dapat digunkaan selama dilakukan pembayaran; konsepnya seperti pulsa isi ulang) yang dibuat terjangkau dan mampu digunakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Apa komentar anda?

2 × 5 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia