Energy

Penggunaan Solar Panel Untuk Daya 1300 VA

Aplikasi penggunaan solar panel tidak terbatas, termasuk juga dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Untuk jenis aplikasi ini, sistem solar panel yang dapat digunakan adalah jenis PLTS Grid Tie Atau PLTS Hybrid.

PLTS menggunakan energi surya untuk memproduksi energi listrik untuk kebutuhan rumah tangga. Energi surya ditangkap melalui panel surya dan dikelola oleh sebuah komponen kontrol, untuk dapat disimpan di bank daya atau langsung diteruskan untuk digunakan oleh rumah tangga.

Penggunaan Solar Panel Untuk Daya 1300 VA

Pada rumah tangga, daya kWh terpasang rata-rata adalah 1300 VA. Tipe besar daya ini, banyak terpasang di kota-kota besar. Biaya pembayaran bulanan rata-rata untuk daya ini adalah antara Rp. 500.000,- hingga Rp. 1.500.000,- tergantung pemakaian (biaya VA sebesar Rp. 1.500,-).

Sebagai catatan: daya 1300 VA PLN adalah daya puncak yang dapat digunakan setiap waktunya oleh pengguna. Secara singkat penjelasannya adalah dalam satu waktu, daya total beban yang dapat difungsikan secara bersamaan adalah 1300 VA. Jika daya yang digunakan melebihi 1300 VA, maka sistem akan melakukan proteksi atau lebih sering kita sebut dengan “njeglek”.

PLTS atau sistem solar panel dapat digunakan untuk mendukung daya 1300 VA PLN ini dengan sistem Grid Tie Atau Hybrid seperti yang disebutkan sebelumnya.

Penggunaan sistem grid tie

Pada sistem grid tie, PLTS harus terkoneksi dengan PLN untuk dapat bekerja, karena sistem PLTS membutuhkan sinkronasi daya sebagai pemicu sistem bekerja. Oleh karena itu, sistem grid tie ini adalah pilihan paling umum jika ingin menggunakan sistem PLTS yang terkoneksi dengan PLN.

Penggunaan Solar Panel Untuk Daya 1300 VA
Simulasi penggunaan sistem grid tie

 

Di Indonesia, koneksi sistem PLTS dengan PLN sudah memungkinkan dengan konsep net metering. Yang perlu diingat adalah daya terpasang PLTS untuk koneksi dengan 1300 VA PLN adalah antara 1000 Wp hingga 1200 Wp, karena PLN hanya membolehkan daya PLTS terpasang kurang atau sama dengan daya PLN terpasang.

Catatan: daya terpasang PLN yang terkoneksi dengan PLTS berbeda-beda sesuai dengan kebijakan PLN area setempat. Untuk info koneksi daya ini, dapat bertanya langsung dengan PLN area anda berada.

Hitung kebutuhan sistem grid tie anda disini!

Penggunaan sistem hybrid

Pada PLTS hybrid, sistem kerjanya hampir sama dengan sistem grid tie. Namun PLTS hybrid mampu bekerja tanpa terhubung dengan PLN, sehingga saat listrik padam PLTS hybrid pun dapat berfungsi dengan normal. Hal ini karena adanya penambahan bank baterai yang dapat ditingkatkan kapasitasnya sesuai kebutuhan.

Di Indonesia, sistem ini cocok untuk digunakan pada area rumah tangga yang sering mengalami pemadaman listrik atau jauh dari jaringan distribusi PLN. Kapasitas terpasang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan tidak harus menyesuaikan dengan daya PLN.

Catatan: kapasitas PLTS dapat dihitung sesuai dengan kebutuhan. Total kebutuhan harian beban akan menjadi rujukan untuk perhitungan sistem kapasitas.

Hitung kebutuhan sistem hybrid anda disini!

Apa komentar anda?

eight − one =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia