Application

Penggunaan PLTS di Tempat Ibadah

Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya, bisa dikatakan dapat digunakan hampir untuk semua kebutuhan yang berkaitan dengan listrik, Salah satunya kebutuhan untuk penggunaan PLTS di tempat ibadah.

Penggunaan PLTS di tempat ibadah secara mudah

Sifat PLTS yang modular dengan dimensi yang dapat disesuaikan, menyebabkan sistem PLTS mudah untuk dibawa ke lokasi terpencil sekalipun. Dan dengan kapasitas yang dapat ditambah, sewaktu-waktu, tanpa tergantung dengan bahan bakar dan lain sebagainya, menyebabkan PLTS juga sangat efektif dalam penggunaanya.

Dengan keunggulan diatas, penggunaan PLTS di tempat ibadah pada lokasi-lokasi yang kurang dan belum mendapatkan akses listrik PLN dapat menjadi solusi. Beberapa aplikasi yang dapat dipasang adalah penerangan, listrik untuk pengeras suara dan cadangan daya jika listrik PLN padam.

Penggunaan PLTS di Tempat Ibadah
Masjid Ohod di Arab Saudi

Penerangan listrik tempat ibadah dengan PLTS

Penerangan merupakan kebutuhan utama di suatu bangunan. Baik untuk penerangan di dalam ruangan, yang berfungsi jika ada aktivitas-aktivitas ibadah yang membutuhkan penerangan, ataupun untuk menerangi area tempat ibadah di malam hari.

Dengan PLTS, pengguna tidak perlu khawatir lagi kekurangan daya. Cukup pastikan panel surya tidak tertutup bayangan ataupun debu, maka listrik akan terus tersedia setiap harinya.

Aplikasi PLTS untuk penerangan cukup mudah. Sebagai simulasi, lampu LED 3 watt sebanyak 3 unit yang terpasang hanya untuk penerangan area pelataran rumah ibadah pada malam hari, hanya membutuhkan panel dengan luasan 20 cm x 30 cm atau setara dengan 15 wp. Lampu ini dapat digunakan hingga 12 jam, dengan otomatisasi untuk waktu nyala dan mati.

Pengeras suara bertenaga PLTS

Pengeras suara adalah salah satu fungsi penggunaan yang selalu ada di rumah ibadah. Seperti namanya, alat ini digunakan untuk membantu mengeraskan suara para pengguna ketika beribadah. Dengan PLTS, alat ini dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan listrik PLN.

Penggunaan alat ini cukup mudah, untuk seperangkat pengeras suara berdaya 100 watt dapat menggunakan panel surya seluas 0,75 m² atau setara 150 wp untuk penggunaan selama maksimal 6 jam perhari.

Cadangan daya listrik dengan PLTS

Khusus untuk wilayah yang telah dialiri listrik namun seringkali padam maka penggunaan PLTS untuk cadangan daya dapat disarankan. Sistem kerjanya mirip dengan UPS, namun dengan lama masa pemakaian yang dapat disesuiakan.

Pada saat listrik padam, secara otomatis (tanpa kedip) listrik akan beralih ke PLTS. Dan penggunaan peralatan dapat dilakukan sebagaimana biasanya. Fungsi ini sangat bergantung dengan kapasitas masing-masing tempat ibadah.

Sebagai simulasi, tempat ibadah dengan daya 450 Wh dapat menggunakan panel dengan luasan 2 m² atau setara dengan 200 wp untuk penggunaan maksimal 6 jam perhari. Sistem ini secara rata-rata hanya membutuhkan biaya penggunaan ± Rp. 10.000,-/hari.

1 Komentar

Apa komentar anda?

2 × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia