Application

Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN

Apakah panel surya dapat digunakan tanpa listrik PLN? Dengan jelas jawabannya adalah YA! Penggunaan panel surya tanpa listrik PLN dimanapun dan kapanpun adalah salah satu nilai tambah penggunaan sistem panel surya.

Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN Dimanapun

Panel surya memiliki komponen yang dapat dirakit dan dipasang dengan mudah. Berat dan dimensi komponen panel surya pun bervariasi, sehingga dapat dengan mudah didistribusikan, bahkan ke lokasi terpencil atau pulau terluar sekalipun.

Penggunaan dan perawatan sistem panel surya pun tidak terlampau sulit. Setiap komponen memiliki umur pakai diatas 1 tahun. Bahkan baterai, komponen yang paling mudah rusak, sekarang memiliki umur hingga 10 tahun.

Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN Kapanpun

Selama matahari bersinar, sistem panel surya dapat digunakan 24 jam tiap hari. Pengguna tidak perlu khawatir sistem tidak akan berfungsi normal, karena desain sistem yang baik bahkan bisa bertahan hingga 3 hari penggunaan tanpa sinar matahari.

Aplikator sistem panel surya juga sudah mulai gampang ditemukan dengan bermacam solusi yang ditawarkan. Teknologi panel surya yang terus berkembang, memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dalam mengimplementasikan sistem secara baik.

Gunakan layanan direktori kami untuk melihat aplikator di area anda!

Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN
Sumber: www.esolar[.]co.nz

Contoh Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN

Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN dapat diaplikasikan pada banyak hal, seperti:

Penerangan Mandiri

Sistem ini diperuntukkan untuk lampu penerangan. Setiap sistem panel surya memiliki panel surya dengan kapasitas kecil dan langsung tergabung dengan lampu LED dalam satu produk. Mini sistem ini dapat berfungsi pada lokasi yang belum ada penerangan sama sekali dengan biaya murah.

Solar Home System – SHS

Solar home system adalah salah satu aplikasi mini sistem PLTS yang diperuntukkan untuk penerangan rumah tangga. Sistem ini mampu mendukung penggunaan listrik pada masing-masing rumah tangga secara mandiri. Lampu LED yang digunakan maksimal memiliki daya 3 watt.

PLTS Terpusat

Sistem ini banyak digunakan untuk mengaliri listrik untuk tingkat komunal. Sistem ini dapat digunakan untuk 24 jam dengan kapasitas sesuai kebutuhan. PLTS terpusat ini banyak diimplementasikan untuk program listrik desa, sumber listrik mess karyawan perkebunan atau tambang, sumber listrik kantor di wilayah terpencil dan masih banyak lagi.

PLTS untuk puskesmas

Sistem ini merupakan perluasan aplikasi PLTS terpusat. Dengan daya kapasitas yang cukup besar, listrik yang dihasilkan dapat menggantikan generator untuk menerangi puskesmas dan fasilitas kesehatan di daerah terpencil atau pulau terluar. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk umber listrik lemari vaksin, alat operasi hingga untuk membantu komunikasi puskesmas dengan rumah sakit rujukan.

PLTS untuk lemari pendingin

Sistem ini memiliki cara kerja seperti PLTS terpusat, namun energi listrik yang diproduksi dapat digunakan untuk mengoperasionalkan lemari pendingin. Aplikasi ini banyak ditemukan di daerah pesisir dan perkebunan, karena aplikasi ini berfungsi untuk menjaga hasil laut dan bumi tetap segar, sebelum diolah dan dikirim ke konsumen.

PLTS untuk sekolah

Sistem ini memiliki cara kerja seperti PLTS terpusat, namun energi yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan sekolah, seperti penerangan, perangkat komputer, perangkat VSat untuk internet, termasuk untuk kebutuhan rumah guru, jika digunakan di pedalaman.

Masih banyak lagi aplikasi Penggunaan Panel Surya Tanpa Listrik PLN yang dapat diterapkan di Indonesia, termasuk untuk pompa air bagi lokasi rawan kekeringan, irigasi pertanian, untuk rumah ibadah dan sebagainya. Selain ramah lingkungan, sistem PLTS tidak membutuhkan biaya tambahan lainnya yang cukup besar sebagai pendukung operasional.

Jadi, siap untuk #goingsolar?

Apa komentar anda?

thirteen − twelve =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia