Application Rooftop PV

Penggunaan Panel Surya Pada Atap Rumah

Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan. Terlebih listrik yang dihasilkan gratis dan bebas polusi. Penggunaan panel surya pada atap rumah dapat menjadi solusi penyediaan energi bersih.

Penggunaan panel surya pada atap rumah atau bangunan, memanfaatkan ruang atap sebagai tempat meletakkan panel surya. Sehingga ruang atap, tidak hanya berfungsi melindungi penghuni dari iklim diluar, namun juga bermanfaat untuk memproduksi listrik mandiri.

Sistem ini telah banyak diaplikasikan di luar negeri, dan mulai menjadi tren, terutama setelah diikuti dengan Deklarasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap Menuju Gigawatt Fotovoltaik di Indonesia. Deklarasi tersebut dilangsungkan di tengah jamuan makan malam IndoEBTKE ConEx 2017 in conjunction with Bali Clean Energy Forum 2017 di Jakarta, Rabu malam (13/9).

Jenis penggunaan panel surya pada atap rumah

Panel surya pada atap rumah merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel suryayang memasang panel surya pada atap rumah agar dapat memanen cahaya matahari secara maksimal. Secara garis besar, berdasarkan fungsi dan kebutuhannya, ada 4 jenis aplikasi sistem panel surya pada atap yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Grid-Tie; Listrik surya yang produksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga.
  2. Grid Interactive/Smart: Listrik surya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman walau PLN padam.
  3. Grid Hybrid; Listrik surya digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam.
  4. Off Grid; Listrik surya yang dapat digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.
Perbedaan mendasar dari keempat jenis penggunaan panel surya pada atap tersebut diatas adalah jenis inverter yang digunakan dan pilihan penggunaan baterai atau tidak.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakkan mesin. Namun kesemuanya harus disesuaikan dengan kapasitas dan tegangan yang digunakan.

Keterangan Grid Tie Grid Interactive / Smart Grid Hybrid Off Grid
Panel Surya Berbagai tipe dan kapasitas Berbagai tipe dan kapasitas Berbagai tipe dan kapasitas Berbagai tipe dan kapasitas
Sistem Inverter Inverter dapat berfungsi jika PLN tersambung Inverter dapat berfungsi jika terhubung dengan PLN atau jika ada baterai Inverter dapat berfungsi jika terhubung dengan sumber pembangkit listrik, termasuk angin, mikro hydro, dan lain sebagainya, atau jika ada baterai Inverter dapat berfungsi jika baterai beroperasi minimal
Baterai Tanpa Baterai Dengan Baterai Dengan Baterai Dengan Baterai
Instalasi Cocok untuk rumah di kota besar dengan PLN 24 jam terhubung Cocok untuk rumah di kota besar dan menengah dengan PLN min 6 jam terhubung Cocok untuk rumah di kota besar dan menengah dengan PLN min 1 jam terhubung atau ada sumber pembangkit lainnya, seperti mikro hydro atau angin Cocok untuk rumah di kota besar, menengah, kecil dan lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan PLN
Biaya Kecil Cukup Besar (tergantung jumlah penggunaan baterai) Cukup Besar (tergantung jumlah penggunaan baterai) Besar

Tabel Perbandingan sistem listrik surya

Pilihan mana yang paling sesuai untuk anda?

Jika anda tertarik untuk melakukan pemasangan, namun tidak cukup yakin sistem mana yang akan dan pilih. Maka anda dapat menggunakan aplikasi singkat dibawah ini untuk membantu anda memilih:

Pada prinsipnya kebutuhan anda bergantung pada “apakah PLN 24 jam terus mensuplai listrik bagi rumah anda” dan/atau “apakah anda memerlukan daya untuk cadangan jika listrik PLN padam?” Jika anda mengetahui dua hal ini, anda sudah lebih dekat untuk memasang listrik tenaga surya pada atap.

Bagaimana cara memasang sistem grid tie?

Cara pemasangan sistem ini tidak begitu rumit, namun pengguna harus tetap diawasi oleh tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika anda tertarik untuk melakukan pemasangan, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  1. Kenali karakter atap rumah anda! Dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut:
    • Menghadap kemana arah atap anda?
    • Berapa besar anda harus membayar biaya kWh meter anda setiap bulan?
    • Apakah listrik PLN selalu menyala dalam 24 jam?
  2. Hitung kebutuhan sistem panel surya anda! Tipsnya adalah selalu gunakan total kapasitas daya panel surya dibawah besaran daya kapasitas kWh meter yang anda pasang di rumah.
  3. Gunakan produk yang berkualitas! salah satu cara mengetahuinya adalah temukan penyedia barang yang menjamin garansi produk dan memiliki pengalaman pemasangan sistem panel surya atap yang telah terbukti berfungsi minimal 1 tahun.
  4. Jangan ragu untuk bertanya! manfaatkan aplikasi konsultasi janaloka atau forum-forum pemasangan panel surya atap.

Pemerintah mendukung sistem panel surya atap

Penggunaan panel surya pada atap didukung oleh pemerintah dengan regulasi net metering. Net metering adalah sebuah sistem layanan, dimana listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya atap yang memenuhi syarat di rumah tangga dapat dikoneksikan (dikirim) ke jaringan distribusi PLN, dan dapat digunakan kembali untuk konsumsi oleh rumah tangga tersebut. Di Indonesia, sistem ini identik dengan sistem grid tie, yang sering disebut listrik surya atap.

Di Indonesia, Net Metering telah diamanatkan oleh PLN dalam Peraturan 0733.K/DIR/2013, yang mewajibkan PLN untuk mengkredit energi yang dihasilkan oleh tenaga surya ke rekening pelanggan. Kemudian juga Surat Edaran Direksi PT. PLN (Persero) Nomor E/DIR/2014 tentang Ketentuan Operasional Integrasi Fotovoltaik Milik Pelanggan ke Dalam Area Sistem Tenaga Listrik PT. PLN (Persero). Dan Peraturan Direksi PT. PLN (Persero) Nomor P/DIR/2016 tentang (SPLN D5.005-1:2015) persyaratan teknis interkoneksi sistem fotovoltaik (PV) pada jaringan distribusi jaringan rendah.

Sehingga pemilik rumah dapat mengirim (ekspor) produksi listrik harian mereka, dan sekaligus mengkonsumsi (impor) listrik dari PLN untuk digunakan kembali. Untuk menerapkan Metering Net, pelanggan rumah tangga akan dipasangkan alat pembaca meteran listrik 2 arah (kWh Meter EXIM – Expor Impor). Kemudian biaya bayar listrik dihitung berdasarkan selisih ekspor dan impor yang dilakukan pengguna setiap bulan.

Pembiayaan Penggunaan Panel Surya pada Atap

Pembiayaan penggunaan panel surya pada Atap sangat bergantung pada fungsi dan kebutuhan sistem itu sendiri. Perbedaan mendasar yang peling mempengaruhi pembiayaan dari keempat jenis pemasangan tersebut diatas adalah jenis inverter yang digunakan dan pilihan penggunaan baterai atau tidak.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakan mesin. Sehingga semakin besar kebutuhan listrik pengguna, maka semakin banyak biaya yang perlu dipersiapkan. terutama jika kebutuhan cadangan listrik juga besar.

Produk dan komponen pelengkap sistem panel surya di atap cukup banyak dengan teknologi dan solusi yang berbeda. Masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dibutuhkan kejelian pengguna dalam memilih vendor yang tepat.

Kami sarankan untuk berkonsultasi dan bertanya secara langsung dengan vendor yang anda pilih untuk mendapatkan info lengkap terkait sistem yang anda akan pasang. Jika belum puas, anda dapat bertanya kembali kepada kami. Dan dengan senang hati kami akan membantu anda.

Sebagai catatan, listrik surya yang menggunakan baterai (grid interactive dan off grid) akan memiliki harga cenderung lebih mahal dibanding dengan sistem grid tie. Hal ini dikarenakan harga baterai yang masih cukup mahal dengan masa hidup yang tidak cukup panjang.

6 Komentar

  1. mohon petunjuknya pengganti control solar cell 50 wp dng accu 45 amper yang mudah dibeli di toko radio manakala baru 2 hari dipakai di rumah kebon sudah tidak dapat berfungsi alias mati . tks

    Balas
    1. Dear Livani,

      Sayangnya anda dapat menggantinya dengan tipikal SCC 10A saja, dan kami tidak cukup yakin ini dapat tersedia mudah di toko radio. Kenapa SCC 10A? Karena produk ini lumrah dan lebih mudah ditemukan, dengan harga kisaran 200 ribuan hingga 3oo ribuan.

      Regards,
      Galih

      Balas

Apa komentar anda?

13 + seven =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...