Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan. Terlebih listrik yang dihasilkan gratis dan bebas polusi. Penggunaan Panel Surya Pada Atap Rumah dapat menjadi solusi penyediaan energi bersih.

Jenis penggunaan panel surya pada atap rumah

Panel surya pada atap rumah merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya. Pada aplikasi ini panel surya dipasang pada atap rumah agar dapat memanen cahaya matahari secara maksimal.

Secara garis besar, berdasarkan fungsi dan kebutuhannya, ada 3 jenis aplikasi sistem panel surya pada atap yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Grid-Tie; Listrik surya yang produksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga.
  2. Grid Interactive: Listrik surya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman walau PLN padam.
  3. Grid Hybrid; Listrik surya digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam.
  4. Off Grid; Listrik surya yang dapat digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.

Perbedaan mendasar dari ketiga jenis pemasangan panel surya di atap tersebut diatas adalah jenis inverter yang digunakan dan pilihan penggunaan baterai atau tidak.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakkan mesin. Namun kesemuanya harus disesuaikan dengan kapasitas dan tegangan yang digunakan.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address
KeteranganGrid TieGrid InteractiveOff Grid
Panel SuryaBerbagai tipe dan kapasitasBerbagai tipe dan kapasitasBerbagai tipe dan kapasitas
Sistem InverterInverter dapat berfungsi jika PLN tersambungInverter dapat berfungsi jika ada baterai atau ada sistem pembangkit lain yang menyalaInverter dapat berfungsi jika baterai beroperasi minimal
BateraiTanpa BateraiDengan BateraiDengan Baterai
InstalasiCocok untuk rumah di kota besar dengan PLN 24 jam terhubungCocok untuk rumah di kota besar dan menengah dengan PLN min 6 jam terhubung atau ada sumber pembangkit lainnya, seperti mikro hydro atau anginCocok untuk rumah di kota besar, menengah, kecil dan lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan PLN
BiayaKecilCukup Besar (tergantung jumlah penggunaan baterai)Besar

Tabel Perbandingan sistem listrik surya

Pilihan mana yang paling sesuai untuk anda?

Jika anda tertarik untuk melakukan pemasangan, namun tidak cukup yakin sistem mana yang akan dan pilih. Maka anda dapat menggunakan aplikasi singkat dibawah ini untuk membantu anda memilih:

 

Pada prinsipnya kebutuhan anda bergantung pada apakah PLN 24 jam terus mensuplai listrik bagi rumah anda dan apakah anda memerlukan daya untuk cadangan jika listrik PLN padam? Jika anda mengetahui dua hal ini, anda sudah lebih dekat untuk memasang listrik tenaga surya pada atap.

penggunaan panel surya pada atap rumah

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/11/mcmechan.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2015/11/mcmechan-300x147.jpgJanalokaApplicationAC Coupling,business,community,design,development,feed in tarif,Indonesia,inovation,Inverter,janaloka.com,Listrik desa,Pemerintah,solar panel,SolarCity,startup,SuryaPemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan. Terlebih listrik yang dihasilkan gratis dan bebas polusi. Penggunaan Panel Surya Pada Atap Rumah dapat menjadi solusi penyediaan energi bersih. Jenis penggunaan panel surya pada atap rumah Panel surya pada atap rumah merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel...The #1 Solar Energy Crowd