Pengertian Energi Surya Dan Kelebihannya Dibanding Energi Lain
Energy

Pengertian Energi Surya Dan Kelebihannya Dibanding Energi Lain

Energi surya adalah energi, berupa sinar dan panas, yang berasal dari matahari. Energi ini dapat dimanfaatkan dengan secara langsung ataupun diubah menjadi bentuk energi lain dengan menggunakan teknologi, sebelum akhirnya digunakan kembali.

Pemanfaatan energi surya berdasarkan jenis penggunaannya

Secara umum, ada 3 cara pemanfaatan energi surya berdasarkan jenis penggunaannya, yaitu:

  1. Pemanfaatan sinar radiasi matahari dengan menggunakan teknologi sel surya fotovoltaik. Dimana sinar radiasi matahari diubah menjadi listrik dengan memanfaatkan tekonologi sel surya fotovoltaik.
  2. Pemanfaatan panas matahari dengan menggunakan teknologi pengumpulan panas. Dimana panas matahari diubah menjadi listrik dengan mengumpulkan panas matahari pada sebuah medium yang dipusatkan.
  3. Pemanfaatan cahaya dan panas matahari secara langsung. Dimana energi matahari dimanfaatkan apa adanya, tanpa langsung mengkonversi energi tersebut menjadi listrik dalam penerapannya.
Apa Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dibanding Pembangkit Lainnya?

Ada banyak jenis pembangkit lain yang dapat Anda manfaatkan, namun mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) lebih unggul? Hal ini karena:

  1. Dibandingkan listrik PLN yang menggunakan pembangkit diesel, PLTS tidak menggunakan sumber daya yang tidak terbarukan, seperti minyak bumi, solar, ataupun batubara. Karena sumber daya tidak terbarukan itu tidak memiliki keberlanjutan yang panjang dan selalu memberikan polusi. Sedangkan PLTS selalu dapat diandalkan selama ada matahari dan minim polusi.
  2. PLTS juga tidak tergantung pada pasokan distribusi energi. Tidak seperti solar yang membutuhkan biaya dan waktu, untuk distribusi. PLTS dapat selalu menghasilkan energi listrik selama ada matahari. Jika malam ataupun mendung, teknologi baterai dapat mendukung kehandalan sistem PLTS.
  3. Dibandingkan tenaga angin dan air, PLTS lebih mudah digunakan. Karena hanya dengan meletakkan panel surya, listrik sudah bisa langsung dinikmati.
  4. Tenaga angin membutuhkan survei yang panjang untuk mengetahui karakteristik angin yang berhembus. Namun PLTS hanya membutuhkan lokasi tanpa bayangan untuk memanen matahari.
  5. Tenaga air membutuhkan bendungan dan generator untuk dapat berfungsi, sedangkan PLTS cukup selembar modul surya dan beberapa aksesoris untuk dapat menyalakan lampu.
  6. Tenaga panas bumi perlu survei mendalam di lokasi-lokasi sulit, sedangkan PLTS Anda cukup melakukan survei kapan matahari terbit dan tenggelam.
  7. Tenaga nuklir perlu izin yang matang sebelum melakukan pengolahan fusi, sedangkan PLTS cukup menyambungkan panel surya ke inverter untuk langsung merasakan listrik.

Apa komentar anda?

one × 4 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...