Energy

Pengertian dan Cara Kerja PLTS dalam Menghasilkan Listrik

Pengertian dan Cara Kerja PLTS – Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), atau sering disebut solar photovoltaic system, merupakan salah satu aplikasi penggunaan energi surya sebagai sumber energi listrik. PLTS ini memanfaatkan sel surya (photovoltaik) untuk menghasilkan energi listrik.

Di Indonesia, PLTS telah dikenal cukup lama. Teknologi ini juga telah berkembang ke berbagai aplikasi dewasa ini. Salah satu aplikasi yang paling lumrah digunakan adalah PLTS SHS (Solar Home System), PLTS terpusat dan PLTS pompa air.

Pengertian dan cara kerja PLTS

Pada dasarnya PLTS menggunakan panel surya sebagai komponen utama. Kemudian ada sistem kontrol dengan solar charger controller atau solar inverter untuk mengatur daya listrik yang dihasilkan untuk dapat digunakan pada beban.

Penggunaan ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Penggunaan langsung, dimana daya listrik panel surya dimanfaatkan langsung oleh beban, baik untuk peralatan DC, seperti lampu dan pompa air, ataupun peralatan AC, seperti lemari pendingin ataupun televisi.
  2. Penggunaan dengan bank penyimpanan, yaitu berupa baterai. Dalam hal ini, energi yang dihasilkan terlebih dahulu disimpan, agar dapat digunakan sewaktu-waktu, bahkan dalam kondisi tidak ada matahari sekalipun.

Seluruh model penggunaan tersebut, dapat digunakan untuk jenis beban DC ataupun AC. Sehingga semua jenis peralatan yang menggunakan listrik untuk dapat bekerja, dapat menggunakan listrik dari PLTS.

Aplikasi PLTS di Indonesia

PLTS telah banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk daerah terpencil dan jauh dari akses listrik PLN. Berikut beberapa contoh aplikasi PLTS di Indonesia:

  1. PLTS SHS; Jenis PLTS ini banyak digunakan secara mandiri di rumah-rumah yang jauh dan sulit terjangkau PLN. Persebaran PLTS ini, terutama, berada di wilayah Papua, Sulawesi dan sebagian Kalimantan. Beberapa wilayah kepulauan di Indonesia juga banyak mengaplikasikan PLTS SHS. Kelebihan sistem ini adalah paket produk yang ringkas dan sederhana, sehingga mudah dipasag dan dirawat.
  2. PLTS Terpusat; Jenis PLTS ini banyak digunakan untuk mengaliri Desa atau kota baru di wilayah-wilayah pegunungan, kepulauan atapun lokasi terpencil. Sistem dengan kapasitas besar ini, mampu mengaliri mulai dari puluhan hingga ratusan KK. Kelebihan sistem ini adalah model aplikasinya yang terpusat, sehingga memudahkan pemantauan dan perawatan.
  3. PLTS pompa air: Jenis PLTS ini khusus mengaplikasi panel surya dengan pompa air, sehingga pengguna dapat menikmati air bersih yang dialirkan secara otomatis oleh sistem ini.
  4. PLTS pada atap; Jenis PLTS ini mulai banyak dilirik masyarakat perkotaan, karena dapat membantu efisiensi penggunaan daya PLN untuk rumah. Instalasi panel surya yang dapat dilakukan pada atap dan dapat terkoneksi dengan PLN, menjadi nilai tambah untuk aplikasi ini.

Masih banyak aplikasi lain yang dapat dilakukan dengan PLTS atau sistem panel surya, sesuai dengan kreasi dan inovasi yang dilakukan pengguna. Lalu apa ide anda?

Apa komentar anda?

fourteen + eighteen =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia