Kategori
Invention

Peneliti Temukan Panel Anti-Surya Menghasilkan Listrik Di Malam Hari

Janaloka.com – Seperti yang kita semua ketahui, panel surya bekerja dengan cara memanfaatkan cahaya matahari setiap harinya. Selama 4 jam penyinaran matahari kuat, maka panel surya sudah memproduksi listrik untuk seharian. Namun bagaimana saat malam hari? Apakah panel surya bisa menyimpan listrik saat malam hari? Bagaimana dengan panel Anti-Surya?

Umumnya, panel surya memiliki baterai untuk menyimpan cadangan energi lebih

Secara teknis, panel surya tidak memproduksi energi saat malam hari. Tentu saja dikarenakan sel surya membutuhkan energi matahari untuk menciptakan listriknya. Namun ada metode untuk menyimpan energi dan menggunakannya saat malam hari.

Iklan

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia, dimana sinar matahari melimpah ruah tanpa perlu terhalang pergantian musim. Kelebihan sinar yang diserap oleh sel surya akan disimpan dalam baterai sehingga tetap bisa digunakan saat malam hari. Baterai inilah yang akan membantu peralatan elektrik kamu bekerja saat malam hari.

Namun menariknya, peneliti menemukan cara memproduksi energi saat malam hari

Jeremy Munday, peneliti elektronika dari UC Davis mengembangkan prototipe panel surya photovoltaic (PV) yang bisa bekerja saat malam hari. Yang lebih keren lagi, prototipe ini terbukti mampu menghasilkan 50 watt per meter persegi atau sekitar 25% dari produksi energi saat siang hari.

Bagaimana bisa? Mari kita memahami sains terlebih dahulu.

Munday dalam penelitiannya menyatakan bahwa di luar angkasa, jika ada benda yang lebih hangat dari sekelilingnya, maka benda tersebut akan menyebarkan panas dan menghasilkan sinar inframerah.

Iklan

Ternyata, proses ‘menghasilkan’ cahaya ini memiliki dampak elektrik yang sama saat panel surya menyerap panas matahari. Bedanya hanya pada energi. Jika panel surya saat siang hari ‘menyerap masuk’ sinar matahari, maka pada prototipe ini justru ‘mengeluarkan’ energi. Namun tegangan dan arus listrik tetap bisa berjalan layaknya panel surya yang menyerap matahari.

Panel Anti-Surya ini bisa digunakan di saat siang hari juga

Secara teori, alat ini hanya akan bekerja jika lingkungan di sekitarnya lebih dingin daripada alat tersebut. Namun Munday mengatakan alat ini juga bisa bekerja saat siang hari.

Kuncinya adalah dengan menjauhkan alat ini dari matahari atau kamu menghalangi sinar matahari untuk mencapai alat ini. Sinar matahari adalah benda paling hangat di alam, sehingga jika alat ini terpapar matahari, maka pada dasarnya alat ini tidak akan bekerja.

Munday sendiri berkata alat ini masih belum sempurna karena tidak praktis. Siapa yang mau mencoba menghalangi matahari, kan? Mungkin butuh beberapa waktu agar alat ini sempurna, tapi setidaknya kita tahu bahwa selalu ada inovasi di energi terbaru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − two =