Pencatu daya gulungan bertenaga surya merupakan perangkat pencatu daya bertenaga surya dengan permukaan sangat tipis, menggunakan teknologi silikon amorf, dan dapat digulung (rollable). Teknologi silikon amorf ini digadang-gadang kinerjanya lebih efektif ketika cuaca mendung atau intensitas cahaya matahari rendah.

Pencatu daya gulungan bertenaga surya yang dapat digulung dan ringan

Generasi pencatu daya bertenaga surya mendatang mungkin akan menerapkan konsep dapat dilipat dan ringan, sehingga mewujudkan piranti berupa gulungan panel surya, seperti yang telah dikembangkan oleh PowerFilm Solar. Mereka melahirkan piranti gulungan panel film surya yang diintegrasikan dengan penyimpan daya untuk mendukung kemudahan dalam menyimpan perangkat dan saat pengguna berpindah-pindah tempat.

Pencatu daya gulungan bertenaga surya dengan output USB besutan perusahaan LightSaver ini hanya berbobot kurang dari 5 ons, dapat digulung sehingga berbentuk seperti tabung dengan diameter 1,5 inci dan panjang 7,8 inci.

Pencatu Daya Gulungan Bertenaga Surya

Perangkat ini terintegrasikan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 3200 mAh. Yang membuat piranti ini spesial dan tampak paling kompak untuk kelas pencatu daya bertenaga surya adalah ketika digulung besarnya hanya sebesar botor air termasuk dengan baterainya.

Pada saat dicatu daya, gulungan dilepaskan sehingga lapisan film surya melebar hingga 18,5 inci. Perangkat baterai dapat terisi penuh selama kurang lebih 6 jam di bawah cahaya matahari penuh. LightSaver didesain untuk mengisi daya baterai penyimpan dengan menggunakan panel surya, dan port USB berkapasitas 5V 1A pada baterai untuk mencatu daya perangkat mobile. Harga perangkat ini kurang lebih $99.

Ingin tahu lebih banyak?

Dapatkan info terbaru tentang aplikasi tenaga surya langsung setiap harinya hanya dengan satu klik, segera gabung!
Email address

LightSaver dan LightSaver Max dari PowerFilm Solar

Akhir musim panas lalu, PowerFilm Solar menggelar kampanye crowdfunding untuk meluncurkan pencatu daya solar dengan ukuran yang lebih besar, dan mereka sukses dengan program tersebut. Mereka meluncurkan LightSaver Max, yang mengintegrasikan kapasitas baterai lithium-ion dengan kapasitas yang lebih besar (15,600 mAh) dan panel film surya yang lebih besar pula, namun lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai sama dengan versi sebelumnya, yaitu 6 jam.

LightSaver Max hanya berbobot 1.5 pound, dililitkan pada baterai penyimpan sehingga membentuk gulungan dengan panjang 13,5 inci dan diameter 2,5 inci. Ketika gulungan dilepaskan, panjangnya bertambah menjadi 34,5 inci dengan panel film surya berukuran 25,5 inci yang terpasang. Baterainya memiliki 2 port USB pencatu 2,5 A dan satu port output 5A 12V, dan juga termasuk port USB-C dan port 12V untuk mencatu baterai dari grid. Piranti ini tersedia melalui indiegogo campaign dengan harga $275-$300.

Teknologi silikon amorf untuk panel surya

Keuntungan menggunakan pencatu daya surya dibandingkan dengan panel mono atau polycrystalline silicon tentu saja bobotnya yang ringan dan permukaan lapisannya yang sangat tipis. Selain itu, panel bersilikon amorf memiliki ketahanan tertentu (kerusakan pada satu area panel tidak membuat area lainnya berhenti bekerja), serta performa yang tinggi meskipun dalam kondisi cuaca mendung atau intensitas matahari sedang rendah,

Kemampuan untuk menggulung panel surya pada baterai penyimpan yang dikombinasikan dengan bobotnya yang ringan serta ketipisannya membuat piranti ini menjadi pilihan yang tepat untuk segmen yang mengandalkan kekompakkan dan kefleksibelan.

https://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/Pencatu-Daya-Gulungan-Bertenaga-Surya.jpghttps://janaloka.com/wp-content/uploads/2017/06/Pencatu-Daya-Gulungan-Bertenaga-Surya-300x178.jpgRamdhani Bangun SaputraInventionStartupaplikasi,baterai,business,cara kerja PLTS,community,DC coupling,design,development,energi surya,inovation,mobile charger,net metering,Panel surya,panel surya murah,pencatu daya,PLTS,sel surya,silikon amorf,solar panel,startupo,technology,teknologiPencatu daya gulungan bertenaga surya merupakan perangkat pencatu daya bertenaga surya dengan permukaan sangat tipis, menggunakan teknologi silikon amorf, dan dapat digulung (rollable). Teknologi silikon amorf ini digadang-gadang kinerjanya lebih efektif ketika cuaca mendung atau intensitas cahaya matahari rendah. Pencatu daya gulungan bertenaga surya yang dapat digulung dan ringan Generasi pencatu daya bertenaga...The #1 Solar Energy Crowd

Artikel yang mungkin anda suka: