Startup

Pembersihan Panel Surya dengan Drone

Pembersihan Panel Surya dengan Drone

Debu adalah salah satu kendala perawatan panel surya yang berada di lokasi dengan tingkat polusi yang tinggi dan gurun. Karena dengan ditutupi oleh debu, tingkat efektivitas produksi daya panel dapat menurun. Dengan menurunnya tingkat produksi daya, maka akan menyebabkan pengguna dapat kehilangan jumlah daya yang sebenarnya mampu digunakan.

Menjaga panel bersih dari debu, bukanlah usaha yang mudah. Kebanyakan karena disebabkan luasan lahan panel surya yang cukup besar atau lokasi pemasangan yang tidak biasa, karena tinggi misalnya. Oleh karena itu, membersihkan panel surya cukup mahal dan sulit.

Solusi pembersihan panel surya dengan drone oleh Aerial Power

Untuk memecahkan masalah tersebut, maka Startup yang berbasis di London, Aerial Power, memberikan solusi untuk membantu pembersihan panel surya dengan drone. Pesawat nirawak ini, dilengkapi dengan alat pembersih. Drone ini diklaim mampu melakukan efisiensi hampir 50% dari biaya perawatan panel surya secara konvensional.

Sebenarnya, inovasi solusi pembersihan otomatis panel surya ini, bukan yang pertama kalinya. Pada tahun 2009, perusahaan California, Heliotex, mengembangkan sistem pembersihan panel surya dengan menggunakan semprotan air melalui nozel dipasang pada beberapa jarak tertentu pada panel surya. Kemudian pada 2014 , perusahaan Israel, Ketura Sun, menggunakan robot yang bergerak ke atas – ke bawah dan menggunakan sikat yang berputar untuk membersihkan permukaan solar panel dari debu.

Menjaga permukaan panel surya bebas dari debu, dapat meningkatkan produksi energi sebanyak 30% setiap bulannya. Menurut Aerial Power, pengguna seringkali mengabaikan perawatan pembersihan berkala solar panel, sehingga sistem menjadi kurang optimal. Karena debu dapat menghalangi konversi sinar matahari pada panel surya.

SolarBrush untuk pembersihan panel surya dengan drone

Namun dengan SolarBrush, Ridha Azaiz – seorang insinyur Jerman dan pendiri Aerial Power – mengatakan bahwa Pembersihan Panel Surya dengan Drone dapat dilakukan dengan mudah. Dengan Drone yang sudah diprogram jalur penerbangannya, drone tersebut diklaim dapat membersihkan permukaan panel secara otomatis dan murah.

Tanpa harus pengguna langsung turun melakukan pembersihan, drone ini akan melakukan tugasnya secara maksimal. Drone akan menyapu seluruh permukaan panel dan membersihkan debu pada panel surya tanpa harus terhalang dengan luasan ataupun letak panel surya.

Saat ini, Aerial Power sedang menguji sistem SolarBrush di gurun Chili, di mana drone ini akan bekerja membersihkan lahan panel surya dengan kapasitas 25 MW. Dari sana, Aerial Power berharap bisa menjangkau lebih luas pengguna panel surya.

Apa komentar anda?

fifteen + 8 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia