Application

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah

Ada beberapa jenis aplikasi pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah yang dapat dimanfaatkan secara mudah oleh pengguna. Pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah adalah teknologi pemanfaatan sel surya dan matahari, untuk menghasilkan energi listrik, yang dapat digunakan oleh pengguna untuk rumah tinggal secara langsung.

 

Berdasarkan jenis pembangkit, ada 4 jenis aplikasi pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Grid-Tie; Listrik surya yang produksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga.
  2. Grid Interactive: Listrik surya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman walau PLN padam.
  3. Grid Hybrid; Listrik surya digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam.
  4. Off Grid; Listrik surya yang dapat digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.

Baca Artikel Lainnya: Biaya pemasangan listrik surya di atap

Berdasarkan penempatan, ada dua jenis aplikasi pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Penempatan dengan penyangga, dimana penyangga panel surya langsung diletakkan diatas atap atau dak. Instalasi ini menggunakan penyangga khusus yang dapat disesuaikan dengan jenis atap dan dak. Untuk wilayah Indonesia, yang atapnya masih banyak menggunakan genting: Penyangga dengan hook dapat menjadi pilihan. Sedangkan untuk rumah yang mengunakan dak, penyangga dengan pole dapat dipilih. Selain itu, panel surya dapat dimanfaatkan untuk awning, pengganti carpot, dan lain sebagainya.
  2. Penempatan langsung, dimana panel surya yang digunakan adalah pengganti genting atau atap. Atap surya tesla merupakan salah satu contoh panel surya pengganti atap yang dapat langsung dimanfaatkan. Contoh lain adalah penggunaan panel surya untuk tirai jendela.
Berdasarkan jenis penyangga, ada dua jenis aplikasi pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Fixed Mount; dimana penempatan penyangga yang digunakan adalah tetap dan tidak dapat berubah. Aplikasi ini dapat digunakan di atap rumah, dak, ataupun awning.
  2. Tracker Mount; dimana penempatan penyangga yang digunakan dapat bergerak bebas, mengikut arah sinar matahari. Kebanyakan aplikasi ini dipasang diatas permukaan tanah dan kurang optimal dimanfaatkan di Indonesia.

Diatas adalah beberapa tipe pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah yang dapat anda gunakan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau ingin memasang sistem energi surya, jangan ragu untuk bertanya di konsultasi gratis kami di:

Apa komentar anda?

9 + ten =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia