IPP

Pembangkit Energi Surya Dengan Baterai Terbesar Di Tarlac

CONCEPCION, Tarlac, Filipina – Solar Philippines telah memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 150 megawatt (MW) dengan penyimpanan baterai di lokasi tersebut. Proyek pembangkit energi surya dengan baterai ini, merupakan terbesar yang ada di Filipina sampai saat ini.

“Pembangkit listrik tenaga surya akan mulai beroperasi sebagai IPP di kuartal ketiga tahun ini”, ujar presiden Solar Philippines, Leandro Leviste, saat pelaksanaan proyek seremonial pada awal tahun lalu.

Pembangkit energi surya dengan baterai berkapasitas 150 MW

“Hasil produksi daya dari pembangkit 150 MW yang akan beroperasi segera penuh pada paruh kedua tahun 2017 akan mampu memberi akses listrik kepada seluruh provinsi Tarlac dengan energi terbarukan yang murah,” katanya.

Pejabat perusahaan mengatakan hal ini merupakan dukungan bagi permintaan Pemerintah, untuk memasang lebih banyak pembangkit IPP – atau fasilitas pembangkit swasta yang dapat menjual produksi listrik mereka ke konsumen secara langsung (WESM) – untuk lebih memacu persaingan di pasar listrik swasta.

pembangkit energi surya dengan baterai

“Yang kami inginkan adalah membuat percepatan dalam hal ini … (karena energi) surya sekarang lebih murah daripada batu bara dan ingin mencapai target agar pembangkit ini mulai beroperasi pada tahun 2017. Oleh karena itu, bahkan tanpa kontrak dan persetujuan yang belum selesai, kami tetap melakukan (pembangunan).”Kata Leviste.

pembangkit listrik tenaga surya Concepcion akan terdiri dari hampir 450.000 panel, pada area lebih dari 150 hektar. Terdapat pula lahan kosong yang dipersiapkan jika ada penambahan kebutuhan pembangkit yang lebih besar. Atau dengan kata lain, jika terjadi penambahan permintaan, maka pembangkit energi surya dengan baterai ini akan siap mengikuti perkembangan.

Leviste mengatakan bahwa biaya untuk mendirikan peternakan surya setara dengan $ 1 juta per megawatt, atau kira-kira $ 150 juta untuk keseluruhan proyek.

“Dengan baterai … itu bisa menjadi tambahan 20-50 persen dari biaya proyek. Tapi kita tidak melakukan pemasangan baterai sekaligus, hal itu akan terjadi secara bertahap, “katanya.

Strategi kunci mengembangkan IPP

Solar Philippines adalah pengembang, investor, kontraktor dan pemasok untuk proyek energi surya. Sehingga dengan menjadi penyedia yang menyediakan kebutuhan dari hulu ke hilir pembangunan pembangkit, maka perusahaan dapat mengembangkan strategi kunci yang dapat menghasilkan biaya energi yang kompetitif.

“Mengapa kita mengharapkan harga yang lebih rendah? Salah satunya adalah integrasi vertikal, dengan melakukan pembuatan panel surya secara mandiri, termasuk melakukan konstruksi. Pola pembiayaan yang tepat, juga, pasti akan menurunkan biaya. Namun yang tak kalah pentingnya adalah adalah skala ekonomi, “kata Leviste.

Setelah selesai,pembangkit energi surya dengan baterai ini akan memiliki banyak predikat pertama atas namanya.

Apa komentar anda?

thirteen + 8 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...