Application

Berapa Biaya Pemasangan Panel Surya di Atap

Pemasangan panel surya di atap menjadi trend di 2016 ini. Banyak anggota masyarakat yang mencoba memanfaatkan energi surya gratis yang berlimpah di negeri ini untuk mensuplai listrik bagi rumah tangga.

Pemanfaatan atap rumah menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan. Terlebih areal kota besar yang telah padat bangunan, memberikan ruang terbatas untuk pemasangan panel surya. Atap menjadi pilihan yang ideal, baik secara fungsi ataupun estetika.

Pembiayaan Pemasangan Panel Surya di Atap

Pembiayaan Pemasangan Panel Surya di Atap sangat bergantung pada fungsi dan kebutuhannya itu sendiri. Secara umum ada 3 fungsi yang dapat didukung oleh panel surya, yaitu:

  1. Untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga (grid tie)
  2. Untuk digunakan secara bersama-sama antara PLN, genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam (grid hybrid); atau
  3. Untuk digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, baik sama sekali tidak terhubung ataupun digunakan sebagai pilihan manual antara PLN atau listrik surya (off grid)

Perbedaan mendasar dari ketiga jenis pemasangan panel surya di atap tersebut diatas adalah jenis inverter yang digunakan dan pilihan penggunaan baterai atau tidak.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakan mesin. Namun kesemuanya harus disesuaikan dengan kapasitas dan tegangan yang digunakan.

Berapa Biaya Pemasangan Panel Surya di Atap

Gunakan dan pilih produk yang tepat

Produk dan komponen pelengkap sistem panel surya di atap cukup banyak dengan teknologi dan solusi yang berbeda. Masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dibutuhkan kejelian pengguna dalam memilih vendor yang tepat.

Janaloka sarankan untuk berkonsultasi dan bertanya secara langsung dengan vendor yang anda pilih untuk mendapatkan info lengkap terkait sistem yang anda akan pasang. Jika belum puas, anda dapat bertanya kembali kepada kami. Dan dengan senang hati kami akan membantu anda.

Sebagai catatan, listrik surya yang menggunakan baterai (grid interactive dan off grid) akan memiliki harga cenderung lebih mahal dibanding dengan sistem grid tie. Hal ini dikarenakan harga baterai yang masih cukup mahal dengan masa hidup yang tidak cukup panjang.

Apa komentar anda?

18 − 7 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia