Goods

Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian

Pemanfaatan energi surya di bidang pertanian merupakan sebuah inovasi baru untuk memaksimalkan pemanfaatan sinar matahari dan areal persawahan. Dibawah ini adalah tiga aplikasi pemanfaatan energi surya di bidang pertanian yang ada di Indonesia, dimulai dari:

Pintu air tenaga surya

Kota Samarinda, yang diwakili oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda memulai program perubahan Penggunaan Pintu Air dengan Sistem Hidro Mekanikal dan Elektrikal Tenaga Surya (P2A-SIHMEK).

Program ini memanfaatkan tenaga surya untuk menggerakkan motor pintu air, sehingga pengawasan dan distribusi air untuk lahan pertanian dapat dilakukan secara lebih mudah dan tepat. Biaya program berasal dari APBD Kota Samarinda dan akan dipasang hingga 100 unit sampai 2016.

Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian

Irigasi bertenaga surya

Proyek percontohan di Pulau Sabu, Kabupaten Rote Ndao, menggunakan sistem pompa air tenaga surya, yang didesain untuk menyediakan pengairan untuk wilayah perkebunan jagung seluas 50 Ha.

Pompa ini memiliki berkapasitas 343 m3/hari, dan digunakan untuk menggantikan mesin pompa berbahan bakar bensin dengan kapasitas 100 liter/menit (0,1 m3/menit) yang biasa digunakan untuk mengairi lahan. Namun tidak diketahui sumber pendanaan, serta rencana realisasi kedepannya oleh pemerintah setempat.

Keunggulan sistem pompa air tenaga surya adalah tidak membutuhkan bahan bakar, sehingga tidak memerlukan iuran dari para pengguna air dan tidak terpengaruh oleh kenaikan harga bahan bakar, juga tidak membutuhkan tenaga operator untuk mengoperasikan sistem ini dengan usia pakai yang jauh lebih panjang dibanding sistem pompa diesel.

Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian

Pembasmi hama tenaga surya

Desa Kebonagung, Kajen, Pekalongan merupakan salah satu lokasi yang menggunakan pembasmi hama tenaga surya. Alat ini dipasang di area pertanian seluas kurang lebih 3 hektar. Pembiayaan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Cara kerja alat ini cukup sederhana, Sistem tenaga surya akan menyalakan Lampu 0,5 watt yang menjadi penarik perhatian hama pada malam  hari. Kemudian disiapkan tampungan air yang telah diberi obat untuk membunuh hamayang terjatuh ketika mendekati lampu.

Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian

Inovasi Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian

Energi surya tersedia secara melimpah di Indonesia, dikarenakan letak Indonesia pada garis khatulistiwa dan hanya terdapat dua musim, kemarau dan hujan. Sehingga inovasi Pemanfaatan Energi Surya di Bidang Pertanian dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui akses energi listrik.

Tidak hanya membantu masyarakat Indonesia yang didominasi corak agraris dalam memanfaatkan lahan udara areal persawahan, namun juga memberikan kesempatan terciptanya lapangan kerja baru untuk pengembangan teknologi sederhana namun sarat makna.

Apa komentar anda?

three × three =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia