Invention Solar

Panel Surya Triex: Harga Murah dengan Efisiensi Tinggi

Solar City telah melakukan langkah revolusioner lain sekarang. Jika kemarin, mereka bekerjasama dengan Tesla – powerwall untuk menciptakan solusi penyimapanan energi yang lebih efesien. Sekarang, mereka telah menyatakan produk panel surya baru yang dapat menghasilkan listrik untuk sekitar $ 0.55 per watt.

Baca juga : Inovasi bisnis Tesla – Powerwall

Inovasi Panel Surya Triex dengan efisiensi 22,5%

SolarCity, Sebuah startup yang didirikan oleh sepupu Elon Musk, Lyndon dan Peter Rive, hari Jum’at lalu (2/10) mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi Panel Surya Triex yang paling efisien di dunia, dengan Efisiensi panel sendiri bisa mencapai 22,5%. Hal ini menjadikan Panel Surya Triex yang diproduksi SolarCity merupakan panel untuk perumahan yang paling efisien yang pernah dibuat.

Panel Surya Triex

Efisiensi ini tampaknya telah sedikit melebihi efisiensi 21,5% saingan mereka, panel x-series dari Sunpower. Namun, keunggulan Panel Surya Triex tidak berhenti hanya disitu. Panel Surya Triex ini memiliki biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan rata-rata panel lainnya. SolarCity belum secara tegas menyatakan harga akhir untuk ini Panel Surya Triex ini, tetapi dengan proyeksi penurunan harga panel surya yang cukup drastis dalam beberapa tahun terakhir ini, SolarCity yakin Panel Surya Triex mereka akan menjadi yang termurah untuk bersaing.

Akuisisi Silevo untuk inovasi Panel Surya Triex

Pengumuman ini muncul sebagai hasil dari akuisisi SolarCity dari Silevo, sebuah startup manufaktur surya yang mampu memproduksi panel dengan efisiensi tinggi. Silevo menyebut teknologi yang digunakan panel ini dengan Teknologi Triex.

Teknologi Triex dapat memaksimalkan fotovoltaik berbasis silikon dengan teknologi hibridnya, yaitu dengan mengkombinasikan tiga material (substrat kristal silikon tipe-n + lapisan tipis passivation layer + lapisan semikonduktor tunneling oxide) dalam sebuah modul.

Kombinasi dari lapisan tunneling oxide inilah yang dapat menghasilkan tegangan open-circuit (Voc) yang cukup tinggi dari modul surya.

Dengan terpobosan baru melalui struktur “tunneling junction”nya, ketiga material tersebut secara bersamaan menghasilkan Panel Surya Triex dengan efisiensi yang tinggi dan harga yang kompetitif. SolarCity melihat hal ini sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan solusi penggunaan panel surya, seperti yang selama ini mereka lakukan.

Sebagai informasi, hingga sekarang SolarCity telah menjangkau hampir di semua negara bagian di Amerika Serikat (AS). Mereka juga telah menyediakan dana kredit sebesar US$ 750 juta, untuk membantu pengguna memasang panel surya di atap rumah mereka. Nilai ini mampu mendorong penggunaan panel surya untuk “ribuan” pengguna pada tahun ini.

Panel Surya Triex

Dengan mengakuisisi Silevo, SolarCity memiliki bisnis dari hulu ke hilir. Mereka mampu memproduksi panel secara mandiri, menjual dan mendistribusikannya, juga termasuk memasang, merawat dan membiayai setiap proyek yang mereka miliki. Kondisi ini, menjadikan mereka salah satu perusahaan terdepan dalam aplikasi panel surya di AS.

Solusi penggunaan modul surya

Panel Surya Triex ini akan diproduksi di Buffalo, NY, di sebuah fasilitas disebut Riverbend. Secara keseluruhan, Panel surya Triex ini merupakan produk dari AS (kecuali bahan baku materaial). Fasilitas Riverbend diharapkan dapat memproduksi hingga 10.000 Panel Surya Triex per hari, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang dalam proses produksinya.

Tentu saja, Panel surya bukan teknologi yang dapat diadopsi oleh semua orang, terutama ketika kita berhadapan dengan pemerintah. Namun, apa yang dilakukan SolarCity dapat menjadi acuan bahwa sudah selayaknya kita mengingatkan diri kita masing-masing: Berapa lama lagi sumber daya fosil mampu menunjang seluruh aktivitas manusia di dunia? Lalu bandingkan dengan ketersediaan energi matahari yang selalu bersinar setiap hari selama setahun penuh.

Berapa lama lagi sumber daya fosil mampu menunjang seluruh aktivitas manusia di dunia?

Apa komentar anda?

three × four =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Aman & Rahasia