Belajar Pemanfaatan Panel Surya Pasca Bencana Dari Puerto Rico
Initiatives

Belajar Pemanfaatan Panel Surya Pasca Bencana Dari Puerto Rico

Sebuah rumah sakit anak-anak di Puerto Rico, telah menggunakan panel surya untuk terus beroperasi setelah Badai Maria melalui bantuan dari Tesla.

Sebelumnya, Badai Maria yang menerjang Puerto Rico pada tahun 2017 lalu telah menewaskan 2.975 orang dan menyebabkan kerusakan mencapai 90 miliar dollar AS.

Salah satu fasilitas terdampak adalah Rumah Sakit del Nino di San Juan. Rumah sakit ini melayani sekitar 3.000 anak di sekitar pulau wilayah AS dan memiliki setidaknya 35 pasien sakit kritis yang memerlukan perawatan 24 jam sehari.

Badai, yang terjadi pada tanggal 20 September, memutus listrik ke mayoritas penduduk pulau dan memaksa rumah sakit tersebut untuk mengoperasikan generator diesel, sementara bahan bakar diesel sulit diakses dalam beberapa minggu sejak kejadian bencana.


Inisiatif Penggunaan Panel Surya Pasca Bencana

Inisiatif pembangkit listrik tenaga surya Tesla dimulai ketika Musk menghubungi ke Gubernur Ricardo Rossello dan menjajaki peluang penggunaan panel surya pasca bencana.

Pada 24 Oktober 2017, Tesla memposting gambar di Instagram dari puluhan panel surya yang dipasang di tempat parkir di sebelah rumah sakit dan Mr Rossello menyebutnya sebagai “kontribusi besar”. Tesla sendiri memiliki kurang lebih 662 proyek terpasang (29/09/18), termasuk satu di sebuah stasiun pompa air di pulau Vieques Puerto Riko.

Perusahaan lain, Soneta yang berbasis di Jerman, membantu menyumbang dan memasang setidaknya 15 microgrid surya di seluruh pulau untuk membantu rumah tangga, sekolah, pusat komunitas dan klinik medis.

Di Adjuntas, kelompok lingkungan nirlaba Casa Pueblo telah memasang sistem tata surya di dua toko perangkat keras, sebuah toko tukang cukur dan beberapa toko kecil. Hal ini bertujuan sebagai bantua pusat layanan listrik sementara, sehingga masyarakat terdampak dapat mengisi daya telepon mereka dan menyimpan obat-obatan selama badai jika diperlukan.

Ada pula Sunrun, salah satu perusahaan surya terbesar di AS, bekerja sama dengan organisasi nirlaba lokal untuk melengkapi stasiun pemadam kebakaran di Puerto Rico dengan sistem tenaga surya dan baterai. Sunrun juga sudah mulai menjual layanan baterai dan surya Brightbox dan mengatakan telah melatih sekitar 70 penduduk setempat untuk posisi penjualan, operasi dan pemasangan untuk membantu Sunrun memenuhi permintaan lokal.

 

Apa komentar anda?

16 + 10 =

Ingin Pasang Panel Surya?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi seputar pemasangan sistem listrik surya
Alamat Email
Secure and Spam free...